Adzan Mabuk bin Kampret dan 2 Gadis Cantik

K(h)a(y)lila yang cantik
cepatlah kau besar
Ajarkan dunia
berbagi seperti yang
kuajarkan kepadamu

(Khaylila’s Song – Sheila on 7)

Aku baru aja pulang dari maem sahur pake gudeg di dekat terminal Condongcatur. Masih jam setengah 4 pagi. Setengah 4 kurang, malahan. Masih cukup waktu sebelum imsak buat ngecengin Aya manis, bakul kolak di samping musholla, atau Kalila yang keponakannya Pak Jalal, pikirku.

Baru saja mau masukin motor ke dalam rumah, lamat-lamat kudengar suara adzan dari kejauhan. Dari arah belakangku, mungkin dari arah sekitar jalan Gejayan, mengingat rumahku terletak di belakang toko buku Toga Mas. Wekz, itu si muadzin lagi mabuk atau apa, batinku. Lumayan kaget juga, soale. Kupikir, masak iya aku makan sahur sampai menghabiskan waktu 1 jam sendiri, yang bener aja? Lha wong kadang kala aku kalau lagi makan suka dengan kecepatan ala orang kesurupan.

Adzan sarap itu tidak kupedulikan. Semasukku ke rumah aku langsung menuju kamar adik sepupuku nan gendut yang letaknya paling depan. Menyaut rokok dan hendak membakarnya, ketika tiba-tiba dia terbangun dari tidurnya dan berkomentar, “Lho, lak wis adzan, tho?”

“Adzan opo? Kae adzan mabuk,” jawabku.
“Heh, tenane?”
“Lha yo tenan, wong iki lagek setengah papat.”
“Iyo po? Yo wis, ta’melu ngudud sik nek ngono. Tapi tenan rung adzan, tho?”
“Gieh, iki lho deloken aku dewe yo lagi ngudud. Wong kae adzane ra valid,” balasku sambil menyulut rokokku.

Dan selanjutnya merokoklah aku sambil memandangi Mbak Aya dan Kalila berganti-gantian. Menutup sahur sambil ditemani 2 gadis cantik membuatku sesaat melupakan adzan yang entah adzan pertanda waktu shalat apa yang barusan kudengarkan. Mungkin juga adzan untuk shalat tahajud, pikirku sambil mengingat berita dari koran lokal tentang aliran sempalan Islam yang tidak menyarankan shalat 5 waktu dan cuma mewajibkan pengikutnya untuk shalat tahajud. Ah, kampret… Kalau seperti ini aku jadi harus berterima-kasih kepada siapapun yang sudah menemukan jam sebagai penunjuk waktu, entah dia itu kafir atau bukan.

Apdet: Tadi pagi (29/09/2007), adzan yang dimaksud tiada lagi kedengeran. Entahlah, apakah yang kemarin itu muadzinnya bener-bener khilaf, ataukah kebetulan aja dia mendadak kasihan sama adikku – yang jatah jam ngerokoknya keserobot – setelah membaca tulisanku di blog ini? Bingung!😛

54 Responses to “Adzan Mabuk bin Kampret dan 2 Gadis Cantik”


  1. 1 manusiasuper September 26, 2007 pukul 3:49 pm

    Intinya pa joe?? INTINYA??? Pamer dua cewek itu doankk?? HA? HA? HA?

  2. 2 restlessangel September 26, 2007 pukul 4:08 pm

    wah lama2 jd diary si joe ni…..mo nyaingi blognya sapa tuh, yg jd buku … itu???

  3. 3 secondprince September 26, 2007 pukul 4:15 pm

    adzan mabuk itu maksudnya dia azan sambil mabuk-mabukan
    wah gak boleh atuh itu he he he

  4. 4 savic September 26, 2007 pukul 4:25 pm

    hihi… banyak banget adzan2 yang ga valid loh… contoh bulan kemaren sering banget masih terang dah adzan magrib… opo kui jenenge? mabok kepayang to?
    wes mendingan adzan dewe neng kamar… wahahaha….

  5. 5 cK September 26, 2007 pukul 6:18 pm

    maksudnya apa joe? saya nggak ngerti boso jowo…😕

  6. 7 hoek September 26, 2007 pukul 8:08 pm

    hooo..jadi maksudna azan itu menganggu mas joe yang ingin ngecengin dua cewe cantik? atau…eh…ntar..ntar
    “sambil mengingat berita dari koran lokal tentang aliran sempalan Islam yang tidak menyarankan shalat 5 waktu”
    aliran afa itu?

  7. 8 tiyokpras September 26, 2007 pukul 8:14 pm

    Mbok buwat software untuk penunjuk azan (versi valid lho…). \yang lengkap sekalian, plus peringatan azan untuk shalat dhuha, tarawih, atau sunah lainnya sekalian. Hehehe…

    Valid ra valid bedane opo to?

  8. 9 almascatie September 26, 2007 pukul 8:30 pm

    enak bener dengerin adzam kampret ga pada waktunya sama pandangin penari latar cewek dua lagi😆

  9. 10 crizosaiii September 26, 2007 pukul 9:42 pm

    walah…
    muadzinnya mungkin salah pasang jam, joe!
    dia kira dia lagi di Papua Nugini.. hihihihi😀

  10. 11 Wadi September 26, 2007 pukul 11:34 pm

    Oh, ternyata orang yang darahnya sudah dihalalkan pun masih boleh ngerjain puasa toh?

  11. 12 mas agus September 27, 2007 pukul 4:09 am

    weleh koyok ngono wae kok gumun…
    nyang namanya adzan kan memanggil manungso ben pada (inget)sholat…
    intinya sholat kan dalam rangka mengingat Alloh ya to???
    Bayi baru lair ceprot aja di adzani dan di qomati kok…, pas dikupinge maneh…
    di daerah Banten, dah umum kalo jam 2-3 pagi masjid2 di kampung mengumandangkan adzan, bukan pas bulan puasa aja. Ndak ada yang protes kok…

    Jangan menghakimi sesuatu bila kamu ndak tahu ilmunya, itu namanya pitenah Joe…
    dan yang namanya pitenah itu lebih kejam daripada membantai…
    jadi orang yang suka ngancam bantai itu masih kurang kejam daripada orang yang suka mitenah orang…

    BANZAIIII!!!!!!!!

    he he he he….. dah pantes belum ya jadi tukang ancem???

  12. 13 toim the shinigami September 27, 2007 pukul 9:33 am

    postingan yg aneh, tapi, btw, tumben ora narsis!

  13. 14 mardun September 27, 2007 pukul 10:51 am

    siapa tahu lagi ada pondok pesantren materinya latihan adzan subuh Joe.

    Tapi kalau kamu mau ngecengin dua gadis cantik itu, kamu harus belajar jadi tukang beleh kambing/sapi dulu Joe😛

  14. 15 mullah September 27, 2007 pukul 11:12 am

    hnhhnjkopmop[,o ndmzso mmodo
    zm zmd;vkdgll g uagdhs

  15. 16 yoto September 27, 2007 pukul 11:56 am

    Kayaknya cuma menang judul doank ya….
    Maksudnya cuma judulnya yang bikin penasaran
    Tapi okelah ceritanya
    walaupun gak jelas

  16. 17 emyou September 27, 2007 pukul 12:41 pm

    Eh tapi gw juga perna ngalamin loh joe pas kost di malang, tiap pagi jam tiga-an gitu uda ada yang adzan, entah dari masjid mana. Tar subuh juga adzan lagi dianya

  17. 18 antobilang September 27, 2007 pukul 1:04 pm

    Sepertinya saya pun mulai jatuh cinta sama Zaskia…

  18. 20 Paijo September 27, 2007 pukul 2:44 pm

    Secara saya ada dua kemungkinan :
    Pertama … jamnya mas Joe aja yang terlalu lambat, atau jamnya sengaja dilambatkan oleh teman mas Joe yang iseng.
    Kedua … jam di masjid yang azan prematur tersebut telah dipercepat oleh orang iseng sebelum buka ( supaya cepat buka ) tapi lupa tidak dibalikin supaya cocok lagi.

    Selamat berpuasa dan salam eksperimen aja.

  19. 21 Rio September 27, 2007 pukul 3:52 pm

    dah jelas banget yg mabuk itu si joe-nya. ngerti kan? kliatan banget postingan kampretnya yg hanya bs kluar dari seorang yg sedang mabuk

  20. 22 Heri Heryadi September 27, 2007 pukul 5:08 pm

    kalo ga salah adzan subuh boleh dua kali deh, yang satunya pas lagi imsyak (pokoknya pas sebelum waktu subuhnya). Fungsinya sebagai adzan peringatan gitu deh. CMIIW😀
    Tapi di Indonesia kayaknya ga begitu populer, gitu,,,,,

  21. 23 abeeayang September 27, 2007 pukul 5:13 pm

    kwekkwawawawawaw……….
    ah si joe ini masak gadis cantik kecil mungil kayak k(h)a(y)lila, loe kecengin……….
    yach…….suka brownies ya brow…….
    *geleng2 gak nyambung*:mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:

  22. 24 alimahmudi September 27, 2007 pukul 5:18 pm

    yang di suruh ngomentari apanya adzannya atau 2 cewek cantiknya,tapi sedikit pengalaman ni dalam islam sendiri yang namanya adzan khususnya adzan subuh itu memang disunahkan untuk adzan 2 kali, selain untuk ngasih tahu waktunya sholat adzan juga untuk bangunin orang untuk persiapan sholat subuh itu sendiri.adzan yang pertama itu namanya adzan kadzib[adzan bohong2an]waktunya ketika wajar kadzib dan yang kedua ni baru adzan beneran biasanya pas waktu sholat shubuh gitu mas…. jadi jangan heran kalau jam setengah 4 pagi adzan orangf adzan,jadi yang mabuk itu bukan adzan nya tapi orng yang denger adzan tadi he…he…
    . ……GITU AJA KOK REPOT……..

  23. 25 savic September 27, 2007 pukul 7:25 pm

    adzan jam 3 subuh itu sih adzan buat tahajud kali ya? hehehe…

  24. 26 zal September 27, 2007 pukul 8:20 pm

    ::joe, tanggamu ketinggian, turunin dikitlah, biar mudah menggapainya…, yah….tapi tiap sekolah ada klasnya dan tiap balapan juga ada klasnya ya…😆

  25. 27 wida September 28, 2007 pukul 12:32 pm

    aya dah punya nya azam
    kalila dah punya nya bang jack ma zuki,.. joe ikutan saingan ma mereka ajah,…🙂

  26. 28 ea September 28, 2007 pukul 12:37 pm

    kamu sahurnya melototin sazkia ya joe mmg kenyang tah?

  27. 29 beratz September 28, 2007 pukul 1:21 pm

    gudeg di dekat terminal Condongcatur <== nha iki ndekmben langgananku joe. Wah isih yo.. dadi kangen cah

  28. 30 gembulz September 28, 2007 pukul 1:41 pm

    jadi kangen ma suasana romadlon di kos-kosan nyang harus nyari sahur sendiri. Enakan di rumah, mau bangun dibangunin, mo sahur udah ada di t4 makan tinggal nyantap. Tapi suasana kemerdekaan ala ank kost itu nyang bikin aku kangen. (Bukan Kangen Band lho). Champretz dah

  29. 31 Shelling Ford September 28, 2007 pukul 1:44 pm

    manusiasuper:::
    intinya, jangan azan kalo saya masih saur😛

    restlessangel:::
    lho, selama ini kan blog ini juga diaryku

    secondprince:::
    ooo…gitu ya…saya baru tau😀

    savic:::
    kadang2 kalo aku sendiri yang azan, orang2 yang di sekitar suka ga percaya. dikiranya aku lagi iseng, vic. padahal, sumpah, memang sudah waktunya

    cK:::
    saya suka zaskia. apa itu masih belum cukup?

    lambrtz:::
    intinya, zaskia itu cantik😛

    hoek:::
    aku juga ga jelas. gosipnya, ada anak kampusku yang diamankan juga gara2 ngikutan aliran itu

    tiyokpras:::
    bedane yang satu bikin bingung, yang lain tidak😛

    almascatie:::
    ga enak lho buat yang ga kritis. buktinya adikku memutuskan brenti saur sebelum waktunya…kasian…

    crizosaiii:::
    bener kok, john…kalo buat solat tahajud:mrgreen:

    Wadi:::
    lho, puasa kan buat orang yg beriman. bukan buat orang yg darahnya haram😉

    mas agus:::
    lho, pas adegan yang mana saya keliatan menghakimi? saya kan cuma bilang, azannya kampret, bikin org bingung. adikku jadi bertanya2 sebenernya masih bole ngerokok atau ga…kasian kan?😉

    toim the shinigami:::
    tumben??? memangnya pernah?😛

    mardun:::
    siap!

    mullah:::
    melu mabuk po,mas?

    yoto:::
    lho, gimana sih? “ga jelas” itu kan nama tengahku…

    emyou:::
    mungkin muazinnya masih 1 trah sama muazin yang deket rumahku itu

    antobilang:::
    ga kreatip! katanya suka buncitle?

    rasyid:::
    opo e mas?

    Paijo:::
    wah, sayangnya ini kejadian pas saur, mas😛

    Rio:::
    atau malah ente? menuduh orang yang tidak mabuk sebagai orang mabuk bisa jadi termasuk kategori mabuk, lho😛

    Heri Heryadi:::
    peringatannya jeda 1 jam ga, mas? ehehehehehehe

    abeeayang:::
    yah…ente belum liat kalila, sih😛

    alimahmudi:::
    bohong2an sama benerannya sampe 1 jam juga po?
    kasian dong yang ketipu. dikiranya sudah imsak padahal masih ada 1 jam buat saur. makanya jadi repot. oke? oke? repot ga?

    zal:::
    selama ini selalu bermain2 dengan sesuatu yang didalam jangkauan. sekali2 pengen menantang sesuatu yg keliatan mustahil, kekekekeke

    wida:::
    lho, aya sama kalila yg saingan dapetin aku, kok😛

    ea:::
    kenyang, kalo nontonnya habis makan gudeg

  30. 32 Mihael "D.B." Ellinsworth September 28, 2007 pukul 2:23 pm

    Adzannya jam berapa, Joe ? Kalau jam 1 malam, itu mau menandai Sholat Tahajud.😆

  31. 33 abeeayang September 28, 2007 pukul 2:26 pm

    kalila emang senyumnya muanies buanget joe tapi aya juga………:mrgreen: awas loe joe saingan neh…….. 😦

  32. 34 friska September 28, 2007 pukul 5:14 pm

    wiiih…..tumben ga nongkrongin yayangmu??? c…zaskia =p kirain ga tahan klo ga liat dy nongol d sinetron sahurna it,,kekekeke…..trnyata…bs jg toh!!!

  33. 35 extremusmilitis September 28, 2007 pukul 9:29 pm

    *mode bingung: on*
    apa ada hubungannya yach…jam ama kampret….
    *mode bingung: off*

    kabur tanpa diminta…:mrgreen:

  34. 36 Yeni Setiawan September 29, 2007 pukul 4:21 am

    Lho, sampeyan ki sak omah karo Yudhist to?
    Owalah, sempit tenan ndonya iki.. opo meneh ono adimu sing gedene semono😀

  35. 38 avivo September 29, 2007 pukul 10:41 am

    badala!
    pas mbaca artikel dagelan aktivis, aku gak ndelok propile. lha tak kiro nek sarjana jurs Islam po aktivis JIL. tibake durung to.
    wes ndaki’2 ra pati setuju penerapan syariat, tibae adzan pertama wae gung ngerti. yo wes ra popo lah.

  36. 39 abdulsomad September 29, 2007 pukul 10:47 am

    Assalamualaikum wr wb
    Itu namanya adzan awal joe. Adzan yang dibuat Orang Islam Aseli (bukan aliran sempalan) Adzan ini dikumandangkan ketika terbit fadjar Kizzib, fajar palsu.
    Sekali sekali jalan jalan silaturahmi ke Lamongan, disana hampir setiap mesjid mengumandangkan adzan awal seperti itu untuk membangunkan penduduk yang mau Tahajud setiap jam 14.30.
    Itu Adzan biasa koq, karena mungkin? biasanya kamu bangun siang jadi kamu ndak pernah dengar itu adzan,
    sekarang karena bulan puasa, dan kamu bangun nya agak malem maka pas kamu dengar itu adzan kamu merasa aneh… he he he peace anak muda

  37. 40 Takodok! September 29, 2007 pukul 11:28 am

    *liat komen abdulsomad*
    Gitu ya pak?

    Disini jg lho mas Joe, adzan-nya 2 kali. Pertama2 sempet bingung, subuh-nya kok cepet banget, jam 4…
    Pas ditanya ke ibu kos katanya supaya orang2 pada bangun. Padahal gak mempan jg tuh:mrgreen:

  38. 41 chiell September 29, 2007 pukul 11:51 am

    Kuwi mungkin adzan nang masjid cedhak omahku mas. Masjid Raudhatul Jannah. Adzannya mang dua kali yang pertama (janjinya) pas jam3. Tapi seringnya jam 3.15.

    Pas awal Romadhon, ak dicritai, kalo zaman Rasulullah juga gitu. Adzan pertama oleh Bilal. Tujuannya untuk membangunkan orang buat sahur dan sholat malam. Daripada teriak-teriak sahur..sahur..!!! Aneh. Adzan itu juga buat mengingatkan orang yang lagi i’tikaf di masjid untuk pulang ke rumah dulu buat sahur.

    Trus pas shubuh, ada adzan lagi. Tapi orangnya beda. Yg ini bener2 adzan shubuh.

    jangan ngampret-ngampretin yang adzan dong!! Kan maksudnya bagus

    Ak milih Kalila aj. Mnis dan imut. Kayak permen

  39. 42 zal September 29, 2007 pukul 1:39 pm

    ::Joe, kamu diundang tuh ke Lamongan, biar ngerti azan,..mbok kamu balik ngundang toh, untuk mendengarkan azan yg sesungguhnya….. koq ya disimpan dewe, apa takut ndak dipercaya… ya kalu gitu yo wesh… ben lah..😆

  40. 43 Shelling Ford September 29, 2007 pukul 2:31 pm

    Mihael “D.B.” Ellinsworth:::
    jam 3 lewat gitu. pokoknya belum setengah 4-lah

    abeeayang:::
    tidak takut

    Yeni Setiawan:::
    hahahahaha, iya

    elistia:::
    bukan. tapi jatuh cinta

    avivo:::
    tau bedanya dadakan sama konsisten, mas?😉

    abdulsomad:::
    nggak perlu jauh2 kok, wak. ganjil dengan genap juga bisa didenger di jogja. konsisten dengan dadakan juga saya tau, kok. pun begitu pula antara populis dengan yang tidak.

    sejak awal puasa nggak pernah ada azan dobel. tapi tumben2an aja tiba2 ada azan mendadak. lak yo orang2 jadi pada kaget, contohnya ya adik saya itu😉

    Takodok!:::
    tapi konsisten, kan?
    kalo yang ini sih tidak:mrgreen:

    chiell:::
    lho, kalo memang konsisten sejak awal, ga bakal kukampretin kok. tapi kalo mendadak dan nggak bilang-bilang trus cuma bikin orang jadi kaget, ya apa boleh buat. kamu kan tau siapa mulut-tercepat-di-mipa-selatan

    zal:::
    sudah ta’klarifikasi, kok😀

  41. 44 'K, September 29, 2007 pukul 5:04 pm

    jadi kalila po zaskia joe?
    (ga bahas adzan lagi, dah kbanyakan yg bahas🙂 )

  42. 45 calonorangtenarsedunia September 29, 2007 pukul 9:39 pm

    tak pikir mau nulis apa. Sudah, pandangilah diriku sajah.

  43. 46 Youfan September 30, 2007 pukul 10:48 am

    mengingat rumahku terletak di belakang toko buku Toga Mas.

    Doh? Belakang TogaMas? Deket tempatku berarti… Baru tau kalo Mas Joe itu rumahnya deket tempatku…❓

  44. 47 Mrs. Neo Forty-Nine September 30, 2007 pukul 1:02 pm

    Adzan = perbuatan baik❓ —> nilainya +1
    Mabuk = perbuatan tidak baik❓ nilainya -1

    jadi, kalo adzan + Mabuk = (+)1 + (-)1 = 0
    😀

    netral dooonk…
    :mrgreen:

  45. 48 wulan Oktober 2, 2007 pukul 10:45 am

    wahhhhh keren…
    jadi kalo mau mabuk, sambil adzan aja kali ya.. kan biar impas..
    *mikir*
    *tertunduk*
    tapi cewek kan enggak bole adzan..
    gimana donk??

  46. 49 alimahmudi Oktober 3, 2007 pukul 3:30 pm

    Repot…..???kayaknya ga’ deh sory YTH SHELLING FORD orang yang merasa dibohongin atas kejadian adzan kayak tadi itu cuma orangnya z yang kurang pengetahuan tentang keislaman,pengetahuannya masih setengah2 tapi dia udah berani nyalahin [ngataiin yang gak bener]sesuatu dalam agama.Dan sekali lagi yng namanya adzan itu bukan suatu tanda/isyarat masuknya waktu imsyak.

  47. 50 Shelling Ford Oktober 4, 2007 pukul 7:30 pm

    yeee…saya juga tau kalo azan itu bukan isyarat masuknya imsak. azan mah panggilan buat shalat.
    oh ya, tulisan saya sudah bener2 dibaca belum, yth mas mahmud?:mrgreen:

  48. 51 zal Oktober 5, 2007 pukul 3:54 pm

    ::joe, emang orang pintar minum tolak angin, nah kalo kaya saya orang bodo malah nyari angin…😆 jadi biarkan saja orang pintarnya lewat… nanti kan ngeh..pas kibasan bendera terakhir…. siapa yg masuk finish, siapa yg masih hrs ngitari lap….:mrgreen:

  49. 52 U-This39 Oktober 15, 2007 pukul 6:10 pm

    balasku sambil menyulut rokokku. << rokok adikku maksudmu?

  50. 53 starboard Oktober 15, 2007 pukul 9:59 pm

    salah mencet spiker kae😛


  1. 1 Kematian « wak AbduLSomad Lacak balik pada Oktober 2, 2007 pukul 10:17 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Menyesatkan...

  • 1,033,018 manusia

Am I A Rockstar?


Anindito Baskoro "Joe" Satrianto. Mahasiswa keren yang lagi belajar jadi bajingan. Menggauli Corel, Adobe, dan Macromedia lebih banyak ketimbang PHP, MySQL, atau VB.Net. Tingkat akhir, dan sedang bingung menyusun skripsi. Waktunya dihabiskan di kantin kampus dan Lab Omah TI, serta sekretariat Himakom UGM sambil ngecengin gadis-gadisnya. Ngganteng, pinter, tapi banyak utang.

Add to Technorati Favorites

RSS E-Books Bajakan? Oho!

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Tanggalan

September 2007
S S R K J S M
« Agu   Okt »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

Astaga! Padahal Keren…

Bundel

Penghuni Jogja Terbaik

Bali Blogger Community

Indonesian Muslim Blogger

Bloggers' Rights at EFF

KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia