Sedikit Tentang Jikustik

Beberapa hari kemarin, kemarin, dan kemarinnya lagi, aku akhirnya dapat albumnya Jikustik yang baru. Bajakan? Jelas! Sejak 7 tahun yang lalu aku jarang banget beli kaset lagi. Apalagi sejak punya AMD +Barton 2500, praktis semua koleksi laguku berformat *.mp3 semua.

Alasan pertama, karena sejak di Jokja aku memang nggak punya tape-compo lagi. Ada, sih, walkman-nya temen. Tapi tentu saja walkman itu nggak seflesksibel tape compo penggunaannya. Nggak mungkin kalo misalnya aku lagi semadi di toilet dan pengen sambil dengerin lagu aku harus nenteng-nenteng walkman sambil jongkok. Nyantelinnya di mana coba?

Oke, komputerku memang ada CDROM-nya. Tapi itu juga nggak praktis, makanya aku nggak beli CD-nya Jikustik. Sangat menyita waktu kalau aku harus buka-tutup CDROM-ku, terus masukin CD dan begitu selesai kukembalikan dengan rapi ke tempat asalnya. Jadi, kesimpulannya, tentu saja lagu-lagu berformat *.mp3 lebih praktis dan efisien penyimpanannya. Toh harddisk-ku masih lumayan kapasitasnya (belum lagi kalau Kawashima dan Ozawa koleksiku kuhapus semua). Sambil mainan Corel Draw atau Adobe Photoshop, mulutku bisa komat-kamit ngikutin lagu.

Balik ke Jikustik. Kenapa aku suka Jikustik? Marilah kita runtut kronologisnya satu-persatu.

Jikustik itu band yang stabil menurutku. Albumnya nggak pernah sedemikian meledaknya, juga nggak pernah memunculkan berita yang sebegitu hebohnya (walaupun sempat dianggap sebagai alter-egonya Sheila on 7 gara-gara sama-sama dari Jokja dan masa kemunculannya yang hampir barengan). Tapi mereka konsisten bikin lagu. Sejak jaman album mereka yang pertama, aku sudah suka dengan format band ini. Lagu-lagunya easy-listening. Mainnya nggak melilit-lilit, nggak kayak Dream Theater.

Lalu pilihan liriknya. Coba, deh, diperhatikan. Lagu-lagunya Jikustik biasanya temanya selalu seputar “masalah” dengan wanita. Jarang, bahkan boleh dibilang nggak ada lirik-lirik mereka yang bercerita tentang nikmatnya pacaran. Rata-rata selalu berkisah tentang saat-saat naksir cewek, waktu lagi berantem, putus, merasa bikin dosa, atau malah kangen sama mantan pacar.

Ini yang bikin aku suka. Aku sendiri entah kenapa akhir-akhir ini selalu merindukan saat-saat seperti itu. Rasanya kompleks banget soale. Beda sama kalau lagi mesra-mesranya sama pacar. Bukannya aku nggak suka melewati hari-hari bahagia sama pacarku. Tentu saja aku nggak berharap bermasalah sama pacarku (tobat…tobaaaat… Aku kapok!). Tapi kadang-kadang aku pengen lagi merasakan saat-saat bermasalah sama cewek. Menantang soale!

Menantangnya kira-kira begini: Saat-saat bermasalah sama cewek itu, menurutku, emosi kita ada naik-turunnya. Fluktuatif. Nah, di situ itu seninya. Nggak datar kayak kalau pas nggak ada masalah. Dan, kangen itu kadang-kadang memang menyenangkan. Ngelamun membayangkan apa yang mungkin sulit kita capai. Beda rasanya dengan kalau kita nggak bermasalah. Ketika nggak bermasalah, solusinya mudah saja. Begitu kangen, keluarkan motormu dari garasi, stater, kemudian samperin cewekmu di rumah atau di kosnya.

Kangen ketika lagi bermasalah itu penuh tantangan. Kita dihadapkan pada hal-hal yang menuntut penyelesaian lebih rumit dari biasanya. Buat orang-orang yang memang menyukai tantangan, hal-hal mudah yang rutin dilakukan kadang-kadang jadi terasa membosankan.

Di sini ini lagu-lagunya Jikustik berperan besar sekali, menurutku. Ya itu tadi, karena tema lagunya. Waktu kita lagi bermasalah, biasanya kita butuh teman yang bisa mengerti masalah kita. Yang membuat kita merasa nggak sendirian menghadapi masalah. Kalau perlu, kita butuh teman-teman yang senasib dengan kita untuk kita ajak memaki dunia bersama-sama.

Lagunya Jikustik cocok banget buat menemani kita di suasana demikian. Sepertinya kita nggak sendirian menghadapi masalah, kalau dengerin lagu-lagunya dengan penghayatan yang dalam.

Misalnya aja buat yang nyesel habis nempeleng ceweknya sampai nangis, dengerin “Maaf” di album pertama. Buat yang pengen nembak tapi nggak berani maju gara-gara sudah tau kalau cewek itu gilo (bahasa Jawa: jijik) sama kita, coba dengerin “Bunga Tolong Dengarkan”. Buat yang kalah saingan dan masih pede kalau sebenarnya kita lebih baik dari cowoknya orang yang kita taksir, hohohoho, aku turut berduka-cita sambil menyarankan nyetel “Memilih Dia”. Atau, buat yang nasibnya kayak aku dulu, ditinggalin begitu aja tanpa sebab-musabab yang valid, yeah…yeah, kayaknya “Pergi Tanpa Pesan” bakal cocok.

Jadi saranku buat yang lagi patah hati atau naksir cewek tapi nggak kesampaian – pokoknya buat yang lagi merasakan hal yang kompleks dengan lawan jenis yang kita sukai, coba dengerin lagu-lagunya Jikustik. Dengerinnya sendirian aja. Lebih cocok lagi kalau kita lagi terperangkap hujan deras di rumah sendirian, ditemani sebatang Djarum Super dan kopi-susu anget. Ngelamun membayangkan hal-hal indah seandainya kita bisa berjalan bersama-sama cewek yang kita sukai, kadang-kadang bakal bikin kita senyum-senyum sendiri.

41 Responses to “Sedikit Tentang Jikustik”


  1. 1 umarfaridz April 12, 2007 pukul 3:32 pm

    wah jadi yang pertama oi!!!

    joe, paragrap terakhir parno ya…hehehehehe…

  2. 2 dwi April 12, 2007 pukul 3:42 pm

    jikustik emang bagus si…
    but still..
    SO7 is d bez!!!
    hehehe😀

  3. 3 sora9n April 12, 2007 pukul 4:05 pm

    “Dengarkanlah lagu2 Jikustik. Sangat cocok untuk Anda yang memiliki perasaan yang kompleks pada lawan jenis — entah itu perasaan cinta tak sampai, patah hati, ataupun sekadar kangen…

    Bahkan, seleb blog™ pun mengakuinya!!”😛

    *nonton TV sambil ngunyah2 popcorn*

    (eh, seleb kan Joe?:mrgreen: )

  4. 4 cK April 12, 2007 pukul 4:27 pm

    panjang amat tulisannya joe? pusing aku…
    kalo saya lagi doyan dengerin kerispatih yang mengenangmu. intronya itu kayak lagunya aerosmith yg jadi sontrek armageddon.

  5. 5 aRdho April 12, 2007 pukul 5:08 pm

    *langsung donlod lagu2nya jikustik yg disebutin diatas*

  6. 6 zam April 12, 2007 pukul 6:08 pm

    Toh harddisk-ku masih lumayan kapasitasnya (belum lagi kalau Kawashima dan Ozawa koleksiku kuhapus semua).

    Sebelum kau hapus.. COPY dab!!

  7. 7 Death Berry April 12, 2007 pukul 6:36 pm

    Wah, Ozawa…!? Minta…!

    Tapi katanya Mas suka Zaskia Mecca…

  8. 8 danasatriya April 12, 2007 pukul 10:47 pm

    kayanya jarang2 de ada cowo yang suka lagu ala so7 dan jikustik.. hmm..

  9. 9 antobilang April 13, 2007 pukul 12:16 am

    halah..sok2an suka jikustik….biar dikira cowok romantis…
    cuih..

    hati2 para wanita :
    ini baru salah satu jurus casanova joe tingkat paling dasar.
    kalau anda sudah goyah, bisa dipastikan anda akan termehek-mehek apabila dilibas joe pakai jurus pamungkasnya!

    *character assasination : accomplished*

  10. 10 deKing April 13, 2007 pukul 1:32 am

    Mendhingan lagu2nya KOESPLUS dan PANBERS, Joe😀
    Dulu aku beberapa kali ketemu personel Jikustik di Batas Studio (sekarang Alamanda Music Corner)

  11. 11 mardun April 13, 2007 pukul 3:55 am

    Kla juga bagus😛
    apalagi “terpurukku disini”, “waktu tersisa”, ama “dengan logika”

    banyak juga kok band yang tidak menceritakan saat-saat mesra🙂

    btw ozawanya bisa dishare nggak?😛 pake rapitshare atau sejenisnya gitu

  12. 12 Luthfi April 13, 2007 pukul 6:56 am

    ………………………..
    hore
    ………………………..

    *gak jelas mode On*

  13. 13 Siw Imudz April 13, 2007 pukul 11:10 am

    Yap!
    Spakat aja deh…
    eke juGa suka Jikustik kok…
    hehe5005x…we hav manything in common banget yak?

  14. 14 neri April 13, 2007 pukul 12:45 pm

    Awas lo Jo, Polisi Pamong Praja skr g cuma ngobrak sing dodol CD bajakan thok!

  15. 15 joesatch April 13, 2007 pukul 2:13 pm

    umarfaridz:::
    parno gimana, tho?🙂

    dwi:::
    hahaha, iya deh, mbak

    sora9n:::
    seleb kadang2 berkonotasi pada orang ngetop yang kerjaannya cuma bolak-balik tanda tangan surat nikah sama surat cerai. jadi jangan sebut aku seleb. sebut aku pekerja seni (artis, dab), ehehehehe…

    aRdho:::
    gimana? gimana? gimana pendapatnya?

    zam:::
    hohoho, sumonggo kerso

    Death Berry:::
    bisa merugi buta kalo aku memperistri Ozawa atau Kawashima. Jadi, setelah melalui pertimbangan yang matang, aku putuskan untuk mempersunting Zaskia Mecca😀

    danasatriya:::
    di kampusku sebenernya banyak. cuma saja mereka malu mengakuinya😛

    antobilang:::
    inilah yang kadang2 bikin aku bingung. menurut banyak orang, aku sedang merayu wanita. padahal, menurutku, yang aku omongin itu bener2 keluar dari lubuk hati yang terdalam. bukan gombalan. karena itu juga, kdg2 aku dinilai sebagai perayu wanita😉

    deKing:::
    kalo generasi2 baru kayak Newdays gitu aku juga masih sering ketemu di sana. Cuma, sejak lewat semester 5, aku dah jarang mampir ke Alamanda

    mardun:::
    dishare? ah, nanti saya dibilang sebagai pengedar pornografi. ga ah. yang pengen menikmati, silahkan langsung ngopi aja ke rumah😛

    Luthfi:::
    ngopo e? ngopo e?

    Siw Imudz:::
    ja, begitoelah kira2…

    neri:::
    tenang aja, di pintu masuk rumahku sudah ta’pasang plat nomer motor polisi yang aku dapet nyolong di kantor polisi pas aku berurusan dengan mereka. setidaknya mereka yang mau ngoprak2 bakal berpendapat kalo aku ini masih family sama para “penegak hukum kita yang tercinta” itu, kekekekeke

  16. 16 diditjogja April 13, 2007 pukul 2:23 pm

    hahaha….mayan juga neh,sekali2 gak ngobrolin yang “enggak-enggakdantidaknikmatdidengar”….

    jebule joe iso ngomong ngene ta…

  17. 17 peyek April 13, 2007 pukul 2:38 pm

    jadi ketika adrenalin terpacu, jikustik jadi cocok? he..he…

  18. 18 joesatch April 13, 2007 pukul 2:48 pm

    diditjogja:::
    sebenernya justru disinilah keahlian saya😉

    peyek:::
    tergantung adrenalin kita konteksnya ke mana, mas. kalo adrenalin kita terpacu gara2 bungee-jumping atau rafting, ya lagunya jikustik jadi nggak cocok😛

  19. 19 nee Laksana April 13, 2007 pukul 3:19 pm

    JIkustik…de bezt..deh…
    Gak cukup two thumbs up,,,more..and..more…
    aQ suka bgt ma Jikustik dari SMP dr dya baru ngeLuarin aLbum pertama..
    Lagu2nya sederhana tapi daLemmmmm…
    Mereka orangnya gak sombong ini terbukti dari waktu aQ nonton konser2 mereka…
    Sopan juga apalagi waktu nyapa penonton yg waktu itu dari orang tua mpe anak kecil…
    Aduh gk bosen deh nonton konser mereka abis mereka tuh pinter bgt improve lagu2nya…
    “Takkan pernah berhenti,,untuk seLaLu percaya..WaLau harus menunggu seribu tahun Lamanya…
    Aku masih disini untuk setia…”

    Jikustik,,i Luv u so…

  20. 20 cK April 13, 2007 pukul 4:14 pm

    aku…masih disini…untuk si tai TIA…

  21. 21 joesatch April 13, 2007 pukul 4:26 pm

    healah…
    sejauh ini saya ndak pernah punya kasus sama yang namanya Tia, kok😛

  22. 22 sora9n April 13, 2007 pukul 4:51 pm

    jadi jangan sebut aku seleb. sebut aku pekerja seni (artis, dab), ehehehehe…

    Hmm, artis blog™? Baru nih…🙄

    Death Berry:::
    bisa merugi buta kalo aku memperistri Ozawa atau Kawashima. Jadi, setelah melalui pertimbangan yang matang, aku putuskan untuk mempersunting Zaskia Mecca😀

    Antara Ozawa, Kawashima, dan Zaskia…

    …Tikachu dikemanain, Joe?😀

  23. 23 joesatch April 13, 2007 pukul 8:49 pm

    sory, bos, entah kenapa komen anda ketangkep akismet😛

    tikachu???
    setelah pertimbangan matang, memperhitungkan kans saya dengan zaskia, akhirnya saya memilih bakal memperistri tikachu…
    jadi begitulah sejarahnya, hohohoho

  24. 24 sora9n April 13, 2007 pukul 9:31 pm

    setelah pertimbangan matang, memperhitungkan kans saya dengan zaskia, akhirnya saya memilih bakal memperistri tikachu…
    jadi begitulah sejarahnya, hohohoho

    Hmm, begitu… *manggut-manggut*

    (tadinya kukira Joe bakal milih Ozawa😛 )

    Btw, komen yang lebih atas dihapus aja. Isinya kan sama + lebih lengkap di komen bawahnya, Joe…😉

  25. 25 joesatch April 13, 2007 pukul 9:50 pm

    oke. udah ta’hapus, bos!🙂

  26. 26 Amd April 13, 2007 pukul 10:49 pm

    Kalo yang saya tangkap sih, mereka dalam bikin lirik justru menghindari kata “cinta”, biasanya pakai perlambang atau apa, tapi seolah berusaha untuk tidak menyebut kata “cinta” secara langsung. Apa iya ya? Setidaknya dari 2 album awal, pas saya baca-baca liriknya sih gitu… Coba tolong dicek Joe, ada ndak mereka nyebut CINTA di dalam salah satu lirik mereka?

  27. 27 joesatch April 13, 2007 pukul 11:40 pm

    kayaknya iya ya…belum ta’cek semuanya sih.
    judul2nya ndak ada yang pake “cinta” juga

  28. 28 venus April 14, 2007 pukul 10:00 am

    aku suka album pertama, sama album yg ‘sepanjang musim’. liriknya bikin termehe2 memang. jindal tenan kok * ngikutin gaya bahasamu*

  29. 29 destiutami April 15, 2007 pukul 5:30 pm

    Hidup MLTR!Lho?!

    Hoho, Jikustik itu punya jurus aneh. Teman saya yg dulunya menghina-dinakan jikustik karna liriknya yg menggombal itu (itu loh… kutunggu sampai samudra mengering, syalalalalalala🙂 ) jadi suka setelah sebulan direcoki sama lagu ini.

  30. 30 joesatch April 16, 2007 pukul 1:17 am

    venus:::
    memang jindal. yah…saya memang trendsetter, kekekekeke

    destiutami:::
    aku juga suka mltr, terutama yang album “dimainkan di atas merica”.
    i won’t forget
    the way your kissing
    feeling so strong
    will lasting for so long



    that’s way you go
    away i know

    *hiks…*

  31. 31 Fourtynine April 16, 2007 pukul 11:21 am

    Lagu Jikustik yang sedang matching dengan keadaanku Bahagia Melihatmu Dengannya

  32. 32 joesatch April 16, 2007 pukul 11:43 am

    yang bener, ah, rid…?
    bwahahahahahaha!

  33. 33 et-qu'a April 16, 2007 pukul 1:02 pm

    dulu sih suka…tapi sekarang lagi gak suka aku ma jikustik, sebel…sebel…

  34. 34 chielicious April 16, 2007 pukul 1:19 pm

    Justru karena ga rumit saya ga suka musik indonesia ,, terutama major label heu~

  35. 35 Fourtynine April 16, 2007 pukul 7:28 pm

    Ya bener!cuma kalau pas di dalam topik Jikistik
    Kalau lagu Indonesia yang benar benar cocok mah Ada Yang Hilang darinya Ipang.
    Tapi aku teringat saranmu. The Satriantoshow Show Must Go On nya Queen!

  36. 36 ta2 April 18, 2007 pukul 1:13 pm

    wah…eamng mas joe pernah nampar cewek sendiri, mesti gara2 ra gelem setrika klambimu wakakakakak
    nek sita sing dadi pacarmu bisa2 mas di setrika
    tapi ga mungkin sita suka ma temen kakaknya
    wakakakakakak
    *keluarga doraemon*

  37. 37 chiell April 20, 2007 pukul 8:36 am

    Mas, bukannya lagu Bunga Tolong Dengarkan, itu ceritanya buat cewek yang suka ma kita tapi kitanya udah ada yang punya….??

    Ada yang bukan tentang cewek mas. Teman Seperjuangan. Wah kalo dengerin lagu itu sambil inget temen2 seperjuanganku rasanya jadi ngerasa ada di dekat mereka.

    Tp yang paling bagus tetep Tak Pantas Untukmu. Cah lanang banget. Suka sama cewek, dikejar, jadian, bosen, trus putus.

    Setia. –> Cowok bodoh yang dengerin lagu ini. Kan banyak cewek di dunia.

    Yang paling mengena tu Aku, Kau, dan Kereta. Di lirik ini,
    “Maafkan ak tuk kesekian kali
    Ku raih hatimu dan kupatahkan lagi”
    Juga
    “Dan aku tahu aku pasti merindukan
    Semua hal bodoh yang pernah kita lakukan”
    Trus
    “Kereta ini kan membawamu pergi
    dan bila kau sampe di sana
    tak pernah
    ada lagi…. kita”

    Sebenarnya masih banyak. Cuma ini kan blognya mas Joe.

    Oh ya, ak pernah seminggu berturut-turut tiap ngidupin kompue pasti nyetel lagu Jikusitk. Dan hasilnya, temen sekamarku tanpa sadar apal dengan lagu itu.

    Soal MLTR(K) ak paling suka “Take me to Your heart” Jadi lagu pas nembak orang. Sayang, bukannya ditolak, tapi karena mbidiknya ga pas, jadi meleset alias wong’e ga mudeng bahasa Inggris.

    *ga perlu tanya kenapa ak tahu banyak. ak kan pengamen.*

  38. 38 destiutami April 23, 2007 pukul 4:14 pm

    Hiaaa! (lagi) Hidup MLTR!😛

    …I’m gonna luv u ’till d end
    I’m gonna be your very true friend
    I wanna share ur ups and down
    I’m gonna be around u….

    Hiaaa! malah nyanyi..😛

  39. 39 jikustikan Oktober 7, 2007 pukul 5:02 pm

    JIKUSTIK is tHe besT Lah,Lagu keRen2,peRsoniL na raMah2,akHir taun ini aLbuM baRu na keLuar Loh………

  40. 40 Pecinta jajan September 12, 2011 pukul 12:25 pm

    Jikustik saat ini sepertinya sedang tampil dengan format yang lebih sadis lagi bro. Vokalis barunya itu lho yang suaranya bikin klepek2 banget, abis si pongkinya gitu banget sih – diganti deh ama vokalis yang lebih oke. Dan tau ga sih? Ternyata sepertinya image yang beredar bahwa jikustik itu adalah pongki adalah salah…. Lagu2 mereka yang sekarang sama indahnya tuh, berarti selama ini kita semua aja yang belum tau dapurnya mereka.

  41. 41 saya sendiri September 14, 2011 pukul 12:00 pm

    group band asal personilnya ganteng2, pasti banyak cewek2 yang suka😀


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Menyesatkan...

  • 1,033,018 manusia

Am I A Rockstar?


Anindito Baskoro "Joe" Satrianto. Mahasiswa keren yang lagi belajar jadi bajingan. Menggauli Corel, Adobe, dan Macromedia lebih banyak ketimbang PHP, MySQL, atau VB.Net. Tingkat akhir, dan sedang bingung menyusun skripsi. Waktunya dihabiskan di kantin kampus dan Lab Omah TI, serta sekretariat Himakom UGM sambil ngecengin gadis-gadisnya. Ngganteng, pinter, tapi banyak utang.

Add to Technorati Favorites

RSS E-Books Bajakan? Oho!

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Tanggalan

April 2007
S S R K J S M
« Mar   Mei »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Astaga! Padahal Keren…

Bundel

Penghuni Jogja Terbaik

Bali Blogger Community

Indonesian Muslim Blogger

Bloggers' Rights at EFF

KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia