Nagasasra VS Sabuk Inten

nagasasra.jpg

Ohohoho, berita gembira, sodara-sodara!

Aku nemu bundelnya cerita silat “Nagasasra dan Sabuk Inten” lho, karangannya S.H. Mintardja. Komplit! Dari seri pertama sampe seri terakhir! Asli!

Ada yang nggak tau Nagasasra sama Sabuk Inten? Ta’kasih tau, Nagasasra sama Sabuk Inten itu, konon, 2 batang keris pusakanya Mahesa Jenar. Kesaktiannya ta’pikir sebanding sama Golok Naga plus Pedang Langit yang membuat Thio Bu Ki berhasil jadi tokoh ngetop.

Sejujurnya aku belum pernah baca ceritanya. Tapi kata ibuku, cerita ini ngetop banget jaman dulu, selevel dengan cerita silat “Api di Bukit Menoreh”. S.H. Mintardja sendiri adalah pengarang cerita silat yang sudah senior banget. Kalo ada yang suka dengan novel serial fenomenal “Gadjah Mada” karangannya Langit Kresna Hariadi, katanya, Langit Kresna Hariadi bahkan sangat mengagumi S.H. Mintardja, juga terpengaruh dengan gaya penulisannya.

Jadinya, berhubung aku seneng “Gadjah Mada” (bukan karena aku mahasiswa Gadjah Mada!), aku jadi pengen nyoba mbaca karangannya S.H. Mintardja. Analoginya ini sama kayak dulu waktu awal-awal aku seneng sama Joe Satriani.

Pertamanya, aku suka sama Steve Vai. Tapi gara-gara Vai sendiri bilang kalo dia akan tidak akan kehilangan inspirasinya selama Satriani masih berkarya, akhirnya aku nyoba ndengerin lagunya Satriani juga (waktu itu aku masih esempe kelas 2). Dan sejak saat itulah aku jadi keranjingan Joe Satriani.

Yeah, mengidolakan apa yang diidolakan oleh idolaku.

Maka, kalo ada yang sama-sama pengen mbaca “Nagasasra dan Sabuk Inten”, berikut ta’kasih link tempat file-nya disimpen:

Bundel 1
Bundel 2
Bundel 3
Bundel 4
Bundel 5
Bundel 6
Bundel 7
Bundel 8
Bundel 9 (tamat, Bol!)

P.S. Kalo ada yang kesulitan ndonlot file-nya, gara-gara slotnya penuh, ta’saranin ndonlot Megaupload Booster di sini dulu. Setelah itu, donlotlah file-file di atas itu sepuas hati.

About these ads

77 Responses to “Nagasasra VS Sabuk Inten”


  1. 1 cK November 22, 2007 pukul 10:33 pm

    vertamaaxxx!!!

    *nikmat pertamax di blog seleb* 8)

  2. 2 cK November 22, 2007 pukul 10:34 pm

    ah..saya ndak berminat…

  3. 3 extremusmilitis November 22, 2007 pukul 11:01 pm

    Ini format-nya komik apa teks doang bro? Kalau yang teks-nya udah baca sekilas ebook-nya.

    Dan sejak saat itulah aku jadi keranjingan Joe Satriani.
    Yeah, mengidolakan apa yang diidolakan oleh idolaku.

    Oooohhhh, baru ngeh, kalau Joe Satriani itu demen ama Naga Sasra dan Sabuk Inten :roll:

  4. 4 extremusmilitis November 22, 2007 pukul 11:04 pm

    OOT: Apa sempet ya Joe Satriani-nya mbaca sambil maen gitar? :twisted:

  5. 5 almascatie November 22, 2007 pukul 11:22 pm

    wehhh dangke joe…
    ta dl lansung

  6. 6 hoek November 22, 2007 pukul 11:59 pm

    hooo…BUKU!? CERITA?! SILAT!? MHUAHUAHUAHUAHUA
    BAGOSSS!!!
    *donlod smua* :evil:

  7. 7 hoek November 23, 2007 pukul 12:04 am

    ah…fas saia coba lage, malah dibilangin slot fenuh, fadahal toolbarnya cuma isa di windows yah? di linux ndak isa? *fusing*
    ah ya, skalian hettrix!!!
    *tetef nyoba*

  8. 8 hoek November 23, 2007 pukul 12:10 am

    mas joe? saia uda masuf ke linkna, tafi kata situsna, filena uda didelet karena melanggar TOS? kenafa? kenafa?
    *kebelet mbaca*

  9. 9 Shelling Ford November 23, 2007 pukul 12:29 am

    cK:::
    seleramu memang ndak berkelas, chik :D

    extremusmilitis:::
    iya po? saya malah baru tau kalo satriani bisa bahasa indonesia :P

    almascatie:::
    sama2

    hoek:::
    lho, di sini bisa kok. udah pake megaupload boosternya?
    kalo belum, besok silakan dicoba pake windo$ :mrgreen:

  10. 10 The Sandalian November 23, 2007 pukul 1:04 am

    Coba sampeyan kasih link Kamen Rider, bakal tak bukmak di delisius deh halaman ini :P

  11. 11 Shelling Ford November 23, 2007 pukul 1:12 am

    bukannya bokep jepang? :mrgreen:

  12. 12 deKing November 23, 2007 pukul 1:41 am

    S.H. Mintardja?
    Wah jadi ingat tempo doeloe

  13. 13 Orang Indonesia November 23, 2007 pukul 1:48 am

    Wah boleh tuh Joe, ta’ donlot dulu ah.
    BTW, sakti mana dibanding keris punya Ronggolawe?

  14. 15 trojan November 23, 2007 pukul 7:25 am

    itu namanya mbajak jon.. mending buka blogku sing anyar wae jon..

  15. 17 Yee November 23, 2007 pukul 8:30 am

    Oups sori bos. Slh tempat. Tadiny mau nulis, kalo saya kurang berminat juga. He..

  16. 18 NuDe November 23, 2007 pukul 8:43 am

    Aku wis tamat ping telu Joe. Buat yang belum mbaca, bagus kok. Cerita ini pernah dimuat bersambung di Harian Kedaulatan Rakyat sekitar tahun 80-an. Pantesan aja, sampeyan belum kenal, wong saat itu sampeyan masih belum bisa pake celana sendiri, hehehe….
    deKing mungkin pernah mengalaminya (maksude, deKing jebul wis tuwek to?).
    Sinopsisnya, Mahesa Jenar alias Ronggo Tohjaya adalah prajurit Demak yang mengundurkan diri dari tugasnya karena merasa gagal menjaga dua pusaka kerajaan, keris Nogososro dan Sabukinten. Dalam pengasingannya, dia bertekat untuk menemukan dua keris itu dan menyerahkan kembali ke kesultanan Demak. Sementara, di luar, kedua keris tersebut menjadi rebutan antara berbagai golongan, baik hitam maupun putih, karena diyakini bahwa siapa yang memegang kedua pusaka tersebut, akan menguasai tlatah kesultanan Demak.
    Kalau dalam versi html, sampeyan juga bisa lihat di http://www.gajahsora.net

  17. 19 sapto November 23, 2007 pukul 9:49 am

    Lha wong yang aslinya juga masih ada ada di toko buku koq Joe,
    Sekarang dicetak ulang jadi 3 jilid @ 100rb

    Dulu udah baca dari koleksi Bapak,
    sekarang mo koleksi sdr, blm ada duit :(

    O iya, LKH juga udah ada buku baru judulnya
    “Candi Murca: Ken Arok Hantu Padang Karautan”
    Tp katanya cetakan pertama-nya banyak kekurangannnya,
    lagi nunggu cetakan kedua-nya aja

  18. 20 yudi November 23, 2007 pukul 9:50 am

    satriani ternyata fans berat PG loh. Mengidolakan idola dari idola sang idolamu si steve vai kan bole juga hi..hi…

  19. 21 Funkshit November 23, 2007 pukul 11:36 am

    sabuk inten pernah baca sekilas sekilas . ..:D
    Klo yang di Kr itu api di bukit menoreh ya ? klo itu sering baca
    Arya salaka ato whatever lah nama tokohnya .. .
    Dl nya tunggu ntar sore… nunggu Bw sepi

  20. 22 lambrtz November 23, 2007 pukul 12:22 pm

    lo itu kan bacaanku waktu smp :p

  21. 23 Shelling Ford November 23, 2007 pukul 1:33 pm

    deKing:::
    sampe skrg juga, kok :D

    Orang Indonesia:::
    kerisnya ronggolawe ndak sakti, mas. buktinya dia mati :P

    Anang:::
    monggo. ati2 di jalan

    trojan:::
    saya memang pembajak kok

    Yee:::
    hahahaha, karena belum baca atau memang ga pernah suka cerita silat?

    NuDe:::
    deking paling cuma sok tau aja, kekekeke. waktu itu dia juga belum bisa pake celana sendiri. kalo saya sih udah bisa. cuma gara2 tinggal di denpasar jadinya ya belum tau nagasasra sabuk inten, huehehehe. cuma denger kisah2nya dari ibu, tante, oom2 saya

    ei…gajahsoranya ndak kebuka e, mas

    sapto:::
    wah, kalo aku lagi kepengen senopati pamungkas. tapi ya sama, mas…ndak punya duit

    yudi:::
    HOAX!

    Funkshit:::
    yang di KR skrg? bukan. api di bukit menoreh itu juga cerita jaman dulu, kok

    lambrtz:::
    iya po? itu bacaanku skrg lho, kekekeke

  22. 24 Sawali Tuhusetya November 23, 2007 pukul 4:10 pm

    Nagasasara dan sabuk inten memang kisah yang seru. Dulu aku sering mendengarkannya lewat serial di radio. Sekitar tahun 80-am lah, hehehehe :lol:

  23. 25 sigid November 23, 2007 pukul 5:05 pm

    Apik kok itu mas :grin:
    Ada link lain mas, doc, di sini

  24. 26 edratna November 23, 2007 pukul 5:09 pm

    Mahesa Djenar adalah tokoh pujaan cewek-cewek seumurku saat itu…udah jadul banget ya.
    Sekarang dijual lagi dengan cover yang bagus, memang belinya di Yogya (titip teman), 3 (tiga) buku seharga Rp.300.000,-.
    Anak-anakku malah geli…mosok sih ada orang kok sesabar itu..maklum biasa di Betawi, yang anak sekolahnya gampang tawuran, baca tokoh Mahisa Jenar jadi rada aneh. Tapi banyak hal yang bisa diperik dari cerita tsb.

  25. 27 edratna November 23, 2007 pukul 5:09 pm

    Mahesa Djenar adalah tokoh pujaan cewek-cewek seumurku saat itu…udah jadul banget ya.
    Sekarang dijual lagi dengan cover yang bagus, memang belinya di Yogya (titip teman), 3 (tiga) buku seharga Rp.300.000,-.
    Anak-anakku malah geli…mosok sih ada orang kok sesabar itu..maklum biasa di Betawi. Tapi banyak hal yang bisa dipetik dari cerita tsb.

  26. 28 edratna November 23, 2007 pukul 5:10 pm

    Aduh sorry…pls hapus salah satu ya (yang duluan). Tks

  27. 29 benbego November 23, 2007 pukul 5:53 pm

    Mas, numpang sedot ya. Aku suka cerita silat. Klo ada yg lain bagi2 ya. Kayak kho ping ho! tengkiu! :D

  28. 30 Mihael "D.B." Ellinsworth November 23, 2007 pukul 6:07 pm

    Lho, saya jadi kepikiran kalau ada Komikus Indonesia yang bersedia untuk mencurahkan kreatifitasnya berdasarkan cerita diatas, maka akan lebih dimengerti oleh bangsa sekelas anak – anak.

    ‘Kan bagus, Nagasasra VS Sabuk Inten dengan sentuhan “Manga-ish”. :lol:

  29. 31 angga November 23, 2007 pukul 7:39 pm

    walah aku gak mudeng cerita silat..
    cuma pernah dengar nama2 nya aj.
    klo pedang nagapuspa itu gi mana joe?

  30. 32 Aday November 23, 2007 pukul 8:07 pm

    Wah, jadi inget… Dulu kan dimuat KR tiap hari secara bersambung,,
    Eh, bukan tiap hari dink, tapi seminggu sekali…
    Tiap hari selasa ato kamis gt aku lupa,,,
    Emang terkenal banget kok!!
    Tp berhubung umurku saat itu masih belum memungkinkan untuk mencerna cerita seperti itu(terlalu berat bo’) ya jadinya aku gak tau alur ceritanya…

  31. 33 savic November 23, 2007 pukul 8:55 pm

    sepertinya bakal ada postingan serupa di masa depan, tapi cerita silatnya berubah jadi JAV…. huahahahahaha…….

  32. 34 danasatriya November 24, 2007 pukul 10:48 am

    donlot
    potokopi
    jual :mrgreen:

  33. 35 mardun November 24, 2007 pukul 6:42 pm

    OOT…. kalo yang karangannya RA Kosasih ada gak Joe.. minta linknya dong :D

  34. 37 Shelling Ford November 25, 2007 pukul 9:52 pm

    Sawali Tuhusetya:::
    wah, taun segitu saya masih keranjingan gugel faiv, pak :P

    sigid:::
    terima kasih buat info tambahannya, mas :D

    edratna:::
    mas narpati belum pernah ketemu langsung ma saya, bu. kalo ketemu pasti kaget juga, kok ada orang sesabar saya, huehehehe

    benbego:::
    monggo2…

    Mihael “D.B.” Ellinsworth:::
    aku malah mbayangin kayaknya lebih cocok kalo digambar sama joe madureira yg di marvel comics itu, huehe

    angga:::
    kalo itu sih punyanya arya kamandanu :P

    Aday:::
    jadi kamu yakin dgn kemampuanmu saat ini? :mrgreen:

    savic:::
    insya allah tidak. kalo mau jav ya ngopi aja ke rumah. ndak mau dicap sebagai penyebar makrifat, aeh, maksiat :D

    danasatriya:::
    ternyata saya cukup handal juga dalam membukakan lapangan kerja buat orang lain, ternyata…

    mardun:::
    ada. di loteng rumah saya yg di denpasar. serial mahabarata komplit. cuma ya ndak ada link-nya :mrgreen:

    toim the shinigami:::
    entah kenapa tiba2 kok saya males, wekwekwek :P

  35. 38 mardun November 26, 2007 pukul 10:26 am

    yaaah…. kalo lagi nganggur banget discan aja Joe…

    hitung-hitung entar kalau bukunya udah lapuk dimakan usia kan masih bisa dibaca :D

  36. 39 Aday November 26, 2007 pukul 9:31 pm

    Wakakakakaka,,,
    Maksudnya tu bukan kemampuan yang “itu” om!!

  37. 40 vdp November 28, 2007 pukul 11:02 pm

    Mas, numpang dilink ya artikelnya:

    Terima kasih banyak ^__^

    PS: Kalau bisa sih, ada komik Indonesia lainnya gak? :D

  38. 41 vdp November 28, 2007 pukul 11:09 pm

    Mas, setelah dibaca-baca ini rupanya novel ya?
    Kalau begitu mohon maaf kalau komentar saya salah,

    kalau boleh di-delete saja :p

  39. 42 reeyo November 29, 2007 pukul 12:27 am

    apa ada yang mau berbaik hati kaya si raden ini Upload Api di Bukit Menoreh??html ato pdf….

  40. 43 yangga Februari 8, 2008 pukul 11:03 pm

    Lagi nyari api di bukit menoreh…. Kalau ada yang ngerti untuk baca komplit-plit, sangat bersyukur sekali..

  41. 44 tri April 12, 2008 pukul 9:03 am

    Boss, bundel ke-6nya mati linknya..
    mhn direupload yaa.
    makasih..

  42. 46 ananto kusumo Mei 9, 2008 pukul 1:35 pm

    komentar sampul:

    itu gambar kerisnya, nogososro dan sabuk inten adalah sepasang keris, artinya keris itu berpasangan, tapi kok ditampilkan sedang beradu?
    seharusnya seperti sampul aslinya, keris itu berdiri berdampingan.

    gambar yang demikian itu (beradu) seperti 2 keris itu sedang perang. ya nggak?

    ananto kusumo
    bandung
    (baru punya jilid 1 dan 2 dari 3)

  43. 47 joesatch yang legendaris Mei 10, 2008 pukul 2:55 pm

    wew…itu sih yg nggambar bukan saya, oom

  44. 48 anditas Juli 21, 2008 pukul 10:29 am

    ini buku bagus, aku dah baca dan dah denger sandiwara radionya waktu masih kelas 1 SMP bagus….bagus….
    daripada sekarang banyak buku bacaan tidak mendidik, spt komik2 yg dr jepang ato apalah namanya…gak ngerti..
    buku seperti ini mengajarkan sifat ksatria, membela kebenaran, kesetiaan terhadap tanah air dsb…
    terima kasih bro….

  45. 49 zulist Oktober 13, 2008 pukul 12:00 pm

    sampai saat ini masih bertanya-tanya…kenapa komikus2 indonesia tidak mengangkat cerita2 silat lokal yang tak kalah hebat..salah satunya Mahesa Jenar : Naga Sasra & Sabuk Inten atawa serial silat Wiro Sableng dengan kapak naga Geni 212 nya

  46. 50 meggi08 Desember 23, 2008 pukul 12:14 am

    hmm,,,
    mo nanya niy, kok bs dpt bendel aslinya dr mana ya?
    saia dirumah masih menyimpan lgkp karya asli eyang saia
    api di bukit menoreh juga ada
    sayang, naga sasra sabuk inten blom mpe tamat tp eyang udah
    meninggal duluan,,,

  47. 51 satus Januari 12, 2009 pukul 5:16 pm
  48. 52 Julius H Soenredi Maret 12, 2009 pukul 11:16 am

    saya sudah dl tapi kok ndak bisa kebaca ya chmnya ada apa ya?

  49. 53 batara nerodo Maret 23, 2009 pukul 9:13 am

    Aku juga sudah punya komplit 16 jilid (edisi ke-2 tahun 1980 an), kalau edisi-1 terdiri dari 32 jilid)

  50. 54 batara nerodo Maret 23, 2009 pukul 9:14 am

    Aku juga sudah punya komplit 16 jilid (edisi ke-2 tahun 1980 an), kalau edisi-1 terdiri dari 32 jilid.

  51. 55 andri Maret 26, 2009 pukul 5:49 pm

    INI SIH BACA-AN KOE WAKTU KECIL DOLOE, SERING REBUTAN AMA BABE, CERITANYA SIP, DOWNLOADNYA PUN JUGA SIP. MATUR NUWUN

  52. 56 anton April 18, 2009 pukul 12:02 am

    Wah, ceritanya emang bagus. Sejak kecil dulu aku sering baca dari koleksinya ayah. Sampai sekarang masih aku ulang ulang dibaca sampai tamat berkali kali. Malah aku sekarang coba coba buat game berdasar ceritanya. Emang buat sendiri sih ngak publikasi. Apalagi cuman pakai rpg maker. Muga muga ada lagi ya cerita begituan dari indonesia.

  53. 57 ananto kusumo Oktober 22, 2009 pukul 10:46 am

    aku cari yang ada gambar sampulnya, siapa yang masih punya ya…?
    trimakasih

  54. 58 endang maulana sari Desember 1, 2009 pukul 2:20 pm

    lbh bagus mana buku LANGIT KRESNA HARIADI atau buku beliau???

  55. 59 pak jono Februari 7, 2010 pukul 4:36 pm

    ….berdampak systemic….

  56. 60 Fajar April 25, 2010 pukul 11:00 pm

    mksih Om, ni yang gue tnggu2.thanks

  57. 61 heri agusti Mei 7, 2010 pukul 9:25 am

    koreksi : kalau yg asli sampai jilid 29 ,
    keris nagasasra dan sabuk inten bukan kepunyaan Mahesa Jenar, yg punya Sultan Pajang. Kebetulan keris tsb lagi hilang dan Mahesa Jenar sedang ikut mencarinya

  58. 62 Cah Pnrg Mei 7, 2010 pukul 4:17 pm

    Iki sing tak tunggu2. Biyen aku isih SMP nggak sempat baca,, cuma dengar2 dan sangat populer waktu itu. Matur nuwun banget

  59. 64 Mas Gonang Juni 15, 2010 pukul 12:38 am

    Ilmu terhebat Gelap ngampar sama kaya di film kungfu Hustle raging lion’s roar ojo2 sitepencow baca juga buku ini Muantab tenann…
    Lebur Saketi >>>>>>>>>> Blarrrr

  60. 65 Bram Said Agustus 14, 2011 pukul 4:30 pm

    ingin ngopi tapi file ext com. tdak tahu caranya.

  61. 66 Ir Djoko Soesianto November 10, 2011 pukul 9:35 pm

    Nogososro Sabuk Inten adalah sebuah hasil sastra yang sangat tinggi nilainya,saat itu saya membacanya masih duduk disekolah smp padahal sudah buku itu terbit beberapa thn sebelumnya. Banyak pelajaran yg bisa dipetik dari buku tersebut,tentang kekuatan lahir dan batin, kerendahan hati,sifat yg pemaaf,ketepatan dan kecepatan mengambil keputusan,ilmu kanuragan,nasionalisme,kebijaksanaan,percintaan,persahabatan,penggemblengan,yg mrpakan sifat manusia baik.Selain itu,n kelickan kejahatan,semua dipaparkan disitu.

  62. 67 Joyoyakti November 7, 2012 pukul 6:38 pm

    Kayak aku suka Deep Purple lantaran Bang Haji Oma Irama suka dan terobsesi Deep Purple.

  63. 68 free x art videos Januari 16, 2013 pukul 3:08 pm

    Thanks for sharing your thoughts on cheap mobile phones.
    Regards

  64. 69 somanabolic muscle maximizer Januari 22, 2013 pukul 4:26 pm

    great issues altogether, you just gained a
    emblem new reader. What would you suggest in regards to your publish that you simply made a few
    days in the past? Any certain? somanabolic muscle maximizer torrent

  65. 70 beachbody fitness Januari 24, 2013 pukul 3:31 pm

    It’s in point of fact a nice and helpful piece of info. I am glad that you simply shared this helpful information with us. Please stay us up to date like this. Thank you for sharing.

  66. 71 beachbody fitness Januari 24, 2013 pukul 3:37 pm

    What’s Happening i’m new to this, I stumbled upon this I have
    discovered It absolutely useful and it has helped me out loads.
    I am hoping to give a contribution & assist different
    users like its helped me. Good job.

  67. 72 viagra Februari 11, 2013 pukul 7:17 pm

    Thank you for another magnificent post. The
    place else may anybody get that kind of info in
    such a perfect method of writing? I’ve a presentation next week, and I’m on the look for such info.

  68. 73 prestataire référencement Februari 11, 2013 pukul 7:25 pm

    These are actually wonderful ideas in regarding blogging.
    You have touched some good factors here. Any way keep up wrinting.

  69. 74 développement web Februari 11, 2013 pukul 7:36 pm

    Its like you read my mind! You appear to know a lot about this, like you wrote
    the book in it or something. I think that you can
    do with a few pics to drive the message home a bit, but other than
    that, this is great blog. An excellent read.
    I’ll certainly be back.

  70. 75 link building in 2013 Maret 4, 2013 pukul 8:33 pm

    Why users still make use of to read news papers when in
    this technological globe everything is presented on web?

    link building in 2013

  71. 76 cover photos Maret 6, 2013 pukul 7:52 pm

    I was very happy to discover this page. I need to to thank you for ones time due
    to this wonderful read!! I definitely appreciated every part of it and i also have you
    book-marked to look at new stuff in your website.

  72. 77 funny gifs Maret 7, 2013 pukul 1:12 pm

    Good response in return of this query with firm arguments
    and describing the whole thing on the topic of that.


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Menyesatkan...

  • 936,616 manusia

Am I A Rockstar?


Anindito Baskoro "Joe" Satrianto. Mahasiswa keren yang lagi belajar jadi bajingan. Menggauli Corel, Adobe, dan Macromedia lebih banyak ketimbang PHP, MySQL, atau VB.Net. Tingkat akhir, dan sedang bingung menyusun skripsi. Waktunya dihabiskan di kantin kampus dan Lab Omah TI, serta sekretariat Himakom UGM sambil ngecengin gadis-gadisnya. Ngganteng, pinter, tapi banyak utang.

Add to Technorati Favorites

RSS E-Books Bajakan? Oho!

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Tanggalan

November 2007
S S R K J S M
« Okt   Des »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Astaga! Padahal Keren…

Bundel

Penghuni Jogja Terbaik

Bali Blogger Community

Indonesian Muslim Blogger

Bloggers' Rights at EFF

KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 49 pengikut lainnya.