Blogger Ngetop for Dummies

Beberapa waktu yang lalu aku pernah dimintain tolong adik-adik kelasku buat ngisi sebuah seminar tentang blog. Seminar intern buat anak-anak di kampus, sih, tapi hal tersebut cukup membuat aku melonjak-lonjak gembira seolah-olah aku jadian sama Dian Sastrowardoyo atau malah Zaskia Mecca. Rasanya udah kayak blogger yang pantas diperhitungkan dan kudu disimak setiap omongannya. Tentu saja aku girap-girap kesenengan, soale aku juga berpikir inilah sebuah kesempatan ngobral conthongan dan berlagak pintar di depan adik-adik angkatanku. Yeah, siapa tahu aja ada gadis manis yang terpana kemudian malam harinya minta ditemenin dinner berdua. Sebuah kesempatan yang langka untuk membentuk opini publik bahwa Mas Joe itu selain ngganteng ternyata otaknya nggak cuma berisi Azumi Kawashima.

Maka akupun mulai menyusun draft, membuat poin-poin untuk presentasi yang kubikin dengan MS-Powerpoint bajakan. Tapi entah kenapa, karena sesuatu dan lain hal, walaupun publikasinya sudah sempat tertempel di seluruh sudut kampus, seminar tersebut dibatalkan. Meranalah aku nggak jadi nampang di depan adik-adik kelasku angkatan baru. Bahan conthongan pun terancam tidak akan pernah bisa dimanfaatkan oleh publik Ilmu Komputer Gadjah Mada.

Oleh sebab itu, daripada hasil kinerja racun tembakau di otakku terbuang percuma, pada akhirnya kuputuskan untuk menuliskannya di postingan ini. Daripada mubazir. Mubazir itu konon teman setan, soale.

Jadi begini… Isi seminar itu direncanakan bakal bermaterikan bagaimana caranya mendapatkan penghasilan lewat web pribadi atau blog. Tentu saja aku langsung berpikiran ke Google Adsense. Meskipun sebenarnya masih ada AdBrite ataupun advertisement-advertisement yang lainnya, inti dari iklan-iklanan model kayak begituan kan sebenarnya dinilai dari berapa jumlah pengunjung yang ngeklik iklan di web kita itu. Maka, dalam perkara ini, Adsense adalah sebuah contoh kasus yang kupakai, selain karena aku sendiri lebih concern ke Adsense ketimbang iklan-iklanan model lainnya.

Adsense sendiri sebenarnya punya kelemahan yang bisa kita manfaatkan kalau kita mau bermain curang. Catat: Adsense mendeteksi klik yang masuk lewat cookies dan ip-address. Kalo kita bisa mengakali 2 hal tersebut, kita tidak perlu repot-repot untuk menjaring pengunjung di web kita demi memperkaya diri kita sendiri. Tapi tentu saja aku menolak mengajari adik-adik angkatanku itu untuk berbuat maksiat. Lebih baik kita main bersih aja. Tentunya hal ini mengandung konsekuensi bahwa blog kita haruslah ngetop untuk menjaring pengunjung sebanyak-banyaknya demi kemungkinan semakin banyaknya pengunjung yang tertarik untuk ngeklik iklan yang mejeng di web kita sendiri, karena adsense menidak-bolehkan kita untuk ngeklik sendiri iklan yang nongol di web kita itu.

Maka kesimpulan akhirnya: jadilah seorang blogger ngetop supaya banyak orang yang tertarik untuk melihat isi web pribadi/blog kita itu!

Oke, mari kita mulai saja tutorial ala Mas Joe ini.

Pertama-tama, tentunya kita harus memiliki blog sendiri dulu jika pengen ngeblog dan majang iklan di blog kita. Karena apa? Karena, eh, karena kalo kita nggak punya blog, lantas kita mau ngeblog di mana? Lantas di mana kita mau majang iklan? Di blognya orang lain, hah? Hah? Hah? Jawab! Jawab!!!

Ada beberapa alternatif layanan blog gratisan yang bisa kita manfaatkan demi memiliki sebuah blog. Yang pertama misalnya seperti yang lagi ta’pake: WordPress. Yang lainnya ada Blogspot, Blogsome, blog yang di Friendster, blog yang di Multiply, atau malah bisa aja kalau kepengen hosting sendiri. Tentunya masing-masing ada kelebihan dan kekurangannya. Marilah kita bandingkan.

WordPress jelas unggul di komunitasnya. Dukungan komunitas ini memungkinkan kita untuk bisa memantau blog-blog milik siapa aja yang lagi ngetop, karena biasanya judul postingan yang sedang rame bakal dimunculkan di panel admin milik kita. Artinya, kalo kita sudah ngetop di komunitas WordPress, kalo postingan kita bisa muncul di Top-post-nya WordPress, kita bakal semakin ngetop lagi. Jelas, pengunjung bakal semakin banyak.

Cuma sayangnya di WordPress kita nggak bisa masang script-script dari Javascript. Ini celaka! Karena biasanya iklan-iklan semodel Adsense itu ditampilkan dengan menggunakan Javascript. WordPress jelas bukan pilihan yang bijak jika kita kepengen majang iklan di blog kita.

Kalo Blogspot, Blogspot jelas nikmat buat yang berniat mencoba bermain adsense. Ini dikarenakan Blogspot sendiri merupakan produk dari Google. Keunggulan lainnya, ketimbang bikin blog dengan hosting sendiri, kita bakal lebih mudah diterima sebagai Adsenser oleh Google jika kita mendaftarkan akun blog kita dengan menggunakan Blogspot.

Sedikit tips buat yang kepengen njajal mainan Adsense, buatlah blog dengan Blogspot, isi dengan beberapa artikel dalam bahasa Inggris, kemudian daftarkan blog kita itu ke Google Adsense. Niscaya blog kita bakal lebih mudah diterima oleh Google, ketimbang kita mendaftarkan diri sebagai pemain Adsense menggunakan website/blog yang menggunakan hosting dan domain mandiri.

Kekurangannya, Blogspot nggak memiliki dukungan komunitas seperti halnya WordPress. Untuk ngetop lewat Blogspot bakal lebih sulit ketimbang lewat WordPress.

Kalau Blogsome, wah, sejujurnya aku sendiri belum pernah njajal. Tapi dilihat dari kacamataku sendiri, Blogsome bukanlah sebuah layanan yang populer. Jadi untuk ngetop lewat Blogsome, rintangannya boleh jadi bakal berkuadrat-kuadrat. Kayaknya ini cuma layanan buat yang kepengen tampil beda 😈

Friendster atau Multiply? Nggak enak, nggak fleksibel! Selain nggak bisa dipasangi Javascript, pengunjung web kita juga harus login sebagai member dua biji layanan tersebut kalau berniat meninggalkan komentar terhadap postingan kita. Repot dan betapa nggak nyamannya… Kalau mau blog kita selalu dikunjungi oleh konsumen dengan setia, ya kita harus menyajikan kenyamanan kepada konsumen kita, kan?

Kalau hosting sendiri, ini jelas pilihan cerdas. Cuma saja mungkin jika kita mendaftarkan blog kita itu untuk tercatat sebagai pemain Adsense, bakal sedikit repot. Mungkin malah nggak akan pernah direstui oleh Google, malahan. Solusinya ya itu tadi, bikin akun di Blogspot. Kalau sudah keterima, tinggal lanjutin ngeblog di blog yang kita bikinnya pakai hosting sendiri itu. Javascript dari Adsense silakan dipasang di blog kita.

Repotnya, ya kalau mau ngetop, kurang-lebihnya kita bakal menghadapi kendala minimnya dukungan komunitas.

Yang kedua, untuk menjadi blogger ngetop, tentunya kita harus memiliki ciri khas sendiri. Niru tulisan orang itu sah-sah aja, asal jangan niru mentah-mentah alias jadi tukang kopi. Terpengaruh oleh gaya orang lain itu boleh. Nggak ada yang ngelarang. Aku sendiri boleh dibilang mengadopsi gaya nulisnya Bagus Takwin, Seno Gumira Ajidharma, atau Hilman Hariwijaya jaman 80-an. Lalu kenapa pada akhirnya gaya nulis orang-orang itu jadi nggak terlalu kelihatan di tulisanku? Ya itu karena gaya mereka sudah terlanjur bercampur-aduk dan akhirnya malah menciptakan sebuah gaya baru yang kusebut sebagai “this is Satrianto’s”.

Jadi, silakan serap gaya-gaya penulis-penulis idolamu, campur-adukkan gaya-gaya mereka sampai akhirnya kamu menemukan gayamu sendiri. Jangan khawatir, Sting aja mengakui kalau dia terpengaruh oleh beberapa musisi dari era sebelum dia, kecampur-campur hingga akhirnya menimbulkan sebuah gaya baru dalam bermusik yang diklaim sebagai gayanya Sting.

Oke! Sekarang kita sudah punya ciri khas sendiri. Tapi tentu saja itu tetap nggak berguna kalau nggak ada yang tahu alamat blog kita. Maka akalilah dengan blogwalking ke tempat-tempat blogger lain yang sudah lebih dahulu mapan. Tinggalkan 1-2 komentar di sana. Komentar yang kita tinggalkan tentunya jangan yang asal-asalan (komentar 1-liner jelas sangat tidak ta’sarankan).

Buat komentar yang spektakuler, yang membuat orang penasaran pada kita. Kalau perlu, tinggalkan pesan yang kontroversial! Ciptakan sebuah pesan yang kira-kira bakal membuat pembaca pesanmu penasaran terhadap keberadaanmu. Tentu saja jangan lupa tinggalkan alamat blogmu di situ, supaya para pembaca komentarmu tertarik buat ngeliat isi blogmu dan ngeklik alamat yang kamu tinggalkan itu.

Jika mereka sudah tertarik untuk melihat blogmu, sediakan juga artikel-artikel yang juga spektakuler di blogmu. Buat pembacamu selalu penasaran kamu bakal nulis apalagi untuk besoknya (sepeti blognya Bangaip, misalnya). Berikan suatu hal yang baru ataupun berbeda buat mereka. Aku sarankan jangan nulis hal-hal yang terlalu umum. Kalopun kita pengen menulis tentang suatu hal yang umum, pastikan hal umum tersebut dituliskan dengan cara yang berbeda dari yang ditulis oleh kebanyakan orang. Tulislah dengan gaya kita sendiri.

Sedikit cerita tentang aku, blogku sendiri baru mulai banyak dikunjungi setelah aku membuat postingan yang kontroversial tentang bosoknya birokrasi di universitasku. Postingan itu kutulis dengan misuh-misuh total, dan kebetulan di-review oleh Mas Enda Nasution. Dan karena Mas Enda sendiri adalah blogger ngetop habis-habisan yang pembacanya segudang, maka setiap pembaca blognya Mas Enda jadi penasaran untuk kelanjutannya memutuskan untuk kepengen tahu siapakah mahasiswa bejat yang mengolok-olok kampusnya sendiri itu.

Yang ketiga (eh, bener yang ketiga, ya? Aku lupa ngitung soale, huehe), nyamankan pembacamu. Pemakaian huruf-huruf gaul ala anak a-be-ge dengan kombinasi angka dan huruf kapital di setiap kata jelas-jelas bukan suatu keputusan yang cerdas. Pembaca cuma bakal kesulitan membaca tulisan seperti itu. Perhatikan juga kaidah-kaidah EYD meskipun nggak perlu terlalu baku. Yang penting buat pembacamu nyaman membaca blogmu. Rumuskan hal itu berangkat dari pengalamanmu sendiri. Tentunya kita sendiri lebih nyaman membaca suatu artikel yang ditulis dengan rapi, kan? Sedikit tambahan ilustrasi kayaknya juga bakal jadi ide yang boleh dicoba, asal nggak malah ngerusak keseluruhan isi artikel.

Pokoknya, ikatlah pembacamu!

Jangan istirahat dari ngeblog terlalu lama. Selalu update isi blogmu secara berkala supaya pembacamu nggak kabur atau minta suaka politik ke luar negeri (heh?).

Yang keselanjutnya (aku bener-bener lupa ngitung. Jadi daripada salah, kayaknya lebih baik aku tulis seperti yang barusan, deh), kamu juga bisa mendapatkan pengunjung blogmu dengan cara bergabung ke komunitas-komunitas. Rajin ngikutan forum ini-itu, atau malah gabung dengan komunitas blogger. Biasanya kalo kamu sudah gabung di komunitas tersebut, setiap postingan terbaru dari kamu bakal langsung dimuat di situs komunitas tersebut. Semakin banyak komunitas yang kamu ikuti, kemungkinan orang yang bakal membaca blogmu juga semakin banyak, John. Misalnya aja, di Bali ada komunitas blogger yang menamakan dirinya Semeton Bali, di Jokja ada Cah Andong, di Semarang ada Loenpia, dan kayaknya di tiap-tiap daerah ada komunitas blognya sendiri-sendiri, kok.

Jaga dan selalu kembangkan network-mu. Selalu silaturahmi dan jalan-jalan lalu tinggalkan pesan di blog-blog orang lain.

Yang berikutnya, usahakan untuk berkomunikasi dengan pengunjung blogmu. Balaslah setiap komentar mereka, buat keberadaan mereka dianggap. Manusiakanlah mereka sebagai mana manusia mestinya, hohoho. Soalnya, kadang-kadang aku juga suka kesel kalo udah nulis panjang lebar tanggapan terhadap sebuah tulisan tapi nggak pernah ditanggapi balik sama sang pembuat tulisan. Komunikasi seperti itu, percayalah, bakal menciptakan keakraban antara kamu dan pengunjung blogmu, yang akhirnya bakal membuat pengunjung itu betah menengok blogmu.

Jangan arogan dalam menanggapi komentar. Jadilah orang yang menyenangkan :mrgreen:

Nah, begitulah sepenggal kisah tentang bagaimana menjadi blogger yang ngetop. Terlepas dari apa tujuan kita ngeblog, yang ta’tulis di atas memang tutorial menjadi blogger ngetop dengan tujuan mengumpulkan pengunjung untuk mendukung proses memperkaya diri sendiri. Aku sendiri, sih, lebih memilih menulis di blog ini untuk tujuan melepaskan uneg-uneg di otakku; uneg-uneg tentang apa saja (di luar sana banyak lho blog-blog dengan tema khusus, seperti IT, atau film, atau musik, atau kuliner, atau yang lainnya. Niche, istilahnya). Dapat duit dari Adsense atau tidak, kupikir itu hanyalah sebuah konsekuensi yang kudapat dari ngeblog dan bukan tujuan utamaku, selain sebenarnya aku sendiri selalu lebih memilih untuk mengoptimalkan kelemahannya Adsense seperti yang kusebut di atas (kakaka!). Jadi aku nggak perlu memperbanyak pengunjung kalo cuma pengen memperkaya diri sendiri. Tapi ya rasanya menyenangkan aja kalo aku tahu ada banyak orang yang bisa mengerti jalan pikiranku.

Aku sendiri seorang seleb? Ah, bukan. Aku lebih senang disebut sebagai seorang artis atau seniman daripada disebut sebagai pesohor atawa selebritis. Selebritis kan cuma orang yang kebetulan ngetop karena nongol di infotainment gara-gara lebih sering kawin-cerai dan mukulin orang ketimbang menghasilkan suatu karya πŸ˜€

Iklan

69 Responses to “Blogger Ngetop for Dummies”


  1. 1 Brem November 6, 2007 pukul 12:07 am

    Pertamax Juragan…

    Iyo ki jon, kita nda jadi bagi2 ilmu…

    Cah2 ki cen rodo kok..

  2. 2 alex November 6, 2007 pukul 12:08 am

    Sebagai blogger ngetop yang mencintai blog, aku dukung deh Joe apapun provokasimu buat adik-adikmu itu :mrgreen:

    Betewe… itu dibikin semacam buku saja kenapa? πŸ˜‰

  3. 3 extremusmilitis November 6, 2007 pukul 12:08 am

    Pertamaxxx 😈
    Oh, begitu tho jadi seleb? πŸ™„

  4. 4 extremusmilitis November 6, 2007 pukul 12:09 am

    wa, ndak jadi pertamax, kuciwa kuciwa πŸ˜†

  5. 5 alex November 6, 2007 pukul 12:11 am

    Jangan arogan dalam menanggapi komentar. Jadilah orang yang menyenangkan :mrgreen:

    Uhmm…
    kalo yang ngasi komentar juga udah arogan, jadilah orang arogan yang menyenangkan juga dalam membalasnya joe πŸ˜†

  6. 6 The Sandalian November 6, 2007 pukul 12:46 am

    kok acaranya batal kenopo mas?
    apakah karena tau bahwa calon pembicaranya adalah seorang kolektor JAV?

  7. 7 Shelling Ford November 6, 2007 pukul 1:42 am

    Brem:::
    memang, john!
    adik2 kita itu perlu sedikit diberi pencerahan ttg bagaimana memenej suatu acara, hahaha

    alex:::
    buku, ah…tidak, ah. repot nanti kalo dimintain tanda-tangan.

    kalo ada komentar yg arogan, biasanya saya malah mbalesnya sambil ketawa2. yeah, mungkin mereka malah emosi, berharap saya kepancing emosinya tapi ternyata malah ga bisa. menyenangkan lho membuat orang yg berniat jahat kepada kita menjadi kecewa.

    menurutku, menghabisi musuh itu memang menyenangkan. tapi lebih menyenangkan lagi mempermainkannya, kekekeke

    extremusmilitis:::
    hanya sebuah pandangan subyektif saja.
    jgn terlalu kecewa πŸ˜›

    The Sandalian:::
    ah, tidak. panitianya bukan anak2 musholla kampus, kok…kekeke!

  8. 8 Brem November 6, 2007 pukul 1:50 am

    @ The Sandalian

    Bukan om, bukan kolektor JAV, tapi berpindah ke NA sekarang…

    Trend nya ngikut distributornya soale

  9. 9 hoek November 6, 2007 pukul 4:52 am

    “Pemakaian huruf-huruf gaul ala anak a-be-ge dengan kombinasi angka dan huruf kapital di setiap kata jelas-jelas bukan suatu keputusan yang cerdas”
    ahemm…kalo misalna tulisan kek saia gimana bro? tafi saia ndak nanyain cerdas ato engga, maksudna, enag dibaca ato engga? :mrgreen:

  10. 10 Kopral Geddoe November 6, 2007 pukul 7:22 am

    Btw, di presentasi yang dimaksud ada homage buat Azumi Kawashima, nggak? πŸ˜›

  11. 11 raffaell November 6, 2007 pukul 7:55 am

    Iyah, jadi mendingan di panggil seniman yah, “rockstar!”

  12. 12 dewi November 6, 2007 pukul 8:37 am

    ehm.. jadi akan dateng ke kopdaran semeton bali tak? *teteupp..* πŸ˜€

  13. 13 Shelling Ford November 6, 2007 pukul 8:44 am

    hoek:::
    silakan dikembalikan ke diri kita masing2, kira2 nyaman ga kalo berlama-lama mbaca tulisan model kayak gitu πŸ˜‰ kekekeke!

    Kopral Geddoe:::
    ndak ada. takut ada aktivis musholla yang datang juga, soale

    raffaell:::
    betul

    dewi:::
    fifty:fifty, mbak. lha saya ndak ada temennya soale πŸ˜›

  14. 14 toim the shinigami November 6, 2007 pukul 9:35 am

    kmu dah ngetop koq, Joe.K-mu cuman pengen ca-per aja kan di depan mahasiswi2 baru yg cantik, ya kan, ya kan? JAWAB!! πŸ˜€

  15. 15 sigid November 6, 2007 pukul 9:41 am

    Mas Joe itu selain ngganteng ternyata otaknya nggak cuma berisi Azumi Kawashima

    Saya dulu, dulu, juga otaknya ndak cuma berisi Azumi Kawashima ….. Vivian Hzu juga :mrgreen:

  16. 17 funkshit November 6, 2007 pukul 10:25 am

    kenapa harus azumi kawashima.. kenapa bukan sora aoi ato takako kitahara πŸ˜€

    “Selalu silaturahmi dan jalan-jalan lalu tinggalkan pesan di blog-blog orang lain.”

    asal jangan asal pertamax . .. ato gaya dogy style aja nich

  17. 18 Shelling Ford November 6, 2007 pukul 10:33 am

    toim the shinigami:::
    saya lebih suka menyebutnya “iseng2 berhadiah” πŸ˜›

    sigid:::
    saya juga ga cuma itu, kok, hehehe

    Luthfi:::
    1/3 dari jumlah minimal yg bisa dikirimkan paman google, kekeke

    funkshit:::
    ahahahaha…cuma sample aja, kok. tapi azumi memang imut dan innocent πŸ˜›

  18. 19 edratna November 6, 2007 pukul 10:42 am

    Saran yang bagus.

    …..untuk menjadi blogger ngetop, tentunya kita harus memiliki ciri khas sendiri. Niru tulisan orang itu sah-sah aja, asal jangan niru mentah-mentah alias jadi tukang kopi….

    Memang yang penting adalah jadi diri sendiri, karena sebetulnya setiap manusia itu unik, sehingga kalau masing-masing menulis dengan gayanya sendiri, pasti pengunjung akan datang dengan sendirinya. Ngomong2 kenal sama Narpati ya?

  19. 20 Agiek November 6, 2007 pukul 10:42 am

    teknik ngetopin blog dengan cara menghiasi blog dengan ayat2 dan hadith ko ga ada joe? bisa jadi seleb loh joe, padahal nggak majang gambar2 makhluk bernyawa, soal arogan ato ga, kita dah tahu sendiri hehe πŸ˜‰ . Tapi justru malah populer loh joe.

    Bagaimana hal itu bisa terjadi? sepertinya tesis kamu ga berlaku untuk kasus itu dab, modar kowe! :mrgreen:

  20. 21 Shelling Ford November 6, 2007 pukul 10:46 am

    edratna:::
    iya, bu. bagaimana pun juga, seharusnya mas narpati kan kakak kelas saya πŸ˜€

    Agiek:::
    aaaa…eeeerrr…uuuhhhmmm…itu kasus khusus, mas :mrgreen:
    tapi tenang aja, google adsense belum menerima bahasa arab, kok

  21. 22 erander November 6, 2007 pukul 11:05 am

    Ga jadi tampil di depan adik tingkat dan ceramah soal blog gpp Joe .. gantinya ganti disini juga oke .. Mudah2an Dian Sastro dan Zaskia ikutan baca ya .. ga hanya kaum bayut mahasiswa aja hehehe

  22. 23 azwin the hobbit November 6, 2007 pukul 11:37 am

    hahaa

    pancen himakom ki mentale kacrut…
    ga punya mental show must go on…

  23. 24 priandoyo November 6, 2007 pukul 12:06 pm

    Menulisnya dengan cinta mas Joe πŸ™‚ karena tentunya butuh energi yang tidak sedikit untuk bikin postingan yang bagus macem tulisan mas Joe ini.

  24. 25 cK November 6, 2007 pukul 12:18 pm

    joe, adsense kamu gimana kabarnya?? πŸ˜›

  25. 26 marinta November 6, 2007 pukul 12:45 pm

    waduh..mas joe…kayaknya saya tahu acara itu(kalo nggak salah) dengan terpaksa kitan “mengundur pelaksanaan” acaranya…
    soalnya tempatnya itu susah dipinjem(tumben)
    insyaallah ini baru diusahakan…
    nah..semoga aja lancar
    nek nggak, malu2in nama BSO bgt
    malu juga ma anak2 lama, masa’ acara diundur-undur
    maaph juga buat mas bram

  26. 27 chiell November 6, 2007 pukul 1:12 pm

    mas Bram and mas joe

    Aku ga termasuk adik-adik kelas yang musti di beri pelajaran pencerahan kan…??

    Aku sudah dapat pencerahan dari baca tulisan ini…..

  27. 28 atmo4th November 6, 2007 pukul 1:26 pm

    adsense? pernah coba tapi jadi malessh.
    btw nice post mas.

  28. 30 pam November 6, 2007 pukul 2:00 pm

    Wuih. Mas Joe bagi-bagi ilmu di sini. Terima ksaih banyak. Moga-moga aja kepake. Hehehehe

  29. 31 hermawanov November 6, 2007 pukul 3:37 pm

    daripada seminar di kampus, kan lebih luwas seminar di blog Joe! audiens-nya lebih buanyak, trutama yg sesama Azumiers πŸ˜€

    betewe, neng Ikom ono seminar ttg JAV nggak Joe?!

  30. 32 qnewt November 6, 2007 pukul 3:51 pm

    mantap bener postingannya!

  31. 33 Freddy Hernawan November 6, 2007 pukul 4:42 pm

    panjang amat, sampe pusing bacanya 😦

  32. 34 titoreds November 6, 2007 pukul 5:05 pm

    Salut buwat sesepuh-nya Blogger Ikom..
    Sayang gagal unjuk conthong dan demo aji-pengasihan di depan Azumi2 Ikom πŸ˜€

    tetaBH semangat! you’ll never walk alone!

    The Hermawanov

  33. 35 antobilang November 6, 2007 pukul 5:16 pm

    | Jadi aku nggak perlu memperbanyak pengunjung kalo cuma pengen memperkaya diri sendiri. Tapi ya rasanya menyenangkan aja kalo aku tahu ada banyak orang yang bisa mengerti jalan pikiranku.|

    saya setuju ini. (model komentatator 1-liner)

  34. 36 Mihael "D.B." Ellinsworth November 6, 2007 pukul 6:09 pm

    Lantas di mana kita mau majang iklan? Di blognya orang lain, hah? Hah? Hah? Jawab! Jawab!!!

    Ya….seperti apa kata saran akhi, saya lebih baik menyediakan iklan untuk dipasang di blog orang lain, jadi… :mrgreen:

  35. 37 celotehsaya November 6, 2007 pukul 6:33 pm

    ahh postingan ini nggak mutu…!!! cuman membodoh-bodohi pembaca saja…!!!

    mas Joe jangan seenaknya menebarkan kebohongan gitu dunks…!!!ini sih namanya membodohi maba…!!!saya sebagai maba nggak terima dibodohi seperti itu…..

    *sensor*

  36. 38 celotehsaya November 6, 2007 pukul 6:33 pm

    udah cukup kontroversialkah komen saya diatas πŸ˜•

  37. 40 GRaK November 6, 2007 pukul 6:39 pm

    trus kalo misalnya tulisan panjang2 gimana bro?

  38. 41 extremusmilitis November 6, 2007 pukul 7:01 pm

    pokok-nya kecewa
    masa seleb jadi lorelle-nya indonesia :mrgreen:

  39. 42 Xaliber von Reginhild November 6, 2007 pukul 7:29 pm

    Postingan bagus. πŸ˜€ Awal-awalnya mirip sama tulisan saya dulu, tapi kalau saya kayaknya terlalu sederhana dan rada asal. πŸ˜›
    Keren, mas. :mrgreen:

  40. 43 Sawali Tuhusetya November 6, 2007 pukul 7:59 pm

    “Tutorial” ngeblog yang mencerahkan Mas Joe! OK, banget. Mudah2an makin banyak mahasiswa yang demen ngeblog.

  41. 44 nadataufik November 6, 2007 pukul 8:15 pm

    Salam kenal ya.. baru singgah pertama nih disini!!!

  42. 45 trojan November 6, 2007 pukul 10:53 pm

    Maafkan atas ke goblokan kami mas joe..

    Semoga minggu depan acaranya bisa terlaksana dengan lancar…

    Amin…

  43. 46 rd Limosin November 6, 2007 pukul 11:39 pm

    tambahin Joe ttg komunitas blogger:

    Palembang punya komunitas blogger bernama WongKito

    he..

  44. 47 crizosaiii-gak login November 7, 2007 pukul 11:08 am

    sepertinya blogger bisa jadi profesi neh?!

  45. 48 lambrtz November 7, 2007 pukul 12:09 pm

    saya!!!
    saya di blogsome!
    soalnya dulu cuma tau blogspot sama blogsome sih. karena gak suka blogspot (dulu lambat banget dari kampus!), ya pilih blogsome. setelah tau wordpress, males pindah, dah keburu hamil :p

  46. 49 alle November 8, 2007 pukul 11:10 am

    mintak traktir dong,..
    kan ente selaen jadi seleblog juga milyarder gugel
    πŸ˜›

  47. 50 nyamukbingung November 8, 2007 pukul 11:24 am

    hehehe berkelas..khas blogger seleb niy..

    hail to the joe πŸ˜€

  48. 51 savic November 8, 2007 pukul 3:05 pm

    lhaaah akhirnya jadi ga bebas joe… harus nulis terus.. ga isa di tinggal bentar…
    tapi itu resiko ya..

  49. 52 vend November 8, 2007 pukul 3:53 pm

    kalo komunitas blogger di suroboyo ada ndak joe? setauku cuma didominasi anak ITS :mrgreen:

  50. 53 biila November 8, 2007 pukul 8:42 pm

    waduhh..
    maaasss.. udh lama ga bersuo πŸ˜€
    aku pindah blog πŸ˜€

  51. 54 Kombor November 8, 2007 pukul 8:59 pm

    Kalau mau mendapatkan Dian Sastro atau Nadia Mecca, Kamu harus bertumpah darah denganku dulu, Joe.

    BTW, turut berduka cita karena Kamu gagal nyonthong di depan adik-adik baru.

  52. 55 goop November 9, 2007 pukul 11:07 am

    Syip, sarannya!!!
    Akan saya jalankeun paman,
    Smoga sukses!!! πŸ˜€ smangat :mrgreen:

  53. 56 mardun November 10, 2007 pukul 8:58 pm

    ada yang kelupaan Joe, Surabaya sekarang punya tugupahlawan dot com

  54. 57 waun_ugi November 12, 2007 pukul 2:05 pm

    hmm lumayan bikin cerah otak kita yg ga tau apa2 tentang blog(or belog in balinese langguage)hehhehehehehehe
    pancet ae narsis

  55. 58 dobelden November 12, 2007 pukul 6:10 pm

    panjang amirr… 😦

  56. 59 Strife Leonhart November 12, 2007 pukul 6:42 pm

    Lumayan bagus mas artikelnya buat pelajaran.. Kunjungi blog aq yach

  57. 60 maruria November 15, 2007 pukul 9:39 am

    Blog tutorial ala Satrianto!!!
    Betul! Gara-gara postinganmu sing menghujat kampuse dhewe iku aku pertama kenal sampeyan.
    Joe..di kotaku ndak ada komunitas blogger.Huwwwaaaaa…..!!!!!

  58. 61 Fiethemvp November 16, 2007 pukul 7:19 pm

    Joe,betapa naas nasib panitia seminar,sudah d tunda khilangan si Joe,gak dpt pengganti yg sepadan lagi (yowis mesti lah, hohoho)..
    Skali lagi mereka tak biarkan sik joe,mosok mekso2 ak mnggantikan kw Joe,kn ra kuat ak mnduduki posisi sbg the bloggest,hehe..!!
    Ndang bali o, Joe.. Ndang bali o..

  59. 62 layudhi November 20, 2007 pukul 8:39 am

    Hehe,
    langsung di telan mentah-mentah

  60. 63 isha November 22, 2007 pukul 3:45 pm

    kepanjangan tulisannya joe. mending diagram ato flowchart aja. pusing.

  61. 64 zainul Januari 13, 2008 pukul 10:33 pm

    kalo anda dulu berangkatnya dari paste copy atau langsung nulis jadi hebat… hehe… sorry. gue ini masih pencit alias masih anak ingusan. gimana jika blog yang bhs. inggris apa emang jalannya seperti yang anda lakukan. mohon bimbingan dari anda sang bloger sukses.
    mohon dikritik blog saya…. mana yang harus saya benahi….

  62. 65 rekanbisnisonline Februari 11, 2008 pukul 12:04 am

    Prospek yang menarik buat Anda dan masa depan Anda
    Temukan Bisnis Internet Paling Mudah, Murah dan Praktis
    Menghasilkan UANG Melimpah Di Internet
    http://www.rekanbisnisonline.com

  63. 66 Kiki Ahmadi Februari 16, 2008 pukul 5:54 am

    mas joe..
    sampeyan gak ada niat bwat bikin buku?

    kemungkinannya cuman dua lho mas joe

    laris manis

    ato dibredel karena dianggap buku sesat

    hwakakakakaka

    yang mana pun..

    saya tetep beli buku mas joe..
    walaupun harus beli pasar gelap di perbatasan Zaire-Senegal..

    : )

  64. 67 Datyo April 19, 2008 pukul 11:13 am

    Azumi kawashima ? adduuuh mas ini nakal ya..itu kan favoritnya om om kayak saya ini hehehehe salam kenal.

  65. 68 andi Agustus 30, 2008 pukul 1:04 am

    boleh juga tuh jadi pedoman……,tahanks


  1. 1 Pertamax! « The Hermawanov Lacak balik pada November 6, 2007 pukul 5:07 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Menyesatkan...

  • 1,052,504 manusia

Am I A Rockstar?


Anindito Baskoro "Joe" Satrianto. Mahasiswa keren yang lagi belajar jadi bajingan. Menggauli Corel, Adobe, dan Macromedia lebih banyak ketimbang PHP, MySQL, atau VB.Net. Tingkat akhir, dan sedang bingung menyusun skripsi. Waktunya dihabiskan di kantin kampus dan Lab Omah TI, serta sekretariat Himakom UGM sambil ngecengin gadis-gadisnya. Ngganteng, pinter, tapi banyak utang.

Add to Technorati Favorites

RSS E-Books Bajakan? Oho!

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Tanggalan

November 2007
S S R K J S M
« Okt   Des »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Astaga! Padahal Keren…

Bundel

Penghuni Jogja Terbaik

Bali Blogger Community

Indonesian Muslim Blogger

Bloggers' Rights at EFF

KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia