Ini Bukan Tentang Manhaj Salaf, Ini Bukan Tentang David Copperfield. Ini Cuma Dialog Imajiner

“Mas Joe, sudah tahu kalau David Copperfield itu penyihir?”

“Heh, penyihir? Penyihir dari mana? Dari Hongkong?”

“Bukan dari Hongkong, Mas Joe. David Copperfield itu dari Amerika.”

“Kok penyihir? Setauku dia itu tukang sulap, kok. Bukan penyihir.”

“Mas Joe ini bagaimana, sih? Jelas-jelas dia penyihir. Mas Joe tahu, kan, kalau dia bisa terbang, bisa nembus tembok besar China?”

“Iya, tahu.”

“Nah, apalagi kalau bukan penyihir namanya? Manusia biasa jelas nggak mungkin bisa seperti itu.”

“Lho, terus kalau memangnya dia penyihir kenapa?”

“Waduh! Mas Joe ini bagaimana, sih? Sihir itu, kan, jelas-jelas perbuatan yang dilarang agama. Kok Mas Joe tenang-tenang aja? Dia, kan, katanya mau tampil di Indonesia.”

“Lho, kenapa harus sewot? Kalaupun harus sewot, apa iya sewotnya kita sudah sesuai dengan kenyataan yang sebenarnya? Apa iya David Copperfield itu benar-benar penyihir kayak yang kamu bilang?”

“Jelas penyihir! Dia, kan, bisa terbang.”

“Ngene yo, Le. David Copperfield itu tukang sulap, bukan penyihir. Cuma tukang ngibul aja yang bilang dia itu penyihir…”

“Jadi Mas Joe nganggap saya ini tukang ngibul?”

“Hei, ngomongku belum finish. Aku nggak bilang kalau kamu itu tukang ngibul. Ucapanku belum selesai. Aku mau bilang, cuma tukang ngibul dan orang yang berhasil dikibulin sama tukang ngibul itu yang bilang kalau David Copperfield itu penyihir.”

“Jadi Mas Joe nganggap saya ini dikibulin orang? Mas Joe pernah nggak, sih, baca buku yang isinya ngasih tahu kalau David Copperfield itu ngadain perjanjian dengan jin dan setan buat mendukung pertunjukan sulapnya?”

“Pernah. Aku pernah baca buku ‘Dialog dengan Jin Muslim‘, kok…”

“Nah! Mas Joe mau berdalih apa lagi sekarang?”

“Dalih? Dalih buat apa? Omonganku yang barusan juga belum selesai, kok. Aku mau bilang, buku itu, entah bagaimana, ternyata cuma hoax. Pengarangnya pun nggak pernah nyebutin dengan jelas dia dapat surat yang katanya surat perjanjian antara setan dengan David Copperfield itu sumbernya dari mana.”

“Tapi David Copperfield bisa terbang, Mas. Bisa nembus tembok.”

“Itu sulap yo, Le…”

“Sulap mana ada yang kayak gitu, Mas Joe. Itu sihir. Mustahil ada manusia yang bisa terbang!”

“Heh, omonganku jangan dipotong terus, Kampret! Sulapnya David Copperfield itu sulap mahal. Bukan cuma sekedar sulapan nebak kartu remi kayak yang biasa kita kenal dan semua orang bisa ngelakuin. Sulapnya David Copperfield itu murni hasil paduan kecepatan tangan dan teknologi.”

“Kecepatan tangan gimana? Memangnya nembus tembok dan terbang itu kecepatan tangan?”

“Kowe goblok banget, tho, Le? ‘Kecepatan tangan’ itu, kan, cuma istilah. Arti sebenarnya ya apalagi kalau bukan trik?”

“Trik bagaimana, apa buktinya?”

“Lho, di tivi pernah ditayangin acara yang isinya membongkar trik-trik sulapnya David Copperfield, kok. Cuma aku lupa di stasiun tivi apa gitu. Yang jelas pernah ada. Trik terbangnya David itu dia pakai kabel tipis tak kasat mata dari bahan sejenis kevlar – kalau nggak salah – buatan NASA. Kalau yang nembus tembok, itu sebenarnya ada 2 orang. David Copperfield pas nembus tembok sendiri, kan, nggak dilakukan terang-terangan, tapi di balik kain. Yang kelihatan nembus cuma bayangannya aja. Terus, yang terbang itu juga dilakukan sama dia di ruangan tertutup, bukan di langit luas. Kalau nggak percaya, coba aja kamu googling sendiri video-video tentang rahasia trik-trik sulapnya David Copperfield.”

“Apa? Tivi? Video? Mas Joe, Mas Joe… Mas Joe kayaknya belum sadar juga kalau menurut fatwa ulama-ulama Ahlusunnah Wal Jama’ah dengan pemahaman Salafush Shalih segala gambar makhluk bernyawa itu sifatnya haram. Saya jelas nggak mungkin nonton tivi dan video-video itu.”

“Wah, ya susah juga njelasinnya ke kamu kalau gitu. Dalam perkara kehidupan duniawi, kamu, kan, tipe orang yang nggak bisa percaya kalau belum lihat sendiri. Beda kalau masalah agama. Cuma denger orang yang kamu idolakan ngomong gini ngomong gitu, kamu langsung aja percaya.”

“Lho, apa hubungannya?”

“Ya hubungannya, aku jadi susah njelasin ke kamu kalau David Copperfield itu bukan penyihir, sementara kamu sendiri nggak mau diajak untuk membuktikan.”

“Mas Joe, Mas Joe… Sudah jelas saya bilang David Copperfield itu penyihir, Mas Joe nggak percaya. Sekarang malah ditambah nyuruh saya melihat gambar bergerak yang jelas-jelas dilarang dalam agama. Mas Joe ini benar-benar dalam kesesatan yang nyata.”

“Eits, sori, Dab. Untuk yang masalah gambar bergerak memang kita berbeda pemahaman. Aku masih belum bisa percaya sama kamu untuk masalah itu. Tapi kalo untuk perkara David Copperfield, itu sudah ada bukti nyatanya dan kamu masih belum mau percaya?”

“Bukti macam apa itu? Semuanya pasti cuma rekayasa para tukang sihir! Jelas mustahil ada manusia bisa terbang! Kayaknya Mas Joe ini yang sudah tersihir juga sama sihir murahannya David Copperfield, sampai-sampai Mas Joe percaya sama dia. Na’udzubillah…”

“Lha, kamu sendiri, kok, bisa tahu kalau David Copperfield bisa terbang dan nembus tembok? Tahu dari mana? Pernah lihat sendiri? Nggak mungkin dari tivi, kan? Katanya kamu nggak mau lihat gambar bergerak? Atau jangan-jangan kamu sendiri malah pernah nonton David Copperfield secara langsung, he?”

“Sudahlah! Kayaknya nggak berguna saya berdebat sama Mas Joe. Mas Joe benar-benar sudah tersesat. Dengan nggak mau rujuk terhadap pemahaman Salafush Shalih aja Mas Joe sudah nggak benar. Sekarang ketambahan Mas Joe kayaknya sudah tersihir oleh David Copperfield. Nggak ada gunanya diskusi ini kita teruskan! Semoga Allah membukakan pintu hidayah buat Mas Joe.”

“Hlho, kok malah jadi kamu yang bilang kalau diskusi ini nggak ada gunanya kita teruskan? Piye, tho? Piye, tho? Woi! Mas… Mas… Woi, jangan kabur dulu. Kembali dikau kemari! Masih banyak yang mau ta’omongin. Woi, jangan lari! Woi!”

Sumpah! Dialog di atas – dialog antara seorang pria tampan dan seorang penganut Manhaj Salaf – cuma rekayasaku aja. Hasil imajinasiku setelah ngeliat postingannya Mas Abu Maulid Anto As-Salafy, sang salafyseleb-nya WordPress, tentang David Copperfield yang dituduh berprofesi sebagai tukang sihir. Agak geli aja waktu mbacanya. Tapi tulisannya berhasil membuatku kepengen urun komentar untuk sekedar meluruskan sesuai fakta yang aku tahu. Cuma ya sayangnya komentarku yang ditampilin sama dia cuma 1 biji aja (itupun dengan tanggapan yang menurutku nggak nyambung). Argumen-argumenku yang lain yang berusaha mengkonter argumennya dia terhadap komentar pertamaku – seperti biasa – dibumihanguskan.

Yah, kita berbaik sangka aja sama Mas Anto itu. Mungkin dia memutilasi komentarku yang lain bukan karena nggak bisa membalas pernyataanku, tapi cuma sekedar supaya argumenku tidak meracuni pikiran rekan-rekan sejawatnya, pendukung-setia-tanpa-banyak-tanya pemahaman Salafush Shalih, yang ditakutkan terancam untuk berpikir kritis dan berusaha membuktikan semua perkataanku secara obyektif.

Nggak enak juga kalo cuma gara-gara omongannya seorang Mas Joe, hubungan baik antara Mas Anto dan rekan-rekan sejawatnya jadi rusak, hehehe.

95 Responses to “Ini Bukan Tentang Manhaj Salaf, Ini Bukan Tentang David Copperfield. Ini Cuma Dialog Imajiner”


  1. 1 yudi Oktober 26, 2007 pukul 9:07 pm

    3 cool post joe my fren, ojo banter2 okeh. safety first.

  2. 2 yudi Oktober 26, 2007 pukul 9:08 pm

    btw yessssssss tumben banget capolista di blog ini hehehehehe

  3. 3 yudi Oktober 26, 2007 pukul 9:10 pm

    puas puasin ahh…..
    wong ndeso nyepam blogmu joe🙂

  4. 4 sora9n Oktober 26, 2007 pukul 9:20 pm

    Lho, di tivi pernah ditayangin acara yang isinya membongkar trik-trik sulapnya David Copperfield, kok. Cuma aku lupa di stasiun tivi apa gitu. Yang jelas pernah ada.

    Itu… kalo aku taunya ang soal membongkar trik-trik sulap secara umum. Ada juga triknya David Copperfield yang direka ulang di situ, yang dia ngilangin obyek berukuran besar. Judulnya kalo gak salah “Magic’s Biggest Secrets Finally Revealed”, gitu. (o_0)”\

    *pergi ke wikipedia*

    Eh, betul ding. Entry wikipedianya nih, [di sini]😉

  5. 5 Shelling Ford Oktober 26, 2007 pukul 9:25 pm

    yudi:::
    kampret lu!

    sora9n:::
    atau aku nonton di komputernya temenku, ya?
    *wah, kenapa pikun begini?*
    tapi yg jelas isinya ya tali NASA yang kubilang itu:mrgreen:

  6. 6 almascatie Oktober 26, 2007 pukul 9:30 pm

    waakkakakkakakk
    ge bayangkan wajah tampan joe pas mencak2 dipotong terus
    jangan lupa mlintir kumise mas wakkakaka
    *untung rekaan tok*

  7. 7 almascatie Oktober 26, 2007 pukul 9:32 pm

    uhmm aku jadi tergelitik yo apa orang yang ga berpikir saja yang mengatakan bahwa itu semua adalah sihir?😆

  8. 8 sora9n Oktober 26, 2007 pukul 9:35 pm

    @ Shelling Ford

    Lha, acara yang kusebutin itu pernah tayang di MetroTV… ^^

    Kalo gak salah libur kemaren ditayang ulang di Trans7, tapi nggak tau juga bener di situ atau nggak. (o_0)”\

  9. 9 krisosa Oktober 26, 2007 pukul 9:41 pm

    btw, sebenarnya “konser mahal”nya si David ini jadi gak sih? yang aku denger malah kargo2nya dibredel di pelabuhan.

  10. 10 Shelling Ford Oktober 26, 2007 pukul 9:41 pm

    almascatie:::
    wah, entah ya kalo itu. soale saya kebanyakan bergaul sama org2 yang mikir, sih, wekekekekeke

    sora9n:::
    kayaknya aku juga pernah liat acara itu. yg ada ngilanging gajah segala itu kan?
    *itu jelas sihir! gajah segede itu kok bisa ilang?*:mrgreen:
    tapi video2 rahasianya copperfield juga bertebaran kok di google😀

  11. 11 Shelling Ford Oktober 26, 2007 pukul 9:43 pm

    krisosa:::
    katanya dia lagi kena kasus di amrik sana, john.
    eh, iya… jgn lupa besok datang yo!

  12. 12 chiw Oktober 26, 2007 pukul 11:08 pm

    kamu nggak tau sih Joe…mereka itu udah jauh lebi canggih dari kita…

    mereka nggak perlu nonton tipi buat tau kalo Mas Dapid terbang atawa nembus tembok, cukup dengan terawang saja Joe…cukup terawang…

    kita kalah dalam hal ini, sobat…😥

  13. 13 cK Oktober 27, 2007 pukul 12:09 am

    “Heh, penyihir? Penyihir dari mana? Dari Hongkong?”

    “Bukan dari Hongkong, Mas Joe. David Copperfield itu dari Amerika.”

    😆 😆 😆

    setahu saya sih dapid nggak jadi dateng, joe. mending nonton beyonce aja…

  14. 14 celotehsaya Oktober 27, 2007 pukul 1:33 am

    ahh iya beyonce mau dateng, potoin ya chik <-0- kena jebakan iklannya chika…

    *membakar semua buku pelajaran yang ada gambar gurunya dan mulai menyiapkan dalih jika nilai mid jeblok*

    “pak di buku bapak ada gambar makhluk hiduppnya pak. Saya ndak berani mbuka karena takut diazab pak, makanya saya jadi ndak isa belajar pak.”

    oke, alibi sukses..

  15. 15 Bangaiptop Oktober 27, 2007 pukul 2:01 am

    Pertama kali mbaca postingan mengenai Ki Gendeng dengan Mr copperfield itu, saya sudah ngakak, Joe. Tapi ketawa offline saja, nggak perlu ditunjukkan di dunia cyber. Nanti dituduh menghina.

    Trus scrolling kebawah mbaca komen kamu yang sudah di jawab. Saya tambah ngakak sampai guling-guling. Wah hiburan banget Joe. Di rumah sakit suntuk luar biasa, nemu post dan komentar yang amat menghibur.

    Huhehehe. Udah gitu, ditambahi pula dengan postingan ini. Saya nggak tahan untuk tidak kasih komen. Abis-abisan saya ketawa-ketiwi mbaca dari atas sampai bawah.

    Huehehe

    (*Untuk siapa saja yang tersinggung atas tertawaan saya, mohon maaf*)

  16. 16 Teddy Oktober 27, 2007 pukul 9:28 am

    nggak sekalian bikin antosalafywatch aja mas joe? biar gampang counternya, biar gak ada yang mutilasi2an lagi. Tapi jangan dipasangin gambar makhluk hidup loh, ntar malah gak ada yang mampir😛

  17. 17 rafdi Oktober 27, 2007 pukul 3:19 pm

    wah kok gwa lebih setuju ama lw ya, dibanding ama dia….

  18. 18 chiell Oktober 27, 2007 pukul 3:44 pm

    Aku nonton pas konsernya DC ditanyangin di Metro pas suasana Idul Fitri kemarin. Dan aku juga pernah mbaca buku “Dialog dengan Jin Muslim” itu.
    Tapi dua-duanya aku ga 100% percaya.

    Kayaknya kita emang harus belajar buat ga selalu percaya dengan apa yang kita lihat, baca, dengar.
    Contohya:jangan percaya dengan apa pun yang diomongin mas Joe…!!! :p

  19. 19 Teddy Oktober 27, 2007 pukul 4:38 pm

    hiks.. pengalaman pertama kali komen di antosalafy, langsung di mutilasi :((
    (loh, malah curhat di sini..?? ampun mas.. kqkqkq..)

  20. 20 Shelling Ford Oktober 27, 2007 pukul 5:50 pm

    chiw:::
    iya, saya sadar kalo kalah😦
    kekekekeke!

    celotehsaya:::
    yakin sudah sukses? wakakakaka
    untuk mengatasi hal itu, sebenernya cukup dengan memperbanyak berteman dengan anak pintar. latih juga kecepatan dan kepekaan mata. dijamin sukses tanpa belajar!

    cK:::
    aku maunya nonton konser reuninya spice girls. tapi sayang, ga manggung di jokja😛

    Bangaiptop:::
    terima kasih. senang bisa menghibur. ini sekedar tanggung jawab profesi aja kok. maklum, hidup dari dunia entertain, kekekekeke

    Teddy:::
    bisa diulang komennya disini?😀

    chiell:::
    bagus, chiell! adik kelasku memang harus kayak gitu. jangan gampang percaya sama apapun sebelum kamu benar2 membuktikannya sendiri🙂
    btw, aku lebih ga percaya ngeliat david bleine dibanding copperfield

    rafdi:::
    sebenernya, setuju sama dia pun ga papa, asal jgn mematikan pintu diskusi aja, apalagi sambil ad-hominem😉

  21. 21 lambrtz Oktober 27, 2007 pukul 6:50 pm

    sudahlah joe, yg namanya orang ekstremis tu dibiarin aja. percuma juga diladenin, ga bakal berubah otaknya, kecuali kalo diteror dgn intensif.

    link yg kemarin dulu aku kasih dah dibaca joe? asik kan😀

  22. 22 rozenesia Oktober 27, 2007 pukul 7:02 pm

    pokoke David kafir™ itu penyihir!!! ini bukan fitnah tauk, ini nyata ada dalilnya tauk!!!
    🙄

  23. 23 Teddy Oktober 27, 2007 pukul 9:46 pm

    @shelling ford
    uhm.. apa ya, kalo gak salah gini:

    “loh, jadi bingung.. berarti yang termasuk sihir itu cuman sulapnya david? atau semua sulap? atau cuman sulap yang gak bisa diterima akal tanpa mikir dan melek teknologi dulu? kalo gitu definisi sihir itu relatip dong, tergantung sudut pandang yang ngeliat. Misal adek saya yang masih tk diajak nonton konser, trus ditengah2 konser ada penari latar yang dipasangin kawat tipis trus dibikin seolah2 terbang
    Pandangan saya : ya biasa aja, dah tau itu pasti dipasangin kawat. Saya yakin ulama manapun ga bakal nge-judge ini sebagai sihir
    Tanggapan adek saya : ini jelas sihir! lha wong dia ga pernah liat sebelumnya..”

    ng.. kepanjangan kali ye..😀

  24. 24 hoek Oktober 28, 2007 pukul 4:18 am

    antum sudah benar-benar tertutup hatinya. kenafa antum bisa membela fenyihir seferti itu? taubatlah, sebelum fanas afi neraka membakar antum beserta fenyihir yang antum bela! sungguh, antum berada dalam kesesatan yang nyata!

  25. 25 toim the shinigami Oktober 28, 2007 pukul 11:12 am

    pertamane, aq yo percoyo nek aak david koperfilt iku tukang sihir, tp setelah ngliat biggest secret magic revealed di global, aq yakin klo aak david make teknologi utk nglakuin sulapnya, jd bukan sihir ato perjanjian ama setan.Mungkin tepatnya ilusionis ato tukang mainin tangan dgn cepet (ahli kecepetan tangan).
    Wong, koyok gituan onok sekolahe koq.

  26. 26 Shelling Ford Oktober 28, 2007 pukul 11:26 am

    lambrtz:::
    gatel, mar… gatel…
    kadang2 gatel juga harus digaruk, kan? kekekekeke!

    rozenesia:::😈

    Teddy:::
    yep, kesimpulanku tetep sama:
    komentarnya mas teddy rawan memicu orang yg sepaham sama beliau untuk mencoba berpikir kritis. jadinya daripada ‘menyesatkan’ orang2 yang sudah ‘lurus jalannya’, lebih baik komentar mas teddy nggak ditampilkan, kekekekeke!

    hoek:::
    ampun, syaikh!😛

    toim the shinigami:::
    ilusi yang sama seperti yang ditimbulkan oleh ronaldinho di depan lawan2nya. bedanya, ronaldinho pake kecepatan kaki, hehehehe!

  27. 27 Bambang Soebiawak Oktober 28, 2007 pukul 3:17 pm

    Lha memang ini yang diharapkan para pesulap. Supaya orang percaya mereka beneran bisa sihir.😆

    Jangan khawatir soal mas AntoSalafy, mas Joe. Beliau cuma korban mode. Btw, beliau itu ngelihat Mr. Padangtembaga-nya di mana, ya? Jangan-jangan di TV? Naudzubillah…😯

  28. 28 fertobhades Oktober 28, 2007 pukul 3:30 pm

    “Hlho, kok malah jadi kamu yang bilang kalau diskusi ini nggak ada gunanya kita teruskan? Piye, tho? Piye, tho? Woi! Mas… Mas… Woi, jangan kabur dulu. Kembali dikau kemari! Masih banyak yang mau ta’omongin. Woi, jangan lari! Woi!”

    kok nggak dilempar belati sekalian Joe ?:mrgreen:

    Tul, Mr. David Padangtembaga itu cuman main pake trik + teknologi. Sama dengan sulap-sulap kebanyakan (kartu, lepas dari kurungan, dll). Triknya juga sederhana tapi didukung dgn teknologi yg bagus.

    Nggak jadi datang ya ? padahal saya pengen nunjukin kemampuan supranatural saya lho…. *terawang….terawang*😉

  29. 29 celo Oktober 28, 2007 pukul 6:00 pm

    o___0a padang tembaga😯

    betewe, komenku di bloggnya antosalafy dibumihanguskan…masa dia g bisa jawab pertanyaan anak SMA sih😕

  30. 30 anti_aliran_sesat Oktober 28, 2007 pukul 7:14 pm

    yaa sudah ..tenang mas Joe…makin banyak aliran sesat…makin terlihat mana orang yang makin menyimpang dari Agama yang hakiki!..

    yang kocaknya..kenapa juga ngurusin david, Magician itu kalo diartiin dalam bahasa Indonesia artinya Pesulap deh! bukan Penyihir , beda artinyanya ne!

  31. 31 Shelling Ford Oktober 28, 2007 pukul 8:35 pm

    Bambang Soebiawak:::
    aku punya pertanyaan retoris, mbang!
    kenapa, sih, orang2 itu semuanya pada berhasil membodohi orang yang bodoh?:mrgreen:
    kenapa orang yang pintar nggak ada yang berhasil dibodohi?

    fertobhades:::
    iya, mas, begitu saya tahu rahasianya, saya jadi berkomentar sombong, “lho, kok ternyata cuma gitu.”
    soale tadinya saya berharap para “tukang sihir” itu ngerapal mantra2, bakar kemenyan, motong ayam hitam trus darahnya diminum dulu.
    hahahaha!

    celo:::
    selain kita berbaik sangka bahwa mas antosalafy beranggapan nggak level untuk menanggapi pertanyaan anak esema seperti anda, mungkin kita boleh sedikit berburuk sangka kalo mas antosalafy itu memang nggak mampu menjawab.

    jadi daripada istilah “yen menang ra kondang, yen kalah ngisin2i” berlaku buat dia, akhirnya diputuskan bahwa komen anda dibumihanguskan aja supaya tidak ada kesan bahwa anda pernah urun komen di tulisannya dia!😀

    anti_aliran_sesat:::
    hohoho, saya selalu tenang kok. cuma agak gatel aja

  32. 32 qzink666 Oktober 29, 2007 pukul 2:28 am

    “Awas Sihir david Copperfield dan Ki Gendeng”
    Menurut saya, dari judulnya saja sedikit rancu.
    Emang DC datang ke Jakarta mau nyantetin orang Indonesia ya, sampe2 dapat peringatan ‘awas’?
    *awas kelud, awas merapi dan awas David Copperfield*😛😛

  33. 33 Teddy Oktober 29, 2007 pukul 8:04 am

    tapi ko cuman david ya? padahal di indo ada dedi korbuser yang secara “sakti” bisa “ngeramal” headline surat kabar (sumpah saya bener2 gak tau ini trik apa beneran pake setan kqkqkq). Apa takut ditantangin ama dedi korbuser ya, kayak pecatur sapaa gitu..? (mungkin yang paling bikin takut: jangan2 ntar malah diajakin debat terbuka)

  34. 34 annots Oktober 29, 2007 pukul 9:13 am

    Mama loren kok ga dibahas ya?

  35. 35 sigid Oktober 29, 2007 pukul 11:00 am

    Sulap itu juga intinya kan bukan pada “ngibul-nya” tapi pada pertunjukkannya.
    Sebagian besar orang yang nonton sulap udah tau kalau itu nggak beneran kok, dan tidak merasa telah ditipu (apalagi disihir:mrgreen: ), tapi merasa dihibur. Saya tidak malu mengakui kalau David Copperfield itu cool dan cerdas😎

  36. 36 sigid Oktober 29, 2007 pukul 11:04 am

    Mas, saran, setelah komen di blog yang ada sensor-nya diprint pdf dulu atau diprint-screen saja😀 , soalnya nyebeli juga je kayak gitu itu.

  37. 38 trojan Oktober 29, 2007 pukul 11:09 am

    joe arah tulisan mu ki ra jelas..

    tapi bisa ku tarik sedikit kesimpulan ditambah agak banyak feeling..
    hahahaa…

    itu kmu cuma pengen bilang klo comment kmu di blog orang di hapus kan??? wakakaaaaa…

    mending gak usah comment di blog orang kayak githu mas joe..
    ato klo gak commentnya pake ID ngawur..

    kan percumah comment tapi dihapus.. ntar malah menurunkan reputasi mas joe di dunia persilatan lho…. hahahaaaaaa

  38. 39 trojan Oktober 29, 2007 pukul 11:21 am

    oh, bener joe..

    klo gak pas kmu selesai comment langsung kmu “save as page” ato diprint-screen aja joe…

    trus ntar kmu buat tulisan di blog mu, include dah bukti otentik nya.. heheheheeee…

    biar mod*r itu,orang yg punya blog sering ngapus comment orang…

  39. 40 yuan Oktober 29, 2007 pukul 1:06 pm

    Emang geblek tuh orang.. ke ke ke…
    Mungkin kemampuan berpikirnya gak panjang. Masa trik sulap kaya gitu dinamakan sihir? hue he he he he…… gak nyampe otaknya🙂

  40. 41 funkshit Oktober 29, 2007 pukul 1:52 pm

    @atas
    namanya juga sosok ciptaannya makhluk geblek,, ya lebih geblek lagi lah
    wkwkwkwkwkkw

  41. 42 Agiek Oktober 29, 2007 pukul 2:39 pm

    jadi inget era dark age di eropa dulu. Para Alchemist banyak yang dituduh sbg tukang shir, padahal alchemist kan orang2 yang ahli ilmu kimia. Pada saat itu ilmu kimia ga kejangkau ama otak cekaknya orang2 dark age saat itu. Persis banget ama sindrom yg dialami para pengikut teguh salafush shalih ini. Sumpah, aku ngakak baca postingan kamu ini joe😀.

    *ngakak*😀
    *orgasme*

    *ngakak*😀
    *orgasme*

    *ngakak*😀
    *orgasme*

    sori joe, aku cuman sanggup orgasme sampe 3 kali aja dalam satu session:mrgreen:

  42. 43 agiekpujo Oktober 29, 2007 pukul 3:17 pm

    Barusan saya komen di blognya mas anto itu, saya kopi peis disini ya, jaga2 kalo nanti di moderasi🙂. Tapi sepertinya bakal di moderasi deh😦

    Akhi Anto yang saya cintai, bukannya apa yang anda lakukan ini juga perbuatan sihir. anda posting tulisan ini di indo, dan dalam sekejap mata, data beberapa kilobyte ini dah nyampe di server wordpress yang ada di amrik sana.

    Tahuka anda berapa jarak indo dan amrik mas? ribuan mil saudaraku. Cobalah anda naik unta membuktikannya, pasti diperlukan waktu bertahun-tahun untuk menempuh jarak sejauh itu. Bisa2 pas nyampe disana, jenggot anda sudah menjuntai di tanah😉

    Bagaimana mungkin semuanya itu bisa terjadi? Apa bukan sihir itu namanya?

    Karena itu saya nasehatkan padamu berhentilah ngeblog / ngenet mas, ini semua adalah ilmu sihir yg nyata dari kafir2 laknatullah itu.

    kalo anda berdalih ini semua bukan sihir, tapi teknologi.

    saya cuman bisa mengatakan,

    Itulah bukti sihir si kafir yang telah menyihir anda dan semua kawan salafi anda yang masih ngeblog. Sesungguhnya saya berlindung kepada Allah dari sihir jahat.

    Aneh bin ajaib, Ada Alquran dan hadits, tapi lebih milih dan silau sama teknologi sihir murahan. Berpikirlah jika kamu berakal!

    😆

  43. 44 rovich Oktober 29, 2007 pukul 3:39 pm

    lha simbok ku malah hebat, krupuk yang segede tutup gelas gitu di cemplungin minyak panas berubah jadi segede piring….nggak make mantra2 tuh…hebat kan simbok ku…hehehehe

  44. 45 agiekpujo Oktober 29, 2007 pukul 4:22 pm

    Dugaanku benar, dalam waktu beberapa menit saja sekarang komenku dan semua komen di sana dihapus. Fitur komen dimatikan guys!!!

    bener2 blogger yang aneh.:mrgreen:

  45. 46 sigid Oktober 29, 2007 pukul 4:32 pm

    @ komen diatas
    Bener euy, komen-nya musnah semua😉

  46. 47 Mitarima Oktober 29, 2007 pukul 5:48 pm

    Shishishi..
    Mencari pembenaran untuk diri sendiri saja, tapi gak mau terima kebenaran dari orang lain… Bleh..
    Eh tapi aku juga gak yakin kalo om joe bener shishishishi😆
    Orang-orang aneh..:roll:
    Eh, iya… Akhirnya saya jadi penghuni WP juga..
    Salam kenal, linknya aku add yah…

  47. 48 Shelling Ford Oktober 29, 2007 pukul 6:00 pm

    qzink666:::
    bwekekekeke!

    Teddy:::
    kayaknya debat terbuka itu ga akan mungkin. lha skrg fasilitas komen di sana malah sudah ditutup

    annots:::
    mama loren sih belum mau ngadain show soale😛

    sigid:::
    saya juga tidak malu, mas. cool, cerdas, imajinatif – sebagai seorang ilusionis, tentunya🙂

    trojan:::
    arah ra jelas?
    wah, kowe pancen goblok tenanan, tro, wakwakwak!

    yuan:::
    mungkin otaknya bakal nyampe kalo saja mau menerima pendapat orang lain

    Agiek:::
    gara2 kamu komennya di sana jadi ditutup, wekekekeke!

    rovich:::
    wah, kalo gitu simbok njenengan disarankan ngadain show aja, mas. sapa tau nanti ada postingan yang judulnya “awas sihir simboknya rovich”:mrgreen:

    Mitarima:::
    hahaha, makanya saya sarankan kita sama2 mencari kebenarannya. jgn menutup diri thd fakta yang ada, hehehehe

  48. 49 mardun Oktober 29, 2007 pukul 6:23 pm

    lha kalo david kopor lapangan itu penyihir?

    dedy corbuzier yang bisa jalan di atas air itu apa?

  49. 50 celotehsaya Oktober 29, 2007 pukul 7:00 pm

    padahal oedah ik skrinsyuut lho…

    apa ik post diblogg ik adja jak…??

    itoeng-itoeng nambahin trepik…

    *djoget dengan nistanja*

  50. 51 Mihael "D.B." Ellinsworth Oktober 29, 2007 pukul 7:40 pm

    Ah, orangnya tidak ada. Padahal aku ingin ngompor – ngomporin…😆

    Tentunya aku sudah berkomentar hanya untuk dimutilasi.

  51. 52 almirza Oktober 29, 2007 pukul 8:26 pm

    komentar-komentar disana hilang
    apa gara-gara tulisan ini ya?

    aku punya pertanyaan retoris, mbang!
    kenapa, sih, orang2 itu semuanya pada berhasil membodohi orang yang bodoh?:mrgreen:
    kenapa orang yang pintar nggak ada yang berhasil dibodohi?

    wakakakakak😆
    *ketawa sampai muntah-muntah*
    artinya saya pintar dong:mrgreen:

    he he he kayaknya blog ini gak bakal lagi didatangi para Pokoknya itu
    Lihat aja gambar dan iconnya pada mengerikan gitu:mrgreen:

  52. 53 CY Oktober 30, 2007 pukul 11:54 am

    David Copperfield penyihir??? wakakakaka…..,
    itulah omongan org yg tidak boleh menggunakan akal…,

    Sebentar lagi Joe akan dituduh moyangnya penyihir…. wakakakak….

    *aku ga tahan klo ga komen Joe, perut ini kram rasanya*

  53. 54 abeeayang Oktober 30, 2007 pukul 12:09 pm

    imajinasimu buagus mas joe….

  54. 55 Shelling Ford Oktober 30, 2007 pukul 12:23 pm

    mardun:::
    mentalis! dia sendiri kan sering bilang gitu🙂

    celotehsaya:::
    hahaha, terserah anda, anak muda

    Mihael “D.B.” Ellinsworth:::
    “ada” itu kan adanya cuma kalo bisa berkomentar😛

    almirza:::
    bagus, kan? saya jadi bisa leluasa menyesatkan umat, kekekeke

    CY:::
    jangan saya. Merlin masih jauh lebih pantas😀

    abeeayang:::
    cuma mencoba memaknai kata2 einstein, kok. bahwa imajinasi itu lebih penting dari ilmu pasti, huehehe!

  55. 56 restlessangel Oktober 30, 2007 pukul 4:44 pm

    belum baca postingna, uda terkesima sama headerna….

    *mendelik*
    *dejavu*

    heh, penggemar city hunter nih, pasti !!!! dan pasti juga mengidentifikasikan diri dg ryo saeba !!!!

  56. 57 restlessangel Oktober 30, 2007 pukul 4:54 pm

    eh sori OOT
    tp singgung2 ttg abu gosok jd inget gelaran di upn kmrn.

    kok kayaknya ga ada abu2 yg dateng ???
    moderatornya dan EOnya pilih kasih yaaaaa???

    as joe, kl pas yg kmrn itu ada abu2 dateng, kira2 ceritanya ky apa ya????

  57. 58 depit koper sak upil Oktober 30, 2007 pukul 11:59 pm

    huehehehe.. kalian semua udah kusihir… ga sadar kan? lha iya wong sihir…
    nek tak kasi trik ya jelas pada tau… nek di sihir kan endak, iya to?

    hayo tebak.. kalian kusihir jadi apa?

  58. 59 restlessangel Oktober 31, 2007 pukul 1:52 am

    eh si david kan ga jadi datang, krn dicekal fbi terkait masalah pemerkosaan. baca di kompas, blm sempet gugling.

  59. 60 Shelling Ford Oktober 31, 2007 pukul 1:15 pm

    restlessangel:::
    bukan city hunter, mbak. saya lebih menisbatkan diri sama james bond. kalo saeba ryo kan ndeketin cewek buat diajak bobo2 tapi gagal terus😛
    eh, pemerkosaan itu apa termasuk sihir ya? hahaha

    depit koper sak upil:::
    kayaknya saya ndak kesihir, wong memang udah ganteng dari lahir, kok

  60. 61 faizal Oktober 31, 2007 pukul 10:24 pm

    @celotehsaya
    Wew ada yang mo nonton Beyonce ya???gila … 3 juta…
    emang karcis David C berapa?

    David C…???penyihir…pesulap…ntah lah

  61. 62 RETORIKA November 1, 2007 pukul 2:09 am

    @ Joesatch
    @ Semua

    Salam kenal (yang kedua kalinya)Perkenalkan diri, Aku : RETORIKA adalah Blogg pribadi anak dari INDOBIKERS yang masih ponakanya KAFEMOTOR
    cucu dari Id.Wordpress dan cicit dari WordPress.

    Habis baca postingan mas Joe,…:mrgreen:
    ketawa ngakak huahahahahaha…

    Sama to mas, sini juga berusaha berkomunikasi dengan mas antosalafy, 1,2 kali diskusi ku di publish, eh diskusi ke 3 yang isinya skak mat malah ndak ditampilin. Besokanya, kolom komen di tutup …

    link : http://antosalafy.wordpress.com/profil-pengelola/#comment-2283

    Oh iya kemarin, tak posting tentang anto salafy di blog baruku itu, alhamdullialh dia dateng dan posting komen pula, ada kemajuan kan!😀

    nih :

    http://retorika.wordpress.com/2007/10/30/antosalafy-siapa-sih-dia/#comments

    Terakir, mas minta blogroll nya ndong, boleh nggak…
    salam!

  62. 63 Agiek November 1, 2007 pukul 4:43 pm

    Mas anto salafi akhirnya membalas komenku joe, ini jawabnya:

    mas kenapa komen di haramnya sihir dan david coperfield ko di matikan?? apakah gara2 komen saya yang ini:

    Abu Maulid Anto (AMA): Karena komentar yang masuk sudah tidak sehat.

    Akhi Anto yang saya cintai, bukannya apa yang anda lakukan ini juga perbuatan sihir. anda posting tulisan ini di indo, dan dalam sekejap mata, data beberapa kilobyte ini dah nyampe di server wordpress yang ada di amrik sana.

    Tahuka anda berapa jarak indo dan amrik mas? ribuan mil saudaraku. Cobalah anda naik unta membuktikannya, pasti diperlukan waktu bertahun-tahun untuk menempuh jarak sejauh itu. Bisa2 pas nyampe disana, jenggot anda sudah menjuntai di tanah😉

    Bagaimana mungkin semuanya itu bisa terjadi? Apa bukan sihir itu namanya?

    Karena itu saya nasehatkan padamu berhentilah ngeblog / ngenet mas, ini semua adalah ilmu sihir yg nyata dari kafir2 laknatullah itu.

    kalo anda berdalih ini semua bukan sihir, tapi teknologi.

    saya cuman bisa mengatakan,

    Itulah bukti sihir si kafir yang telah menyihir anda dan semua kawan salafi anda yang masih ngeblog. Sesungguhnya saya berlindung kepada Allah dari sihir jahat.

    Aneh bin ajaib, Ada Alquran dan hadits, tapi lebih milih dan silau sama teknologi sihir murahan. Berpikirlah jika kamu berakal!

    😆

    AMA: Saya sungguh heran dengan cara berpikir Anda. Bisa-bisa telepon, faksimili, mesin fotokopi, dan semisalnya juga Anda katakan sihir. Hemmm…..

    Apakah ini adl cara-cara ma’ruf dalam berdakwah menurut salafush shalih???
    Dengan menutup setiap komen yang mematahkan argumen anda??

    AMA: kami berusaha untuk meniti jalannya salafush shaleh, tentu sangat mungkin ada kesalahan dan kekurangan dalam diri kami. Namun, kami akan segera rujuk jika jalan kami ternyata salah. Biidznillah.

    terus saya jawab:

    nah itulah yang bikin saya tergelitik mas, bisa2nya mas mengatakan bahwa david copperfield itu ahli sihir. Jangan standar ganda dong🙂

    bukankah dia (red:david) hanya menggunakan keajaiban teknologi di setiap trik2 sulapnya. bahkan untuk ilusi terbang saja dia menggunakan kawat berteknologi tinggi milik nasa, kawat ini sangat tipisnya sehingga yg nampak bagi kita adalah ilusi bahwa david benar2 terbang. SEmua ilusi sulap yang kontemporer itu menggunakan bantuan kecanggihan teknologi loh mas.😀

    sekarang saya balikan kata2 anda,

    Saya sungguh heran dengan cara berpikir Anda. Bisa-bisa telepon, faksimili, mesin fotokopi, dan semisalnya juga Anda katakan sihir. Hemmm…..

    hehe2x🙂

    moga2 kali ini fitur komen “Diriku” di blogya mas anto ga tutup juga hehe:mrgreen:

  63. 64 Agiek November 1, 2007 pukul 4:52 pm

    bantuin debat disini ya, mumpung fitur komen belum ketutup joe! aku butuh kemampuan beretorika dan berlogika kamu dab! hehehe🙂

    http://antosalafy.wordpress.com/profil-pengelola/#comment-2352

  64. 65 Shelling Ford November 1, 2007 pukul 10:35 pm

    RETORIKA:::
    wah, kalo blogroll ga usah pake minta ijin segala🙂

    Agiek:::
    percuma, giek. tanpa kamu minta pun sebenernya aku dah turun tangan. tapi kamu tau kan kenapa komenku ga pernah muncul?😉

  65. 66 Kopral Geddoe November 2, 2007 pukul 12:12 am

    Btw, saya sih sah-sah aja kalau mas Anto itu nggak setuju sama apa yang saya bilang. Saya juga nggak tersinggung kalau beliau baca-baca ayat suci, karena mungkin memang mindsetnya berbeda.

    Tapi kalau sampai dibilang; “pikirlah jika engkau berakal”, kok kayaknya saya nggak rela, ya? Paradoks, gitu.😆

  66. 67 Sandalian November 2, 2007 pukul 2:00 pm

    Berarti pas om Yesus berjalan di atas air karena ketinggalan kapal (cmiiw) maka dia bisa disebut penyihir juga?😀

    Berarti pas nabi Mohammad naik ke langit, dia juga penyihir yooo…

    Ada-ada saja orang itu..

  67. 68 RETORIKA November 2, 2007 pukul 11:47 pm

    Sekarang mas bro AntoBil…Salaf:mrgreen:
    gak pernah diskusi lagi, cuma aproving comment doang tuh…

  68. 69 abu hanzhalah zevian November 8, 2007 pukul 6:49 am

    he he he…lucu juga..[ ketika dakwah dengan hikmah orang tidak faham, ketika dakwah dengan tegas apalagi sungguh tidak akan diterima, jadi dakwah yang dimaukan itu seperti apa?? ] dakwah dengan selalu ber empati kepada orang yang dinasihati. jadi mendingan g usahlah g usah dinasihati..biarin aja wong tiap orang juga punya pendapat dan keyakinan..entar umat islam bisa pecah.jadi g usah ngurusin orang lain…orang lain nyasar juga g usah ditunjuki jalan yang benar. orang lain punya aqidah yang menyimpang biarin aja..orang lain ngelakuin bid’ah-bid’ah biarin aja..trus nasihatinnya gimana? ya pokoknya biarin aja. ntar kalo kamu nasihatin dengan ayat alqur an dan hadits kamu jadi olok-olokan orang. tuh liat aja? udah kebukti kan? ] he he

  69. 70 Kopral Geddoe November 8, 2007 pukul 6:55 am

    orang lain punya aqidah yang menyimpang biarin aja..

    Doh. Kayaknya dari sononya emang nda bisa ngeliat orang seneng. Intervensi mulu.😆

  70. 72 Shelling Ford November 8, 2007 pukul 9:13 pm

    Kopral Geddoe:::
    kok saya juga gitu ya?😛

    Sandalian:::
    bukan! mohammed naik bouraq! pasti bakal dibilang gitu:mrgreen:

    RETORIKA:::
    mungkin “senjata”nya mejen semua…mungkin, lho…mungkin…

    abu hanzhalah zevian:::
    berempati bukan berarti lantas nggak menasehati (kayaknya anda selalu salah tangkap maksud saya, ya?)

    menasehati sambil berempati di sini yang saya maksudkan adalah menasehati dengan kata2 yang baik, mampu melihat siapa lawan bicara kita. perkara orangnya selanjutnya mau nurut atau tidak, ya itu pilihan orang itu sendiri. untukmu agamamu dan untukku agamaku, kan? yang jelas, ikhtiarnya ya dilakukan dengan cara yg baik, bukan dengan menghujat😉

    kalo yang disebut “nasehat” itu dilakukan dengan cara yg arogan, ga mau tau dengan fakta di lapangan dan pendapat orang lain, hasilnya ya masih untung kalo ga didengerin. kalo sampe dijadiin guyonan kayak yg saya bikin, kan kasihan juga, tho? kesannya kayak orang yang dengkulnya bener2 di kepala, hehehehe.

    oh ya, selama ini yang memecah-belah umat siapa ya? kayaknya orang bakal lebih gampang ngamuk kalo dihujat ketimbang dikasi kata2 yang santun, deh😉

    Iwan Awaludin:::
    masih belum. yang berhak melakukan itu cuma saya, huehehehe😛

  71. 73 abu hanzhalah zevian November 9, 2007 pukul 6:48 am

    barokallahu fikum.nas ‘alullahu assalamah wal ‘afiyah

  72. 74 joyo November 9, 2007 pukul 7:26 pm

    Saya sebenarnya prihatin dan kasihan sama orang2 yg masih percaya sma teori geosentris. Dan sebenarnya untuk membuktikan bahwa bumi bergerak mengelilingi matahari ndak susah2 banget, cukup dengan teropong bintang dan sedikit matematika dasar tentang gerak benda. Tapi susah juga klo kemudian mereka gak percaya matematika, dibilang hukum setan pula nanti.

  73. 75 joyo November 9, 2007 pukul 7:41 pm

    Saya juga ngerasa mereka penuh prasangka negatif dan berpikiran sempit. Benar2 makhluk yang mengenaskan hehehe canda.🙂
    Mudah2an sodara2 kita ini segera tercerahkan dan semoga semua makhluk bahagia.

  74. 76 joyo November 9, 2007 pukul 7:42 pm

    sekali lagi ah biar ganjil🙂

  75. 77 RETORIKA November 9, 2007 pukul 10:03 pm

    MAs Joe, saya siap melawan anda melalui Artikel saya! Saya Amat menghargai mas Antosalafy apa adanya… hiyaaaaaaa !!!

    http://retorika.wordpress.com/2007/11/09/antosalafy-badut-wordpress/

  76. 78 joyo November 9, 2007 pukul 11:59 pm

    @abu hanzhalah zevian
    Lha gimana gak diolok2 mas, ngutip analoginya kopral geddoe hari gini masih bikin dan pake mobil mesin uap, padahal….
    Sadar mas sadar, sekarang udah jamannya nanoteknologi, bioteknologi, superkonduktor, artificial intelligence, etc.
    Masih mending si klo bikin dan pake mobil mesin uapnya diem2 dan kalem2 aj, malah antik, lha ini ngolok2, ngejelek2in, dan nyalahin mereka yang pake mobil mesin turbo bahan bakar hidrogen.

    ah semoga semua makhluk tercerahkan dan berbahagia🙂

  77. 79 saidedwin November 10, 2007 pukul 1:00 am

    tapi menurutku joe lebih pada mencari masalah dibandingkan menasehati. hargai pendapat mereka donk. saat ini tulisan anda. kamu sadari atau ngga bilang gini “ayo lawan sama sama kaum salaf itu?” sehingga akibatnya saat ini musuhnya ngga hanya anda. tetapi semua pengagum kamu. apa ini bentuk perlawananmu karena pernah dibilang halal darahnya? ingat akhir sholat kita selalu diakhiri dengan mengucapkan salam kekanan dan kekiri. itu artinya apa kita mengharapkan kesejahteraan buat semua saudara kita baik yang kanan maupun kiri. baik yang salaf maupun yang lain. selain itu banyak kok sisi positif dari mereka. selama mereka masih mengucapkan syahadat dan mengerjakan rukun iman dan islam, mereka saudara kita. biarkan tulisan mereka untuk mereka sendiri, itulah mereka. satu hal lagi mas joyo ini adalah masalah sesama muslim ga perlu orang diluar muslim mencampuri masalah yang ngga anda mengerti jangan sampai ada orang yang menyangka anda mengguting dalam lipatan. cukup sesama muslim saja. maaf kalo ada yang tersakiti. seperti kata mas joe bilang aku hanya mau menasehati dan berpendapat.

  78. 80 joyo November 10, 2007 pukul 6:57 am

    selama mereka masih mengucapkan syahadat dan mengerjakan rukun iman dan islam, mereka saudara kita

    Ah semoga semua makhluk bahagia dan tercerahkan🙂

    mas joyo ini adalah masalah sesama muslim ga perlu orang diluar muslim mencampuri masalah yang ngga anda mengerti jangan sampai ada orang yang menyangka anda mengguting dalam lipatan

    Ah jadi saya ndak boleh komen disini karena saya non muslim ya?
    Ah ya sudah lah liat2 aj🙂

  79. 81 Shelling Ford November 10, 2007 pukul 9:40 pm

    abu hanzhalah zevian:::
    Wafiikum barakallahu

    RETORIKA:::
    ah..ah..ah..
    *speechless*:mrgreen:

    joyo:::

    Masih mending si klo bikin dan pake mobil mesin uapnya diem2 dan kalem2 aj, malah antik, lha ini ngolok2, ngejelek2in, dan nyalahin mereka yang pake mobil mesin turbo bahan bakar hidrogen.

    absolutely agree🙂

    saidedwin:::
    ada benernya juga, sih, omonganmu, win. saya masih kayak masa esema soale: cuma meradang kalo diserang😉

    seandainya saja niat baik kita buat diskusi baik2 juga ditanggapi baik2…😦

    selama mereka masih mengucapkan syahadat dan mengerjakan rukun iman dan islam, mereka saudara kita.

    semoga disadari oleh semuanya. sunni, syiah, bagaimanapun juga, menurutku, ga lepas dari perkara politik pada masa itu.

  80. 82 masliliks November 12, 2007 pukul 3:28 pm

    iki pada nulis pake windows cangkulan apa sudah pada pake open source hayooo?

    (ditulis dari windows XP SP2 + mozilla firefox)

  81. 83 Shelling Ford November 12, 2007 pukul 8:49 pm

    saya, sih, setia: bajakan. tentu saja!😀

  82. 84 masliliks November 20, 2007 pukul 2:08 pm

    kuwi wis onok gOS. wis ora ana alesan nganggo cangkulan. apa jangan2 kuwe ya wis dikandhani kalok gOS dan segala linux kuwi yo siher? wakakak

  83. 85 joyo November 20, 2007 pukul 6:48 pm

    ups sorry punya saya ori bajakan bo’😀

  84. 86 Shelling Ford November 20, 2007 pukul 7:51 pm

    kalo saya, sih, lebih karena alasan kemudahan mengaplikasikan isi otak saya via adobe, corel, dan (d/h) macromedia. ada sihir yang lebih hebat daripada sihir linux, soale:mrgreen:

  85. 87 masliliks November 21, 2007 pukul 6:54 am

    jadi produk mikocok = sihir
    bill gates = penyihir

    produk sihir tidak boleh dipake…jadi?

    *gulingk2 pegang perut…*

  86. 88 Shelling Ford November 21, 2007 pukul 1:51 pm

    jadi haram. tapi berhubung enak ya jadi haramdulillah…:mrgreen:


  1. 1 Liputan Blonjo Kupat « antobilang Lacak balik pada Oktober 30, 2007 pukul 5:01 pm
  2. 2 Logika Iblis Yang Menyesatkan Orang Yang Taat Beragama « M. Shodiq Mustika Lacak balik pada November 1, 2007 pukul 5:35 am
  3. 3 Salafy Manhaj Salaf = Produk Zionis dan Kriminal ??? « Mengapa begini ? Mengapa begitu ? Lacak balik pada November 12, 2007 pukul 7:54 pm
  4. 4 Strategi Pemurtadan Doraemon « Generasi Biru Lacak balik pada Desember 22, 2007 pukul 3:22 pm
  5. 5 Antara Tanda Tangan Dan Karakter « All That I Can’t Leave Behind Lacak balik pada September 3, 2008 pukul 10:01 pm
  6. 6 Salafy Manhaj Salaf = Produk Zionis « Mereka Bicara Salafy & Wahabi Lacak balik pada April 21, 2011 pukul 9:45 am
  7. 7 Salafy Manhaj Salaf = Produk Zionis | Inilah-Salafi-Takfiri.com Lacak balik pada Mei 9, 2013 pukul 12:55 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Menyesatkan...

  • 1,032,449 manusia

Am I A Rockstar?


Anindito Baskoro "Joe" Satrianto. Mahasiswa keren yang lagi belajar jadi bajingan. Menggauli Corel, Adobe, dan Macromedia lebih banyak ketimbang PHP, MySQL, atau VB.Net. Tingkat akhir, dan sedang bingung menyusun skripsi. Waktunya dihabiskan di kantin kampus dan Lab Omah TI, serta sekretariat Himakom UGM sambil ngecengin gadis-gadisnya. Ngganteng, pinter, tapi banyak utang.

Add to Technorati Favorites

RSS E-Books Bajakan? Oho!

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Tanggalan

Oktober 2007
S S R K J S M
« Sep   Nov »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Astaga! Padahal Keren…

Bundel

Penghuni Jogja Terbaik

Bali Blogger Community

Indonesian Muslim Blogger

Bloggers' Rights at EFF

KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia