Lomba Kaos detikINET

Ohohohohohoho… Apa kabar antum hari ini, wahai sodara-sodara sebangsa tanah dan sebangsa air?

Jadi begini, sodara-sodara, berikut ta’informasikan kalo aku ikutan lomba nggarap desain kaos yang diadain sama detikINET. Lumayan, hadiah pertamanya – konon – BlackBerry 8707v + Kemeja Eksklusif Detikcom.

Kemejanya memang nggak terlalu menarik buat aku. Tapi tentunya sebaliknya buat BlackBerry-nya.

Sehubungan dengan lomba-lombaan gambar kayak gini, aku jadi ingat kalo seumur hidup aku baru pernah menang lomba gambar sekali waktu jaman esempe dulu. Waktu itu aku ndilalah jadi juara 1 lomba karikatur untuk anak esempe se-Propinsi Bali yang diadain sama Universitas Udayana.

Nggak tau juga kenapa bisa jadi juara, ya? Aku sendiri juga heran. Soalnya, aslinya, aku ini cuma sebagai penggenap tim SMP Negeri 1 Denpasar aja pada saat itu. Pilihan pertama sang guru melukis esempeku waktu itu jelas jatuh pada Christian, temenku sejak jaman belum sekolah, yang memang jago nggambar itu, ditemani Yen-Yen yang adik kelasku.

Sedikit pemberitahuan, sejak kecil – sama bapak-ibuku – aku selalu dibanding-bandingin dengan si Chris yang rumahnya di depan rumahku itu. Dan celakanya, prestasiku memang selalu di bawahnya dia. Jadilah – sampai dengan sebelum aku jadi juara 1 itu – aku merasa selalu hidup di bawah bayang-bayangnya Christian .

Balik lagi ke timnas SMPN 1 Denpasar. Berhubung masih ada jatah 1 orang lagi dan guruku bingung harus memasukkan siapa ke dalam starting line-up, si Chris dengan ngawurnya langsung mengusulkan namaku yang langsung diiyakan oleh bapak guru nan sedang bingung itu. Sebenarnya kandidat lain di sekolahku waktu itu ada banyak. Pada langganan juara kalo ada lomba-lombaan gambar juga malah. Cuma memang, aliran mereka pada realis rata-ratanya. Nama-nama beken waktu itu, seperti Anak Agung Bagus Mahaputra atau I Nyoman Satya Laksana jelas bukan orang yang cocok untuk lomba karikatur. Ibaratnya Raul Gonzales atau Cristiano Ronaldo dipaksa turun sebagai bek.

Jadilah aku dipanggil ke ruang guru (dan tentu saja dengan terkaget-kaget karena aku merasa nggak bikin ulah pas waktu itu. Biasanya aku dipanggil ke ruang guru dengan iringan nyanyian “Ditto kena kasus… Ditto kena kasus…” dari anak-anak) dan didaulat sebagai starting line-up timnas SMPN 1 Denpasar. Ugh, ini pertama kalinya aku turun resmi sebagai wakil sekolah. Yang kemarin-kemarin, pas sepakbola, aku duduk tenang di bangku cadangan.

Pas lomba aku malah blank sama sekali. Blas nggak ada wahyu yang diturunkan kepadaku (tentu saja, tolol! Aku kan bukan nabi). Alhasil sampai dengan waktu lombanya tinggal 30 menit, aku masih tenang membaca Lupus dengan membiarkan kertas gambarku bersih, bahkan tanpa bekas apusan.

Barulah beberapa saat setelah menutup buku Lupus itu aku dapat ilham (sekali lagi, ini ilham. Bukan wahyu). Aku nggambar sekenanya, yang penting kelihatan ganjil dan nggak biasa. Selanjutnya aku dengan tenang menikmati jatah jajan kotakan.

Satu minggu setelahnya, namaku mejeng di koran pelajar lokal, Wiyata Mandala, sebagai kandidat juara pertama (si Chris juara 2 atau malah 3 gitu. Aku lupa). Aku sempat nggak percaya sebelumnya sampai dengan Ratna, temen sekelasku, nunjukin koran itu di mejaku. Wakakakaka, aku bersorak-sorak bangga meskipun sudah diingetin kalo yang di koran itu kan cuma kandidatnya aja, belum tentu bakal jadi juara. Tapi aku nggak peduli. Yang jelas namaku udah masuk koran. Itu sudah merupakan suatu hal yang tumben-tumbenan. Hari itu anak-anak sekelas yang cowok kutraktir jajan di kantin dengan budget Rp. 500,-/kepala. Nggak boleh lebih!

Besok Seninnya, pas selesai upacara bendera, namaku dipanggil untuk menerima penghargaan dan piala secara simbolis dari pak kepala sekolah. Aku nggak akan lupa hari itu. Aku nggak akan lupa bagaimana pandangan melongo dari guru-guru yang mungkin syok berat melihat sang anak bengal tiba-tiba mengharumkan nama sekolahnya. Bahkan pas jam pelajaran pertama, guru Bahasa Indonesiaku berkomentar sadis, “Ibu nggak habis pikir, Anindito. Biasanya kamu kan cuma bikin gara-gara aja di sekolah.”

Dan itulah satu-satunya gelarku dari bidang gambar-menggambar. Tahun-tahun setelahnya, pas esema, aku sama sekali nggak pernah jadi juara nggambar lagi. Yeah, karena aku memang nggak ikutan ekstra kurikuler melukis lagi.

Jadi, sekarang aku mohon kepada kalian buat sama-sama ngikutan lomba kaos ini. Sia-sia aja rasanya kalo aku jadi pemenang tapi tanpa perlawanan dari kalian, ohohohohohohoho…

33 Responses to “Lomba Kaos detikINET”


  1. 1 arul Juli 7, 2007 pukul 12:20 am

    keren ……. buat saya atu ye…:)

  2. 2 mR. Black Juli 7, 2007 pukul 12:27 am

    Kalau menang kemejanya buat ane aja yach!
    Kan gak terlalu menarik buat ente😉
    *wajah memelas*

  3. 3 Shelling Ford Juli 7, 2007 pukul 12:28 am

    buat detikinet, mas…
    ohohohohoho!
    nanti kalo nggak menang boleh diminta kok tapinya😉

  4. 4 Shelling Ford Juli 7, 2007 pukul 12:29 am

    mR. Black:::
    hahahahahaha…boleh2…
    tapi aku males maketinnya. ambil sendiri di rumah yo!😛

  5. 5 chiw imudz ga login Juli 7, 2007 pukul 1:31 am

    JOe…ngko le aku wis nyampe yokjo, pokoke kaose kudu wis dadi!

  6. 6 chiw imudz ga login Juli 7, 2007 pukul 1:32 am

    Eh, tokoh Ratna neng kene iki opo = Ratna ITS?

  7. 7 Shelling Ford Juli 7, 2007 pukul 1:43 am

    iki desain kaos nggo lomba kok😛
    ratna its tidak bakal sekelas. wong dia 2 tahun di bawahku, wekwek!

  8. 8 Roffi Juli 7, 2007 pukul 3:24 am

    didoain biar menang Joe!

  9. 10 Luthfi Juli 7, 2007 pukul 10:03 am

    hohohohooho
    aku gak niat ikut lomba ….
    biar kamyu menang Jo

    ingat : Menang gak kondang, yen nganti kalah ngisin-ngisini🙂

  10. 11 Shelling Ford Juli 7, 2007 pukul 10:31 am

    kompatriot saya jaman esema berhasil ta’bujuk supaya ngikut. jadi skrg persaingannya bakal sedikit seru😛

  11. 12 antobilang Juli 7, 2007 pukul 11:27 am

    aku nderek ya joe…
    nek aku menang koe tak kei kemeja wis..
    blackberry – ne nggo aku..wakakaka

  12. 13 deKing Juli 7, 2007 pukul 9:27 pm

    Wah semoga berhasil…
    Omong2 desain2 di atas mau diikutkan semua atau masih belum kamu tentukan mana “wakil” yang akan disertakan?
    Kalau boleh aku berpendapat, aku senang dengan desain yang pertama karena gambar tiga “manusia” di dalam satu lingkaran benar2 menunjukkan suatu kesatuan…suatu community.
    Kalau gambar yang kedua aku kurang menemukan adanya kesatuan karena gambar “manusia”nya dikurung pada lingkaran masing2, malahan terkesan agak individualis

  13. 14 manusiasuper Juli 8, 2007 pukul 12:48 pm

    Kaosnya buatmu, Berry-nya buatku ya joe…

  14. 15 Death Berry Inc. Juli 9, 2007 pukul 10:11 am

    Joe, formatnya pakai apa..? Buatnya pakai Photoshop atau apa…?😀

  15. 16 Sezsy Juli 9, 2007 pukul 1:26 pm

    suka yang kedua…
    lho..ga ditanya pendapat ya…

  16. 17 st. of darkness Juli 9, 2007 pukul 8:35 pm

    gak ada yang \”gelap\” bro???
    bikin yg item juga dongk!

  17. 18 venus Juli 9, 2007 pukul 8:36 pm

    selamat berjuang, joe! halah :p

  18. 20 Lily Juli 10, 2007 pukul 2:52 pm

    Kirain minta didukung, hehhehe.. ;p

    Gak ikutan ah, gak bakat gambar,
    orang gambar gunung aja pake penggaris.. ;p

  19. 21 chielicious Juli 11, 2007 pukul 3:39 pm

    elah sombongnyaaaa~… mwahhahaha gak bisa gambar nieh gue heheh..

  20. 22 Shelling Ford Juli 11, 2007 pukul 6:08 pm

    antobilang:::
    yakin? hwakakakakaka…

    deKing:::
    terimakasih atas doa dan pencerahannya

    manusiasuper:::
    oke! seperti permintaan, kaosnya buatmu, berrynya buatku

    Death Berry Inc.:::
    aku bikinnya pake corel X3

    Sezsy:::
    suka semuanya juga gpp😉

    st. of darkness:::
    kalo gelap, ntar kalo malem2 aku ga bakal tampil mencolok, dunk😛

    venus:::
    terima kasih, mbok…halah!

    Anang:::
    hah? padahal aku nggak nggambar genderuwo, lho…

    Lily:::
    didukung juga gpp kok😛

    chielicious:::
    hahahahaha…

  21. 23 dodo Juli 12, 2007 pukul 12:42 am

    wah keren mas joe….
    skalian nanya..apa sih keunggulannya X3 dibanding 12?
    saran mas joe…
    kayaknya bakalan lebih bagus dipake kal gambarnya lebih ke ata. soalnya kalo kayak gitu gambarnya pas di perut jadinya menjorok ke dalam (gak menonjol), kalo agak ke atas jadi pas dada.
    …:)

  22. 24 mbak na Juli 12, 2007 pukul 11:54 am

    mas joe, moga menang wae
    aku rung secanggih dirimu

  23. 25 mrtajib Juli 12, 2007 pukul 12:28 pm

    kaau aku mau bikinkn berapajoe bayarnya?

  24. 26 gudangku Juli 13, 2007 pukul 12:33 am

    Moga-moga kejadian wektu di SMP menjadi juwara (yang tak terduga) terulang kembali Joe..eh..Sheling Ford..kekeke..

  25. 27 Shelling Ford Juli 13, 2007 pukul 10:49 am

    dodo:::
    satu yg paling saya sukai, corel trace udah dijadiin tool langsung di corel draw x3. jadi ga perlu gontaganti windows, hehehehehe. trus sama bisa langsung motong gambar bitmap ditempat!🙂

    mbak na, gudangku:::
    amin…

    mrtajib:::
    kalo buat komersiil, bisa nego, kang. pleksibel. tapi kalo buat kegiatan sosial, biasanya saya ikhlas ga dibayar, kok

  26. 28 dodo Juli 14, 2007 pukul 5:33 am

    tengkyu mas joe…
    *coba x3 ah…*

  27. 29 ryev4 Juli 20, 2007 pukul 10:44 am

    Gimana Cara Daftarnya,N Nggambarnya Pakai Apa? Boleh JUga Kayakya Ikutan.
    Terima Kasih

  28. 30 Shelling Ford Juli 20, 2007 pukul 10:59 am

    ada link-nya tuh di tulisanku😀
    syarat2nya udah ada di situ juga

  29. 31 arya Agustus 1, 2007 pukul 3:51 pm

    buat anto sama joesatch….
    yang pengin desainnya dimenangin, harap hubungi saya… >:)
    tawaran lelang dimulai dari angka Rp. 1 jt
    huahahahahaha


  1. 1 Marilah : Saatnya Kita Bersyukur « Sebuah Perjalanan Lacak balik pada Juli 7, 2007 pukul 5:11 pm
  2. 2 Lomba Kaos DetikINET « antobilang Lacak balik pada Juli 30, 2007 pukul 3:00 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Menyesatkan...

  • 1,033,018 manusia

Am I A Rockstar?


Anindito Baskoro "Joe" Satrianto. Mahasiswa keren yang lagi belajar jadi bajingan. Menggauli Corel, Adobe, dan Macromedia lebih banyak ketimbang PHP, MySQL, atau VB.Net. Tingkat akhir, dan sedang bingung menyusun skripsi. Waktunya dihabiskan di kantin kampus dan Lab Omah TI, serta sekretariat Himakom UGM sambil ngecengin gadis-gadisnya. Ngganteng, pinter, tapi banyak utang.

Add to Technorati Favorites

RSS E-Books Bajakan? Oho!

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Tanggalan

Juli 2007
S S R K J S M
« Jun   Agu »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Astaga! Padahal Keren…

Bundel

Penghuni Jogja Terbaik

Bali Blogger Community

Indonesian Muslim Blogger

Bloggers' Rights at EFF

KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia