Pamer

Hari Minggu yang cerah kemarin, setelah selesai umbah-umbah cawet dan kaos singlet, aku jalan-jalan ke Togamas, sebatang toko buku yang letaknya deket dengan rumah kontrakanku yang baru.

Selesai nitipin jaket di penitipannya, aku melangkah masuk dan mendapati sebuah buku dengan judul Muhammad, karangannya Martin Lings. Oho, menarik juga buku ini, pikirku.

Tapi sayang, berhubung niatanku ke Togamas cuma pengen numpang baca komik gratis plus liat-liat siapa tau ada komik baru yang bisa dikoleksi, aku akhirnya melewati buku Muhammad terbesut, aeh, tersebut. Aku memilih berjalan ke tempat buku-buku komik biasa dipajang dan ke deretan rak kategori sastra, siapa tau juga ada novel berkelas lainnya.

Dan memang ada sebuah novelnya Sherlock Holmes. Tapi gara-gara novel itu cuma sebuah lakon carangan yang bukan karangannya Sir Arthur Conan Doyle, aku memutuskan untuk tidak membeli novel itu meskipun menurut Washington Post, Holmes sebelumnya tidak pernah diceritakan semanusiawi di novel itu. Ah, tetap aja; tiruan adalah tiruan, pikirku.

Selanjutnya tertariklah aku dengan komik Buddha karangannya Osamu Tezuka. Cuma, setelah aku nanya ke mbaknya yang jaga, seri 1-nya tinggal 1 eksemplar buku lecek yang sedang kupegang. Bah, mana mau aku mengeluarkan duitku untuk komik lecek macam itu!

Sampai akhirnya aku memutuskan kembali untuk membawa buku Muhammad itu ke kasir. Seri hardcover yang di labelnya tertera harga sebesar hampir Rp. 90.000,-. Aku nggak bawa uang. Di kantongku cuma tinggal 10.000 perak (sebenernya kertas, ding). Maka dengan lagak ala Tuan Muda Tao Ming Tse, aku bertanya ke mbaknya yang jaga kasir, “Pake Visa bisa, Mbak?”

“Bisa, Mas. Tapi kena charge 2,5%.”
“Nggak masalah, Mbak,” jawabku dengan tetap mempertahankan gaya sebagai anak muda kaya-raya.

Dan menyesallah aku begitu sampai ke pelataran parkir. Sampai akhir bulan aku bakal makan apa?

Tapi begitu sampai di rumah, begitu bukunya kubaca, oh, ternyata isinya bagus. Aku memang baru baca setengahnya sampai sekarang. Meskipun gitu, aku sudah mendapati bahwa buku yang berisi tentang biografi Nabi Muhammad itu begitu menyenangkan. Banyak detail-detail kecil yang belum kuketahui sebelumnya yang ternyata sangat menyenangkan. Yeah, apalagi kalo bukan sebuah kenyataan bahwa tulisan-tulisanku yang kuposting sebelum ini ternyata dibenarkan secara tidak langsung oleh buku tersebut. Yup, tulisan-tulisanku yang tanpa dalil-dalil itu. Tulisan-tulisanku yang kupikir cuma hasil khayalan ngawurku.

Waktu pertama kali melihat buku itu, aku tertarik buat beli karena…ah, aku nggak bisa menjelaskan maksudku. Aku tertarik ya cuma tertarik. Nggak ada alasan lebih selain perasaan kepengen mbaca buku itu dan kepengen punya. Hanya saja setelah melewatkan beberapa halaman, ternyata aku bisa mengarang alasan lain: Hehehe, supaya orang-orang yang selalu mempertanyakan tentang “seberapa dalam, sih, aku mempelajari agamaku” percaya bahwa kalo aku juga bisa membaca buku-buku tentang agamaku sendiri, nggak cuma Sir Arthur Conan Doyle’s, Agatha Christie’s, komik silat macam Impeccable Twins dan Pangeran Menjangan, ataupun mengoleksi Ranma 1/2.

Jadi sekarang aku merekomendasikan bahwa buku yang hari Minggu kemarin aku beli itu layak dibaca. Kalau nggak punya uang buat beli versi hard cover-nya, boleh beli versi soft cover-nya, kok. Kalau tetap merasa miskin, boleh juga minjem sama aku, dan tentu saja aku bakal mengutamakan peminjam dengan jenis kelamin wanita. Buat yang cowok juga tidak masalah, sebenernya. Tapi tentunya setelah melewati beberapa birokrasi peminjaman yang sedikit rumit. Itu buku mahal soale!😛

49 Responses to “Pamer”


  1. 2 dodo Juli 17, 2007 pukul 3:07 am

    seneng baca buku juga toh ternyata
    visa?? pake ka te em ya..?
    masih punya?

  2. 3 Shelling Ford Juli 17, 2007 pukul 3:12 am

    ktm?
    bah, tulisan visa di ktm ugm itu cuma pajangan. begitu juga tulisan voipnya!😛

  3. 4 aRdho Juli 17, 2007 pukul 3:12 am

    aku minjem donk joe.. kirim ya..😛

  4. 5 dodo Juli 17, 2007 pukul 4:02 am

    sama dong kayak di puyaku

  5. 6 wahyu ontel Juli 17, 2007 pukul 8:48 am

    wew..joe blog mu menarik ya, kayaknya aku bakal jadi pengunjung setia blogmu..heheh😛. Iya tuh visa di KTM dulu cuma pajangan, ga tau deh gimana makenya..cuma buat keren2an doang😀

  6. 7 mR. Black Juli 17, 2007 pukul 8:59 am

    Eh, spertinya keren tuh!
    Btw, yg soft cover berapaan bang?
    *lagi bokek*

    Udah pernah baca buku Karen Amstrong gak? judulnya sama “Muhammad”. Lumayan keren juga tuh! Obyektif abis!

  7. 8 Kopral Geddoe Juli 17, 2007 pukul 9:20 am

    Waduh, riviu isinya dong, jangan asal-usulnya😆

  8. 9 Jurig Bageur Juli 17, 2007 pukul 10:08 am

    aku pinjem …. dipotokopi juga boleh …😆

  9. 10 cK Juli 17, 2007 pukul 10:25 am

    pinjem donk joe😀 kirim ke Jakarta yak😉

  10. 11 Shelling Ford Juli 17, 2007 pukul 10:28 am

    aRdho:::
    kirim ke belanda?
    sepertinya ongkos kirimnya bakalan lebih mahal daripada harga bukunya. baiklah, usul sodara kami tampung😛

    dodo:::
    lho, ktm ugm juga ya?

    wahyu ontel:::
    langkah yg tepat telah memutuskan menjadi penggemar saya!😉

    mR. Black:::
    60ribuan kayaknya…sekitar segitulah

    Kopral Geddoe:::
    lho, ini dari awal nulis niatnya memang cuma mau pamer kok. bukan bikin rifiu😛

    Jurig Bageur:::
    oh, buat wanita tentu saja bisa. tapi ambil sendiri di rumah. jauh kalo harus ke malang, kekekekekeke

  11. 12 Shelling Ford Juli 17, 2007 pukul 10:35 am

    cK:::
    kalo ke jakartanya nggak, ah. tapi aku tetap membolehkan buat dipinjem kok…😛

  12. 13 Kopral Geddoe Juli 17, 2007 pukul 10:44 am

    Kalau begitu, bikinin riviunya…😛

  13. 14 Shelling Ford Juli 17, 2007 pukul 10:52 am

    nanti. habis tamat mbacanya. itupun dengan catatan kalo inget, kekekekeke. yg jelas menurut republika, buku ini top banget. bahasanya lumayan nyastra, tidak terkesan mengajari, dan menurutku cuma sebatas menyampaikan fakta apa adanya – sejauh yg diketahui pengarangnya.

    pernah dinobatkan juga sebagai shirah terbaik dalam bahasa inggris🙂

  14. 15 kakilangit Juli 17, 2007 pukul 11:27 am

    kopral geddoe:
    weh..kalo sejarah/shirah di revie, bisa keriting tanganya om joe:mrgreen:

    denger2 si Martin ini seorang sufi ya, mmm…keren kayaknya..

  15. 16 faizal Juli 17, 2007 pukul 11:44 am

    Kayake pernah lihat buku itu…
    jadi pengin beli…
    eh pinjem dink.
    mau bandingin sama sirah nabawi, kisah-kisah teladan Muhammad, dll.
    Jangan-jangan buku Muhammad hanya memperkuat kabar-kabar yang sudah diceritakan dalam buku yang kusebut.

    Tapi bisa menambah wacana laahh…

    Joe jadi hobi membaca setelah ganti kacamata…
    itu kacamata kuda yang berwarna “pink”

  16. 18 neen Juli 17, 2007 pukul 12:20 pm

    Jo, aku wanita (dpt kemudahan g?)
    Btw, Toga Mas di yk dah buka ya????
    Kapan2 main juga ke Toga Mas Jl. Diponegoro, Sby, sampingnya kebun binatang surabaya, keren lo Jo!

  17. 19 Shelling Ford Juli 17, 2007 pukul 12:40 pm

    kakilangit:::
    setuju. benul. lebih baik energi saya buat ngetik skripzione😛

    faizal:::
    bah, dari dulu aku udah seneng baca…………..komik, kok😉

    lambrtz:::
    ini bukan amunisi. ini justru kevlar, kekekekeke!

    neen:::
    lho, udah dari jaman ndak enak malah. dari jaman aku pertama kali hidup di jokja, lho

  18. 20 Aini Juli 17, 2007 pukul 12:59 pm

    Joe aku wanita boleh minjem bukunya gak?😆
    Tapi aku di Bandung nih… bikin resensinya donk Joe, udah sebulan ini ga menginjakkan kaki di counter buku soale terakhir ke counter buku ga ada buku yg menarik buat aku😀
    resensinya donk, plsss…

  19. 21 Shelling Ford Juli 17, 2007 pukul 1:13 pm

    wah, aku juga belum selesai mbaca neeh. secara garis besar, ceritanya nggak dimulai dari jaman nabi lahir, tapi jauh sebelum itu. jaman terbentuknya suku quraisy dari jalur ismail. isinya juga nggak cuma ada beberapa dalil dari al qur’an. tapi juga dari injil dan bahkan sumber2 arab kuno. selanjutnya, isinya hampir sama esensinya dengan shirah2 yang lainnya. cuma aja, yang ini bahasanya lebih nyastra dan lebih mirip mbaca sebuah laporan pandangan mata berikut testimoni dari saksi2nya

  20. 22 mas agus Juli 17, 2007 pukul 2:18 pm

    Joe kamu kan mahasiswa TI, jadi boleh dong dibuat versi .chm-nya, versi .HLP juga boleh, trus di upload dah…
    pastinya penggemar kamu nambah sak hohah…
    pokoke tak dukung dah… he…he…he…🙂

  21. 23 Luthfi Juli 17, 2007 pukul 3:50 pm

    setujuhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh
    discan jd format jpeg jg gapa2

  22. 24 aad Juli 17, 2007 pukul 5:48 pm

    seng versi ebook ono ra ?? aku golek seng versi ebook wae lah

  23. 25 tiul Juli 17, 2007 pukul 8:25 pm

    mas aad, ntar klo dapet ebook nya aku bagi yhaa..😀

    nek nda ya mas e ini minjemin ke aku wae lahh..
    aku wedok loh mas, rumahnya jg nda jauh dari rumahmu kayaknya..
    apa lagi yg perlu dipertimbangkan??
    *ting-tingin mata ;;)

    huahahaha..
    hyekk,,huiikk,hoekk,cuiiihh..
    hwahahhaa..😛

  24. 26 telmark Juli 17, 2007 pukul 8:51 pm

    aku mao minjem bukunya, berikut pinjem v-card-nya buat beli buku.🙂

    *ditunggu postingan ttg Nabi kita – Penasaran*

  25. 27 nayz Juli 17, 2007 pukul 9:13 pm

    hoalah wanita didahulukan,wakakkaak….teganya!!! teganya !! aku gak punya duit .

  26. 28 mamaendang Juli 17, 2007 pukul 9:39 pm

    Untung aku termasuk kategori cewek, tapi anakku wis telu mas, kalo minjem birokrasinya njlimet mboten? he..he..
    Salam kenal ya

  27. 29 hhan Juli 17, 2007 pukul 11:47 pm

    wah jadi pingin… di scan dong trus di share :P:P:P

  28. 30 setanalas Juli 18, 2007 pukul 1:56 am

    mas joe, saya gak minta review….
    tapi kalo diketikin di blog boleh kan mas joe?
    prakta nya gak usah di ketik juga gak papa. Boleh kan?

  29. 31 chielicious Juli 18, 2007 pukul 10:38 am

    Holohhh jadi penasarann.. wishlistnya tambah panjang deh nieh -_-

  30. 32 purmana Juli 18, 2007 pukul 12:28 pm

    aku juga ikutan ngantri ah!

  31. 33 winda Juli 18, 2007 pukul 12:35 pm

    Lho, mas Joe dah pindah kontrakan? Dimana?
    Kok aku ga tau?
    Jangan2 di utaranya pasar Concat (Jalan Anggrek ya, kalo ga salah =p)
    Aq ngantri pinjem ya Mas… ^_^

  32. 34 destiutami Juli 18, 2007 pukul 12:58 pm

    Hooo..mas Joe mengalami kemajuan. Dulu buku harga tiga-dua-lima-nol-nol sdh histeris:mrgreen:

    Bagus ya? Hmmm…*niat minjem tapi kejauhan*😀

  33. 35 antisalafy Juli 18, 2007 pukul 4:27 pm

    Hihihi, beraSa banGet kLo bUku emANG mAHal

  34. 37 Shelling Ford Juli 18, 2007 pukul 8:16 pm

    mas agus, Luthfi, aad, hhan, setanalas, telmark:::
    eeeee…cen do kere kabeh. wis kere, tambah ngrepoti pisan😛
    tidak…tidak! saya tidak mau melakukan pembajakan. saya tidak akan melakukan pembajakan, tapi masih mau menikmati barang bajakan. beda kan?

    tiul:::
    tentu tidak ada lagi. tapi ngambil sendiri ke rumah😛

    nayz:::
    lho, sama. kalo aku punya duit, aku ga bakal berlagak jadi tao ming tse, kekekekekekeke!

    mamaendang:::
    oh, tidak bakal njelimet. siapa tau panjenengan punya putri yang cantik atau adik perempuan yg cantik juga😉

    chielicious:::
    saya sarankan, segera ke toko buku terdekat di kota anda. atau ke persewaan. atau ke temen yg punya, huehe

    purmana:::
    yakin? yakin ngikutan antri? antri beras bukan di sini lho. yakin mau ikutan?😛

    winda:::
    ah, dik winda tau aja kalo saya sering ngapel ke sana😉

    destiutami:::
    sebenernya kemarin bukan histeris. cuma sedikit nggak rela aja

    antisalafy:::
    ah, sebenernya enggak kok. cuma memang bulan ini saya lagi sedikit resesi🙂 tapi tenang, cuma sedikit dan insya allah cuma bulan ini

    akoedw:::
    lho, sudah pernah baca juga ya? ya…ya…bukune memang sip, kok. kesimpulan kita sama, berarti😀

  35. 38 deKing Juli 18, 2007 pukul 8:43 pm

    Kalau dibandingin sama karangannya Karen Armstrong gimana Joe? Ada perbedaan mendasar gak?
    Tak tunggu review-né dab…

  36. 39 Shelling Ford Juli 18, 2007 pukul 8:47 pm

    yg karen aku belum beli. regane lumayan juga soale😦

  37. 40 hhan Juli 19, 2007 pukul 12:27 am

    hadohhhh pelit pisan..huehehe kalo gitu minjem.. halah kek tau rumahnya LOL

  38. 41 saidedwin Juli 19, 2007 pukul 3:18 pm

    aku kebetulan udah selesai baca buku itu. sebenernya itu harga bukunya 60.000 deh aku beli soft cover. buku itu udah edisi keberapa gitu. sebelumnya aku udah beli yang edisi yang sebelumnya. buku itu bagus banget. kalo dibandingin sama karen amstrong buku martin lings ini secara bahasa lebih bagus dan cara bertuturnya lebih bagus.

  39. 42 chiell Juli 19, 2007 pukul 3:48 pm

    Mas, pindah kontrakan yo..??
    Kq ga ngomong2 n ga ono syukuran’e…??

    Jangan2 cedhak kontrakanku lagi..??(jadi curiga…)

  40. 43 mrtajib Juli 19, 2007 pukul 7:14 pm

    Kalau tetap merasa miskin, boleh juga minjem sama aku, dan tentu saja aku bakal mengutamakan peminjam dengan jenis kelamin wanita. Buat yang cowok juga tidak masalah, sebenernya. Tapi tentunya setelah melewati beberapa birokrasi peminjaman yang sedikit rumit. Itu buku mahal soale!

    ==> halah……ini alasan cowok yang:
    1. Miskin, karena,mau beli saja mikir-mikir…
    2.Gak laku-laku, akanya memintingkan wanita…

    ha haha ha ha ha ha ha

  41. 44 irdix Juli 19, 2007 pukul 11:46 pm

    aq pinjem bole? pengen..

  42. 45 memeth Juli 20, 2007 pukul 3:26 pm

    heee….kl gt aku bole pinjam duong….kan cewe ini…
    sisan diitungke regone yo….jd biar bs cepet sounding ma temen2 trus tau sendiri karakter mahasiswa ugm -PELIT- jadi suuuuusaaaaah bener kl narikin duit.

    jangan mahal2, tak kenalke tmenku sing ayu2…..psikologi gudange cah ayu…..^^

  43. 46 m00nray Juli 24, 2007 pukul 12:59 pm

    aku iso nyilih ra joe
    /*cengar cengir inget kisah buku hacking */

  44. 47 savikovic Juli 24, 2007 pukul 5:43 pm

    dari pada ruwet nye-can atau bikin versi chm….
    mendingan tiap kamu baca di rekam wae joe, tapi mbacanya yang enak yah….
    trus file rekamannya di upload deh ke sini…. hihihi

    pahalanya gede loh… huikikikiki…..

  45. 48 manusiasuper Juli 25, 2007 pukul 10:08 am

    Scan joe, trus kirim ke email-ku…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Menyesatkan...

  • 1,033,018 manusia

Am I A Rockstar?


Anindito Baskoro "Joe" Satrianto. Mahasiswa keren yang lagi belajar jadi bajingan. Menggauli Corel, Adobe, dan Macromedia lebih banyak ketimbang PHP, MySQL, atau VB.Net. Tingkat akhir, dan sedang bingung menyusun skripsi. Waktunya dihabiskan di kantin kampus dan Lab Omah TI, serta sekretariat Himakom UGM sambil ngecengin gadis-gadisnya. Ngganteng, pinter, tapi banyak utang.

Add to Technorati Favorites

RSS E-Books Bajakan? Oho!

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Tanggalan

Juli 2007
S S R K J S M
« Jun   Agu »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Astaga! Padahal Keren…

Bundel

Penghuni Jogja Terbaik

Bali Blogger Community

Indonesian Muslim Blogger

Bloggers' Rights at EFF

KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia