Ketika Umat (Islam) Malas Berpikir

Halo, Pembaca yang budiman! Kita ketemu lagi di blogku yang kurang bermutu ini. Setelah tulisanku tentang kebingunganku kemarin itu, seperti biasa, orang sekontroversial aku diserang bertubi-tubi sebagai makhluk celaka yang tidak bakal mendapat ridho dari Tuhanku. Disarankan untuk segera bertobat dengan dalil-dalil dan bahasa Arab yang memang tidak kuakrabi sehari-hari. Lho, memang, sehari-hari aku cuma akrab dengan bahasa Indonesia (yang tidak baik dan benar), bahasa Jawa (versi yang mana saja. Jawa Timuran oke, ngapak nggak masalah, bahkan kromo khas Surakarta seperti tuntunan orang tuaku juga bisa), dan bahasa Bali yang kuakrabi selama 19 tahun hidupku, serta sedikit ng-English, juga pisuhan-pisuhan Japanese, Prancis, dan Spanyol yang alakadarnya cuma bisa 3 jurus.

Tulisanku ini boleh dibilang sebagai respon reflekku atas terjangan-terjangan dari mereka-mereka yang tidak rela “Islam” dinodai oleh pikiran-pikiran brutalku tentang Islam itu sendiri.

Terprovokasi? Mungkin iya, aku memang terprovokasi. Dan kalau hal itu menyebabkan orang lain berpikir kalau aku tidak dewasa, ndak masalah. Lha iya, mbok dimaklumi, aku itu masih muda, belum 17 tahun (kekeke!). Jadi yang namanya darah panas seorang anak muda masih sering meledak-ledak di dalam sini (sambil menunjuk dada, -red.). Lagian, dalam Islam nggak ada dalil-dalil yang melarang seorang anak muda pra 17 tahun untuk terprovokasi. Meskipun aku selalu kelihatan sumeh, senyum sana-senyum sini, kata siapa aku nggak bisa terprovokasi?

Tulisanku kemarin itu mendapat tanggapan tidak senang dari seseorang. Sebut saja namanya Mawar (bukan nama sebenarnya). Dia beranggapan bahwa pemahamanku yang mengedepankan akal dalam menyelami Islam adalah salah. Pandanganku tentang keyakinan bahwa Islam itu logis adalah ngawur. Katanya lagi, banyak hal-hal yang tidak logis dalam Islam yang mustahil dipahami – oleh mahasiswa dengan IPK pas-pasan seperti aku ini.

Weeeehhh… Waktu itu aku langsung membalas, kalau jangan mengukur tingkat intelegensia orang lain menggunakan parameter dirinya sendiri. Bisa saja hal yang tidak logis buat dia sebenarnya malah sangat logis buat orang lain. Siapa tau aja, kan, pikirannya memang ra nyandak tekan kono, tapi buat orang lain justru semudah makan tahu bakso. Seperti aku dan adik kelasku, Agro Rachmatullah. Agro itu jenius. IQ-nya mungkin di atas 170. Saat aku masih mbolak-mbalik text-book PHP sambil kebingungan, dia malah ngaku kalau sudah kehabisan tantangan di dunia IT. Lebih baik melanjutkan berkonsentrasi ke matematika murni aja, katanya.

Nah, kayak gitu itu contohnya. Logis atau nggak logis menurutku cuma masalah waktu. Suatu hal bertahan menjadi tidak logis kalau otak kita memang tidak bisa berpikir bahwa masalah itu sebenarnya bisa dipecahkan untuk kemudian menjadi suatu hal yang logis. Yang jadi masalah, si Mawar itu kayaknya justru tipe orang yang memilih sistem bertahan ala grendel catenaccio dalam berpikir. Satu hal yang kukhawatirkan justru sedang melanda umat Islam sekarang ini.

Mereka menerima dalil-dalil dari guru ngaji mereka secara tekstual dengan begitu saja. Malas ditelaah lebih lanjut. Sing ngono yo wis pancen kudu koyo ngono, titik! Di mana coba semangat pembelajar mereka yang sebenarnya menjadi tuntutan dalam Islam? Mana jiwa pemikir-pemikir Islam jaman dulu itu? Matematika, kedokteran, astronomi, dan macam-macam pernah mencatat nama besar para pemikir-pemikir Islam jaman dulu. Aku nggak yakin, apa umat Islam sekarang ini paham dari mana istilah algebra (aljabar, Bol!) diambil? Apa mereka juga tahu siapa penemu teori bilangan nol?

Kalau sekedar menerima dalil-dalil dari guru ngaji mereka secara buta, sampai kapanpun umat Islam cuma jadi umat pengekor. Kagak inopatip!

Dulu, siapa yang nyangka kalau teori big-bang penciptaan alam semesta yang dilukiskan Al Qur’an seperti kelopak mawar merah itu benar? Nggak ada yang berpikir ke situ, kan? Ketika ilmuwan-ilmuwan barat mengklaim hal itu benar, umat Islam cuma mengekor, “Oh, itu juga pernah disebutkan dalam Qur’an,” tanpa pernah benar-benar berpikir. Ketika teknologi-teknologi baru dan berbagai macam ilmu pengetahuan berkembang pesat, lagi-lagi yang keluar cuma omongan pecundang: “Pernah disebutkan dalam Qur’an.” Tapi siapa yang membuktikan hal itu terjadi? Umat Islam itu sendiri? Jawaaaaaabbb!!!

Itu omongan pecundang! Loser! Pengekor! Apa gini ini realita umat (yang katanya) pilihan? Iya, kalau pertanyaannya adalah umat yang terpilih untuk selalu mengekor, maka pernyataan itu sungguh sangat bernilai benar. Benar-benar membuktikan anekdot Telur Colombus.

Tau anekdot Telur Colombus nggak, wahai orang-orang yang menolak berpikir? Jangan-jangan nggak tau juga. Sini, simbah ceritakan: Christophorus Colombus, setelah menemukan benua Amerika, dicibir oleh masyarakatnya pada masa itu. “Kalau cuma sekedar menemukan benua seperti itu kami juga bisa.”

Maka, Colombus pun menantang mereka untuk sebuah ujicoba ringan. Colombus mengambil sebutir telur dan menantang mereka-mereka yang mencibirnya untuk memberdirikan telur itu. Tentu saja nggak ada yang bisa. Wong telur itu nyaris nggak ada sudut dan permukaannya yang rata, kok. Lha gimana mau diposisikan berdiri?

Mereka nyerah. Dan Colombus pun menunjukkan caranya. Prak! Bagian bawah telur itu pecah. Tapi sekarang, meskipun bagian bawahnya pecah, telur itu bisa diposisikan berdiri. Dan, bisa ditebak apa komentar para pencibir Colombus itu. “Kalau berdirinya dibuat pecah bawahnya dulu kayak gitu kami juga bisa.”

Lihat? Khas pecundang, kan? Ketika ada yang menemukan suatu hal baru, mereka ramai-ramai mengklaim mereka juga bisa. Padahal kenyataannya, apa sebelumnya ada yang berpikir ke situ?

Sama seperti pengkritikku itu. Pikiranku yang menganggap Islam itu logis dinilai ngawur. Hanya karena beberapa hal dalam Islam “belum” terbukti kebenarannya, mereka berdalih sesuatu yang tidak logis itu sekedar untuk menunjukkan kepatuhan kita pada ajaran agama. Nggak boleh mengedepankan akal dalam beragama. Pokoknya nurut aja. Ya mana bisa aku terima, wong dari awal aku sudah yakin Islam itu logis.

Mereka-mereka itu terlalu kolot. Tidak mau menelaah lebih lanjut. Nggak mau berpikir. Pokoknya kalau guru ngajinya bilang kayak gini-kayak gitu, sudah pasti guru ngaji mereka itu maha benar. Yang lain salah semua! Jadinya ya kayak gitu, cuma bisa jadi pengekor. Loser. Pecundang. Ketika ada orang yang mencoba berpikir, yang ada orang itu malah dihujat habis-habisan. Lain kali kalau guru ngaji mereka berfatwa menyuruh mereka terjun dari puncak Niagara Falls dengan janjian Surga Firdaus, mereka pasti bakal manggut-manggut untuk kemudian mati konyol.

Ini, kan, sama aja dengan peristiwa matahari-sentrisnya Galileo Galilei, yang waktu itu mati-matian dihujat pihak gereja Katolik. Pihak gereja dengan kolot tetap berpendirian paham bumi-sentris, menolak pemikiran revolusioner seorang Galileo, dan bahkan mencapnya sebagai manusia sesat. Malahan Galileo diancam akan dibakar. Tapi mereka toh juga mak klakep ketika memang terbukti bumi itu bulat dan selalu berrotasi juga berrevolusi terhadap matahari.

Dan kalau memang seorang muslim dilarang untuk berpikir seperti kata mereka, apa gunanya Sang Utusan Allah mereka berujar, “Tuntutlah ilmu walau sampai ke negeri Cina.”?

Tekstual harus ke Cina? Ah, menurut pemikiranku yang ditentang mereka, tidak juga. Cina itu kontekstual. Lagipula, mereka-mereka yang kolot itu juga bandel. Disuruh ke Cina malah nekat ke Mesir dan Timur Tengah, kekeke :D

About these ads

94 Responses to “Ketika Umat (Islam) Malas Berpikir”


  1. 1 passya Januari 8, 2007 pukul 7:45 pm

    sabar nak sabar…. sing waras ngalah wae…

    gw mau cerita dikit:
    dulu punya teman jebolan pesantren tulen… jangankan dalil2, kitab kuning yg kudu jago ‘nahwu’ aja santapan sehari2.
    suatu hari pas jum’atan (pulang bareng, berangkat gak bareng saya) gw kaget pas ngeliat gambar kaos T shirt-nya. Di bagian belakang ada gambar wajah Jesus dgn mahkota kawat duri, full color dan super gede.
    saya tanya “din..lo abis sholat di masjid?”
    dia jawab “iya..”
    “pake kaos itu??”
    “emang kenapa…” tanpa mikir apa2 tuh
    “Lo tau itu gambar siapa…”
    “gak tau…keren aja, emang ada apa sih..? daritadi juga orang pada ngeliatin gw gitu…”

    yah..begitulah, dia jago dalam Islam, sayang dia gak tau kalau penghuni semesta ini bukan hanya Islam…

    *semoga joe tambah terprovokasi….belajar lebih giat*

  2. 2 Dina Mardiana Januari 9, 2007 pukul 10:45 am

    ya mungkin memang sedikit harus berfikir logis
    Jangan hanya “nrimo” apa2 yang diberikan
    Harus difikirkan hubung kaitnya
    Nanti jadinya malah “BID’AH”
    Mengikuti ja, tanpa tahu dasarnya

    Dan aku yakin klo udah gitu
    Orang2 bakal sadar bahwa ISLAM itu
    “AGAMA YANG BENAR”
    gak ada agama yg paling BENAR selain ISLAM itu sendiri

    Oke,,,keep ur faith
    n god will answer all ur doubt

    Buat anindito lam kenal,,,
    sukses ya,,

  3. 3 joesatch Januari 9, 2007 pukul 12:09 pm

    Passya:::
    Astaga…separah itukah? :)
    Dina Mardiana:::
    Salam kenal juga, Mbak Dina

  4. 4 wadehel Januari 9, 2007 pukul 12:47 pm

    Sepertinya, ada kelompok-kelompok tertentu yang beranggapan bahwa kita tak perlu umat yang bisa berpikir, yang kita perlukan hanyalah umat yang bisa nurut!
    Tentunya agar kekuasaan mereka tetap terjaga :)

  5. 5 mee Januari 9, 2007 pukul 3:02 pm

    Sepakat dengan pernyataan bahwa Islam itu logis & ilmiah. Karena dengan itu, saya yakin bahwa saya tidak salah pilih (Islam). Sebagaimana kita diperintahkan untuk ‘melintas-langit-dengan-kekuatan’, di mana kekuatan yang dimaksud adalah dengan ilmu pengetahuan, dan tentu saja ilmu pengetahuan pastilah sesuatu yang logis dan ilmiah.
    Rasanya, kita banyak tertinggal lantaran kita terlalu fokus pada hal-hal yang seharusnya tidak-menyebabkan-perpecahan dan mungkin inilah yang membuat kita jarang berpikir untuk memenangkan kompetisi global (ekonomi, science, teknologi), bersaing dengan masyarakat dunia lainnya dan tentu saja tetap berpegang pada tali-agama.
    Kalau saja umat Islam bersatu, tidak saling menjatuhkan, dengan merangkul -bukan memukul-, dengan mendidik -bukan menghardik-, saya yakin Kejayaan Islam ada di tangan ummat.

  6. 6 winerwin Januari 9, 2007 pukul 3:20 pm

    Saya setuju dengan tulisan bung joesatch. 0rang macam apa itu yang cuma terima jadi dan “mendoktrinkan” diri sendiri kata-kata orang lain. Justru banyak pihak yang dengan susah payah ingin mendoktrin orang-orang supaya menuruti tujuannya, lihat saja iklan yang selalu di ulang-ulang; eh ada orang yang dengan suka rela mendoktrinkan dirinya.. hahahaha!

    Dan kalau memang seorang muslim dilarang untuk berpikir seperti kata mereka, apa gunanya Sang Utusan Allah mereka berujar, “Tuntutlah ilmu walau sampai ke negeri Cina.”?
    Apakah bung joesatch yakin kalau Sang Utusan Allah sendiri yang berujar demikian? Anda sudah membacanya sendiri? Saya sering dengar kalau anekdot tersebut hanyalah peribasa masyarakat Arab yang memang cukup terkenal.

  7. 7 joesatch Januari 9, 2007 pukul 5:03 pm

    wadehel:::
    bener juga. lama2 kamu kaya Jalalludin Rumi, lho, kekeke!
    mee:::
    fahmi, ya? :P
    winerwin:::
    wah, kalo memang iya cuma peribahasa, berarti saya salah. nanti saya cari literaturnya lagi, deh. mohon maaf atas ketidaknyamanan ini :)

  8. 8 Kang Adhi Januari 9, 2007 pukul 6:11 pm

    model-modelmu ini aku paling suka… . Manusia memang terbatas, tetapi kita khan gak tahu batasnya dimana? ayo eksplorasi terus sampai ketemu batasnya!

  9. 10 liem Januari 9, 2007 pukul 8:50 pm

    ISLAMIA, majalah bagus buat loe joesatch.
    K-lo loe emang serius dan sungguh2 umat Islam harus berpikir (dengan benar!).
    Salam.

  10. 11 bayuleo Januari 9, 2007 pukul 10:12 pm

    pecas ndahe …. gak usah bawa2 nama umat nanti pd ngamok lg, kebenaran itu benar bagi tiap2 pembelanya.Stay cool aja bro … & keep on rock & roll!

  11. 12 Nur Aini Rakhmawati Januari 9, 2007 pukul 10:40 pm

    apa yang dikatakan oleh orang sekalipun guru ngaji kita memang harus difikirkan.
    Bagaimana dalil naqli (AL Qur’an + Hadist) dan aqli (akal) apakah sesuai ?
    Jangan ditelan mentah2
    Bukankah Allah meminta kita untuk selalu berpikir, banyak ayat2 Al Qur’an ttg hal tersebut. Salah satunya :
    Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir. (QS. 30:21)

    Umat Islam harus berpikir kritis.
    Salut dengan kekritisannya :)
    Kekritisan untuk belajar lebih dalam ttg Islam

    Tidak ada yang salah dalam menuntut Ilmu dimanapun
    Skr saya menuntut ilmu ke china tuh :P

  12. 13 Arif Kurniawan Januari 10, 2007 pukul 2:34 am

    Sekali lagi, saya kalah cepet sama Wadehel dan Kang Adhi. Dua orang itu memang paling cepet sama masalah-masalah ‘akhirat’. Huehuehue…

    Sabar Joe, saya sajah yang sudah dianggap antek yahudi,… masih nyantai. Huehuehue… Selama masih jauh dari FPI dan konco-konconya, santai saja. Dan walaupun juga sudah dekat, santai saja… toh jauh dekat sama saja.

    Kadang dalil dipakai untuk mendukung logika… tapi lebih banyak, dalil memang dipakai ketika udah kepepet.

    Kalau di dunia nyata RI kurang didukung… maka sebaiknya kebebasan berfikir dan berpendapat sebaiknya memang kita mulai di dunia Blog. Ayo Joe, sebarkan kebebasan berfikir dan berpendapatmu!

  13. 14 Ikhsan Januari 10, 2007 pukul 6:37 am

    Assalamualaikum Warahmatullohi Wabaraktuh
    semoga saja kita menjadi umatnya yang selalu menggali Ilmu dan mengamalkannya. Dalami Ilmu dan amal Islam secara ilmiah, mungkin hanya itu salah satu cara agar kita bisa menerapkan islam dengan seoptimal mungkin. Yang jelas, umat Islam harus Giat Mencari Ilmu Agama, Giat Beramal, Giat Bekerja.
    Wassalamualaikum Warahmatullohi Wabaraktuh

  14. 15 m00nray Januari 10, 2007 pukul 11:03 am

    HAHAHAHAHAHAHAHA, komentar nya si joe diblog nya antosalafy di busak. HAHAHAHAHAHA, aku juga sempet ngirim komentar, tapi masih awaiting for moderation, kita lihat apakah mereka menghargai perbedaan. OTRE… saya pengen lihat reaksi joe di situs itu
    koe owah ora joe??

  15. 16 priandoyo Januari 10, 2007 pukul 12:15 pm

    Repot juga jo, soalnya kita ini hidup di dunia bukan milik kita sendiri, bukan jadi diri sendiri, tapi milik lingkungan dan masyarakat. Pemahaman seseorang gampang berubah, hingga 180′ dan taklid buta disebabkan oleh lingkungannya.

    Tapi kalau mau praktis jo, mikir dapur biar ngebul aja mumet opo meneh mikir konsep2 reliji tingkat tinggi gini :D

    pancen males eh :P

  16. 17 joesatch Januari 10, 2007 pukul 12:43 pm

    Kang Adhi:::
    Maturnuwun, Kang. Tapi cuma sekedar suka aja, kan? Saya bukan homo soale, kekekeke

    dalamhati:::
    Salam kenal juga :)

    bayuleo:::
    kadang2 saya berpikir, apa memang saya lebih baik pegang gitar lagi, ya? :P

    Nur Aini Rakhmawati:::
    bagus mbak, berarti mbak bener2 menerapkan sunah nabi seperti yang diharapkan “mereka”, wakwakwak…
    Salam buat Cina, ya :D

    Arif Kurniawan:::
    Ada yang mendukung…jadinya saya bisa menunda untuk kembali memegang gitar, kekeke! makasih banyak, mas arif

    Ikhsan:::
    Terima kasih atas atensinya…Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh.

    m00nray:::
    Iyo po? Wahahaha, jelas. Lha wong pemikiranku pasti ditengarai bisa menggoyahkan keimanan mereka, Nan…kekeke!

    priandoyo:::
    mas, enakan balik megang gitar atau ngeblog terus, ya? wuehehehe!

  17. 18 m00nray Januari 10, 2007 pukul 1:33 pm

    saya juga urun komentar di antosalafy[dot]wordpress[dot]com/about/#comment-66

  18. 19 manusiasuper Januari 10, 2007 pukul 4:08 pm

    ngamuuk… ngamuk..
    bajingan ngamuk…
    yang masih menolak pake nalar, kabuuur….

  19. 20 zfath Januari 10, 2007 pukul 8:07 pm

    ISLAMIA, majalah bagus buat lo2 pada yg serius & sungguh2 menginginkan umat Islam berpikir (dengan benar!).

    Salam.
    *mudah2an komen ini gak dihapus (lagi?)*

  20. 21 sederhanasaja Januari 11, 2007 pukul 11:02 am

    kalau nggak tahu ilmunya nggak usah banyak omong. sederhana toh, aman, nyaman, dan selamat.

  21. 22 joesatch Januari 11, 2007 pukul 12:23 pm

    manusiasuper:::
    saya ngamuknya elegan lho. mengedepankan kecerdasan intelektual, kakakakakakaka!
    zfath:::
    saya nggak pernah mengahpus komen lho. nggak kayak….ah, nggak jadi aja deh, kekeke. emang sebelumnya udah pernah komen di sini (terus kehapus)?
    sederhanasaja:::
    sederhana bukan berarti nggak boleh berpikir kritis, tho? bukan berarti nggak boleh mempelajari hal2 baru yang blm diketahui, tho? kalo saya udah tau, buat apa saya belajar? mending belajar yang lain :D
    wah, mas, jgn pernah mau seumur hidup cuma jadi “user”. sekali2 jadilah “inopator” :P kalo semua orang cuma nyari aman dan selamat gara2 takut kesetrum, lampu nggak bakal pernah ditemukan, kekekekekekeke!

  22. 23 joesatch Januari 11, 2007 pukul 1:12 pm

    lah joe, komenku dihapus ta??

  23. 24 joesatch Januari 12, 2007 pukul 12:02 am

    permohonan maap! komen2 yang kehapus selama ini ternyata ketangkap akismet! maaf atas ketidaknyamanan ini. sekali lagi, komen apapun akan saya terima, baik berupa hujatan maupun dukungan. semoga kebaikan antum-antum semua dibalas oleh Allah SWT (Tuhan-nya saya, lho)

  24. 25 zfath Januari 12, 2007 pukul 10:26 pm

    Ok, joe.
    eniwei, dah pernah sering baca ISLAMIA ya?
    Kekhawatiran t’besarku ketika berpendapat ialah kurangnya ilmu. tapi, krn sdh masuk Di Era Globalisasi™ kuyakin banyak sumber ilmu yg mudah digali (akses lebih mudah). konon rusaknya ilmu jauh lebih berbahaya daripada maksiat lho.
    ctt: Sebagai Umat Islam&trade, sudah terlanjur banyak yg menyepelekan ilmu keislaman, hingga dg bangganya mudah berkata “awam”.
    Udah ah, aq bukan ahli taushiyah.
    Salam.

  25. 26 joesatch Januari 13, 2007 pukul 12:42 am

    belum tuh…sayang sekali aku belum pernah baca. ada versi online-nya nggak?

  26. 27 zfath Januari 13, 2007 pukul 3:00 pm

    Ctrl+T
    Tab
    islamia
    horeee…
    ketemu tuh di tampilan teratas
    http://www.insistnet.com
    — Syukron Mbah Google.

  27. 28 pramur Januari 14, 2007 pukul 7:51 am

    Numpang nimbrung nih Mas…
    Wuih, tulisannya keren banget! Tenang Mas, kata guru ngaji saya (tenang saja, ini juga ada di buku-buku agama waktu SD dan kitab agama kita, kayaknya) Islam akan jaya sekali lagi, baru setelah itu kiamat.

    Mungkin kita sama Mas, dalam hal kecewa dengan orang-orang busuk sok alim yang mengekor tanpa kelogisan, tapi cenderung lebih ngetop dari kita (ga juga ding)

    Seperti yang Anda bilang, dendam kadang2 bikin semangat. Bagaimana kalo kita geng-beng aja noh Boss??

    “Katanya, tindak kriminal yang sempurna adalah menikam orang dengan sebilah es tajam. Bukti kejahatan mencair hilang secara alami…
    Lakukan dengan cepat dan tanpa jejak, mungkin elo bisa selamat dan mendapat imbalan yang setimpal. Ada beberapa perampokan yang ga bisa elo lakukan sendirian, elo butuh bantuan teman2 se-geng elo.”
    (thecrims)

    Tenang Mas, saya akan selalu mendukung Anda, supaya tetap terus berada di atas panggung (eh, ini taklid buta juga ga ya?)

  28. 29 joesatch Januari 15, 2007 pukul 4:48 pm

    takild buta, mur! jelas! bid’ah! kakakakaka!
    masih main thecrims juga? anjrit, elo memang tob!

  29. 30 aRdho Januari 16, 2007 pukul 5:40 am

    ahahaha… bener bangeett!! umat Islam skrg cuman bisa ngebanggain apa isi alQuran setelah orang lain yg ngebuktiin.. dan terus, BANGGA! ampun deh..

    umat Islam yg skrg justru cuman ngerusak nama Islam doank.. udah kayak kebo dicucuk idungnya sama pemimpin agamanya.. duh.. :(

    saya yakin yg kayak kebo itu cuman minoritas.. tp kelakuan minor itu lebih tereksplor ke dunia luar.. ke awam.. yang akhirnya menjatuhkan stereotip Islam..

    gile, gw jg jadi emosi.. hehe..maap ya.. salam kenal.. :D

  30. 31 joesatch Januari 16, 2007 pukul 4:28 pm

    emosi? ndak papa kok. aku waktu nulis ini juga lagi dlm keadaan agak emosi, hehehehe

  31. 33 mrtajib Januari 16, 2007 pukul 7:12 pm

    “Sebenarnya” bukan malas berfikir mas, tetapi karena dikondisikan untuk tidak bisa berfikir. Coba lacak dalam sejarah Islam, pengkondisian untuk tidak berfikir sudah begitu lamanya…

    Dan sampai kini…ummmat masih terkondisikan. Ada yang melawan dengan pengkondisian itu, ada yang keenakan dengan pengkondisian itu (dan tidak berbuat apa-apa), dan, inilah yang repot, ada banyak yang malah melanggengkan pengkondisian itu…karena memang secara ekonomi dan politik diuntungkan.

  32. 34 anakkalisekarang Januari 18, 2007 pukul 12:19 am

    Hehehe..kowe ta’tinggal minggat neng Dubai sedilit tambah pinter yo joe..Hehehe :P

    salut lah..tetep yakinlah dengan Islam itu,marilah kita exploR ‘keajaiban2′-nya

    “Allah cahaya langit dan bumi. Perumpamaan cahaya Allah, adalah seperti sebuah lubang yang tak tembus, yang di dalamnya ada pelita besar. Pelita itu di dalam kaca (dan) kaca itu seakan-akan bintang (yang bercahaya) seperti mutiara, yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang berkahnya, (yaitu) pohon zaitun yang tumbuh tidak di sebelah timur (sesuatu) dan tidak pula di sebelah barat(nya), yang minyaknya (saja) hampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api.

    Cahaya di atas cahaya

    Allah membimbing kepada cahaya-Nya siapa yang dia kehendaki, dan Allah memperbuat perumpamaan-perumpamaan bagi manusia ,
    dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.

  33. 35 joesatch Januari 18, 2007 pukul 10:21 am

    hehehehe…
    kekekeke…
    aku kemarin2 kelihatan sedikit mabuk gara2 kebanyakan bergaul sama andi kicrut :P
    Allah membuat perumpamaan-perumpamaan…nah aku setuju, tuh. karena itulah aku pikir alqur’an nggak bisa kita pahami secara tekstual saja. butuh pemikiran-pemikiran mendalam.
    karena kita, anak muda, ditugasi untuk memberantas generasi tua yang mengacau! hehehe

  34. 36 de King Januari 19, 2007 pukul 5:58 am

    sorry gua ikutan nimbrung nih…
    salam kenal nama gua de King (dekil+the king hehehe)..
    Dalam hal pandangan ttg agama…aku sama dengan elu joe…aku seneng dengan logical approach…
    Tapi itu bukan berarti aku menolak áksioma-aksioma’ (dan mungkin juga dogma) dalam agama…memang ADA hal-hal yg tdk bisa dijelakan secara logika tapi BANYAK hal2 yg bs didekati dengan logika…
    contoh gampang ttg diharamkannya daging babi…selain alasan ‘non-logis’ menurutku ttp ada alasan logis di balik itu..yaitu cacing pita…
    Itu hanya salah satu contoh sederhana saja…
    Aku juga SANGAT SETUJU kalo sebenarnya AGAMAku (kita) TERCINTA…ISLAM…selalu mengajak kita utk berpikir….
    Contohnya Teori Penciptaan Alam Semesta….BIG BANG THEORY…
    sebenarnya tuch ‘teori’ dah ada d Al Qurán sblm para scientist nyetusin tuh teori…(Surat Al-Anbiya ayat 30)..
    lalu ada banyak lagi…misal ttg ekspansi alam semesta…semua itu sdh ada dlm Al Qurán…

    Jadi ISLAM bener2 mengajak kita utk berpikir…
    So masalahnya adalah maukah kita berpikir???(jangan tanya ttg aku lho…aku ini rada2 males berpikir hehee)…

    Joe..sorry kalo comment-ku terlalu panjang….
    jadi kayak artikel aja ya hehehe…

    PEACE BRO…HIDUP ISLAM … HIDUP LOGIKA

    (sorry kalau ada yg tdk berkenan dengan tulisanku ini, terutama yang beda keyakinan denganku…MAAF…aku tdk bermaksud apa2 kok…)

  35. 37 de King Januari 19, 2007 pukul 6:10 am

    quote “ahahaha… bener bangeett!! umat Islam skrg cuman bisa ngebanggain apa isi alQuran setelah orang lain yg ngebuktiin.. dan terus, BANGGA! ampun deh.. “…mungkin kata aRdho bener kl aku trrlalu bangga stlh isi Al Qurán ada yg ngbuktiin…tp semoga rasa bangga ini bisa menjadi titik tolak…utk memotivasi keinginan dan kemauan utk berpikir (at least for me myself)…
    Jujur aja aku bagi aku yg tdk prnh MENG(k)AJI Al Qurán…fakta2 ttg science and knowledge behind Qurán membuatku jd ingin MENG(k)AJI Al Qur’an (i hope i can do it)…lagian utk seorang manuia biasa seperti aku tentu saja butuh waktu yang sangat lama untuk menemukan hal2 di balik ayat2 Al Qur’an bahkan mungkin sampai aku mati aku tdk bs menemukan apa2…
    Tapi sekarang menurutku yang penting adalah SEMANGAT….kita ngomongin proses saja dulu lah..masalah produk itu hanyalah akibat dari suatu sebab yang bernama proses..usaha..struggle..

  36. 38 de King Januari 19, 2007 pukul 6:19 am

    heran…aku kok jd eager bgt utk nyambung komentar nih…
    Aku jg gemas (terutama terhadap diriku sendiri) yg g mau mengkaji agama…
    lucunya kita sering pk istilah mengaji … pdhl sbenarnya yg dilakukan adl hanya membaca…
    jangankan memahami maknanya…mengerti artinya saja gua g bisa…
    Tp jujur aku pengen mengaji agamaku…mungkin dgn caraku sendiri dan smg caraku ini tdk salah…
    Joe…aku jg punya teman kayak ‘Mawar’mu itu…dia cuman ngomong theory doank sampai capek deh ngomong sm dia krn dia hanya ‘hafalan’ dalil n hadits doank…
    bagi teman2 yg pernah nonton film dokumenter PRIVATE UNIVERSE mungkin akan terhenyak dan tergugah…utk lebih mengkaji hal2 yg ada d dunia (ini general lho)…jangan cuma tekstualnya saja (sorry pk kata2 lu Joe)…
    BTW ada yang mau cerita ttg kajian Al Qurán g?Aku pgn belajar nih…

  37. 39 joesatch Januari 19, 2007 pukul 4:15 pm

    Terima kasih…
    Terima kasih atas komentarnya :)
    Salam kenal juga, Mas Radja :P

  38. 40 de King Januari 20, 2007 pukul 5:31 pm

    hei Joe jangan panggil Radja dunk..entar dikira Ian Kasela lg..
    lagian aku itu hanyalah raja dari kedekilan…
    dan juga deKing of the ceking :D

  39. 41 lawrance Januari 24, 2007 pukul 11:35 pm

    gw setuju sama sekali dengan Anda! walaupun gw kristen, gw sangat setuju sebuah perubahan mendasar dalam pemahaman banyak agama sekarang ini…

    haha ga jaman kan tesktualisme masih dipertahankan…

    *gw merasa sebuah semangat protestanisme islam harus mulai dimunculkan…

    salut..

  40. 42 Dato' Sri Hafizul bin Hassan Februari 23, 2007 pukul 10:02 pm

    ADA-ADA SAJA
    ____________

    ADA AKAL FIKIR

    ADA BIJAK KAYA

    ADA BUDI BAHAGIA

    ADA KELUARGA SEJAHTERA

    ADA SAHABAT BERLUMBA-LUMBA

    ADA KEKASIH BERMANJA

    ADA HARTA MERDEKA

    ADA ILMU BERGUNA

    ADA MUSUH BAHAYA

    ADA IMAN NIKMATNYA

    ADA VISI BERJAYA

    ADA GURU BERTUAHNYA

    ADA MUAFAKAT ITU SEBAIKNYA

    ADA AMAL BAIK SENTOSA

    ADA USAHA BERKATNYA

    ADA KEINSAFAN ALANGKAH BAGUSNYA

    ADA KEGAGALAN JANGANLAH LEKA

    ADA GURAUAN HARUS WASPADA

    ADA KITA PERBAIKKANNYA

    ADA-ADA SAJA

    NUKILAN MURNI : SAUDARA HAFIZUL BIN HASSAN

    ALAMAT : 957, JALAN BESAR 16200 TUMPAT, KELANTAN.

    NO H/P : 016-9614924
    EMAIL : hafizul1@oum.edu.my & hafizul1@yahoo.com

  41. 43 Dato' Sri Hafizul bin Hassan Februari 23, 2007 pukul 10:05 pm

    PETIKAN KATA-KATA HIKMAT

    1. BELAJARLAH HIDUP SUSAH DARI SEKARANG SUPAYA TIDAK SUSAH DI MASA HADAPAN.

    2. SESUNGGUHNYA SENYUM ITU PENAWAR DUKA.

    3. BERFIKIR MERUPAKAN PERINTIS KEPADA KEJAYAAN.

    4. AKAL DAN BUDI YANG BAIK ADALAH KEKAYAAN PALING BERHARGA.

    5. HARI SEMALAM YANG INDAH MERUPAKAN KEBAHAGIAAN HIDUP PADA HARI ESOKNYA.

    6. SAHABAT YANG BAIK MERUPAKAN SEPERTIGA DARI KEHIDUPAN KITA.

    7. HIDUP TANPA ILMU IBARAT KAPAL TIADA NAKHODA.

    8. RAMAI ORANG PERCAYA DUIT ITU KUNCI KEBAHAGIAAN TETAPI RAMAI ORANG LUPA DUIT ITU PUNCA SENGKETA.

    9. KELUARGA YANG BAHAGIA DIIBARATKAN SEBUAH PULAU YANG DIPENUHI MUTIARA.

    10. SESUNGGUHNYA GURU MERUPAKAN SEBAHAGIAN DARI KELUARGA KITA.

    11. MENGEMBARALAH DAN CARILAH GURU YANG DAPAT MEMULIAKAN HIDUP KITA.

    12. BERFIKIR TENTANG KEJADIAN PENCIPTA DAPAT MENJERNIHKAN JIWA.

    13. HARI SEMALAM TIDAK DAPAT DIGANTI DENGAN HARI INI, TETAPI HARI ESOK DAPAT MENGUBAH HARI SEMALAM.

    14. KEBAIKAN DAN KEIKHLASAN YANG SEBENARNYA ADALAH BUKAN UNTUK DITUNJUK-TUNJUK, TETAPI UNTUK DINIKMATI.

    15. KEJAYAAN TIDAK DATANG KALAU TIDAK DICARI.

    SUMBER ILHAM : EN. HAFIZUL BIN HASSAN.(akta hak cipta terpelihara).

    1. NAMA : HAFIZUL BIN HASSAN

    2. NO. KAD PENGENALAN : 750422-03-5629

    3. NO. AKAUN BANK SIMPANAN NASIONAL GIRO : 03104-29-88432460-4

    4. NO.AKAUN MAYBANK : 153010374427

    5. NOMBOR AKAUN BANK PERTANIAN MALAYSIA : 2-659-012961-7

    6. NO. AHLI AMANAH SAHAM BUMIPUTERA : 125315935

    7. NO. AKAUN LEMBAGA TABUNG HAJI : 05666670

  42. 45 Dato' Sri Hafizul bin Hassan Februari 23, 2007 pukul 10:10 pm

    Kalkulus Pembezaan
    ——————
    SOALAN 1

    Fungsi f (x) = 128
    x2-16

    x 3.9 3.99 3.999 3.9999 3.99999 3.999999
    128
    x2-16 -162.
    0253 -1602.
    0025 -16002.
    00025 -160
    002 -1,600,
    000 -16,000,
    000
    a) i. had f (x)
    x 4-

    had f (x) = – ∞
    x 4-

    x 4.01 4.001 4.0001 4.00001 4.000001 4.0000001
    128
    x2-16 1598.
    0025 15998.
    00025 159,
    998 1,600,
    000 16,000,
    000. 160,000,
    000.
    ii. had f (x)
    x 4+

    had f (x) = + ∞
    x 4+

    iii. Oleh kerana had f (x) had f (x) , maka had f (x) tidak wujud.
    x 4- x 4+ x 4

    had f (x) = ∞
    x 4

    x -4.01 -4.001 -4.0001 -4.00001 -4.000001 -4.0000001
    128
    x2-16 1598.
    0025 15998.
    00025 159,
    998 1,600,
    000 16,000,
    000. 160,000,
    000.
    iv. had f(x)
    x -4-

    had f (x) = + ∞
    x -4-

    x -3.9 -3.99 -3.999 -3.9999 -3.99999 -3.999999
    128
    x2-16 -162.
    0253 -1602.
    0025 -16002.
    00025 -160
    002 -1,600,
    000 -16,000,
    000

    v. had f(x)
    x -4+

    had f (x) = – ∞
    x -4+

    vi. Oleh kerana had f(x) had f(x) , maka had f(x) tidak wujud.
    x -4- x -4+ x -4

    had f (x) = ∞
    x -4

    b) f(x) = 128
    x2-16

    i ) jika x = 4

    128
    42-16

    128
    16-16

    = 128
    0

    =

    = tidak tertakrif.

    ii) jika x = -4

    128
    -42-16

    128
    16-16

    128
    0

    =

    = tidak tertakrif.

    iii) jika x = 0

    128
    02-16

    = 128
    0-16

    = 128
    -16

    = -8

    = tertakrif.

    c) Di x = 4 dan x = -4, fungsi tersebut adalah tidak tertakrif kerana di x = 4 dan x = -4
    akan memberikan nilai 128 = . Maka fungsi tidak tertakrif.
    0

    d) Pada pendapat saya boleh kerana di x = 0 akan menghasilkan nilai f (x) = -8.

    e) Asimptot-asimptotnya ialah :

    x2 – 16 = 0

    ( x + 4 ) ( x – 4 ) = 0

    x = -4 @ x = 4

    Jadi asimptot-asimptotnya ialah pada garis x = 4 dan x = -4.

    f) Fungsi akan selanjar bila penyebut bukan kosong. Fungsi tidak selanjar bila x = 4
    dan x = -4. Jadi selang-selang untuk fungsi tersebut selanjar ialah :

    i. ( -∞ , -4 ) untuk x 4

    iii. ( -4 , 4 ) untuk -4

  43. 46 Dato' Sri Hafizul bin Hassan Februari 23, 2007 pukul 10:13 pm

    Pengenalan Analisis Data
    ————————

    SOALAN 1

    Langkah – langkah Pengiraan :

    Min A = 3,700 + 2,900 + 4,100 + 4,900 + 4,900 + 5,300 +2,200 +3,700 + 4,800 +3,000
    10

    = 3950

    Min B = 3,300 + 2,100+ 2,600+ 2,100+ 3,600+ 2,700+ 4,500+ 2,400
    8

    = 2912.50

    Min C = 2,900+ 4,300+ 5,200+ 3,300+ 3,600+ 3,300+ 3,700+ 2,400+ 4,400+
    3,300+4,400+3,200_______________________________________
    12

    = 3666.67

    x … = 3,700 +3,300 +2,900 + 2,900+ 2,100+ 4,300+4,100+ 2,600+ 5,200+4,900+ 2,100+3,300+4,900+ 3,600+ 3,600+5,300+ 2,700+ 3,300+2,200+ 4,500+ 3,700+
    +3,700+ 2,400+ 2,400+4,800+ 4,400+3,000+ 3,300+4,400+3,200____________
    30

    = 3560

    HTKDP = 2

    = 10 ( 3950 – 3560 )2 + 8 ( 2912.50 – 3560 )2

    + 12 ( 3666.67 – 3560 )2

    = 1,521,000 + 3,354,050 + 136,541.8668

    = 5,011,591.867

    Varians A = 1,062,777.778

    Varians B = 695,535.7143

    Varians C = 604,242.4242

    HTKDR = sj2

    = 9 ( 1,062,777.778 ) + 7 ( 695,535.7143 ) + 11 ( 604,242.4242 ).

    = 9278.19 + 4,868,750 + 6,646,666.666.

    = 21,080,416.67.

    Darjah kebebasan =

    k – 1 = 3 – 1 = 2
    N – k = 30 – 3 = 27

    MKDP = HTKDP
    k – 1

    = 5,011,591.867
    2

    = 2,505,795.934

    MKDR = HTKDR
    N – k

    = 21,080,416.67
    27

    = 780,756.1729

    Nilai F = MKDP
    MKDR

    = 2,505,795.934
    780,756.1729

    = 3.2094

    Satu jadual ANAVA satu hala yang lengkap ialah :

    Punca
    Hasil Tambah Kuasa Dua Darjah Kebebasan Min Kuasa Dua Nilai F
    Di antara Perlakuan 5,011,591.867 2 2,505,795.934 3.2094
    Dalam Perlakuan 21,080,416.67 27 780,756.1729
    Jumlah
    26,092,008.54 29 3,286,552.107

    b ) Jawapan :

    Faktor yang terlibat adalah pegawai pemasaran.
    Aras faktor ialah 3 orang pegawai pemasaran yang dipunyai oleh sebuah syarikat
    Jualan langsung.

    Langkah 1 : Tentukan hipotesis nol dan alternatif.

    H0 : µ1 = µ2 = µ3 ( tiada perbezaan min 3 aras faktor )
    H1 : tidak semua populasi mempunyai min yang sama.

    Langkah 2 : Pilih aras keertian

    Aras keertian ditetapkan, iaitu α = 0.05

    Langkah 3 : Tentukan rantau penolakan

    1. Darjah kebebasan bagi perlakuan, v1 = k – 1 = 3 – 1 = 2.
    2. Darjah kebebasan bagi ralat, v2 = N – k = 30 – 3 = 27.

    Tentukan nilai titik genting, iaitu F2,27,0.05 = 3.354 ( diperolehi daripada jadual taburan F ). Tolak H0 apabila F > 3.354

    Langkah 4 : Hitung statistik ujian

    F = MKDP = HTKDP / k – 1 = 5,011,591.867 / 2 = 3.2094
    MKDR HTKDR / N – k 21,080,416.67 / 27

    Langkah 5 : Keputusan ujian statistik

    Oleh kerana nilai statistik ujian, F = 3.2094 0.6 maka model adalah bagus atau sesuai.
    ( 0 ≤ R2 ≤ 1 )

    Daripada maklumat di atas diperolehi :
    = 0 + 1×1 + 2×2 + 3×3 + 4×4
    R2 = 0.694077.
    Ini bermaksud 69.40 % daripada variasi dalam y diterangkan oleh x1, x2, x3, dan x4 manakala 30.60 % daripada variasi dalam y diterangkan oleh faktor. Oleh kerana nilai R2 iaitu 0.694077 > 0.6 maka model di atas adalah bagus atau sesuai.

    d ) Uji kesahan ( kesignifikan ) model ini :
    Langkah 1
    Hipotesis dalam pengujian ini ialah :
    H0 : 1 = 2 = 3 = 4 = 0.
    H1 : sekurang-kurangnya satu tidak sifar.

    Langkah 2
    Jika kebarangkalian F 0.05, maka H0 diterima pada
    aras keertian 5 %.

    Langkah 5
    Kesimpulan :
    Ini bermaksud, secara signifikan parameter regresi 0, 1, 2, 3, 4
    khususnya dua yang akhir adalah sifar. Seterusnya pekali penentuan R2 adalah
    sifar secara signifikan. Ini menunjukkan tidak wujud hubungan yang
    signifikan pada aras keertian 5 % di antara kesan kuasa, tenaga, suhu, dan
    masa terhadap kekuatan sesuatu bahan dalam ujikaji tersebut.

    e) Kebagusan model :

     Jila R² = 0.69, didapati nilai ini adalah lebih besar, bermaksud model
    Regresi dapat menerangkan dengan lebih baik variasi dalam Y Sebanyak
    (R² 100)%. Jika nilai ini kecil, model regresi ini kurang bagus.
     Plot reja adalah rawak di sekitar garis ufuk, dan plot normal hampir
    Menepati garis lurus, dapat menentukan tentang kebagusan model
    regresi ini.

    a) Reja adalah rawak di sekitar garis ufuk.

    ]

    b) Reja adalah rawak di sekitar garis ufuk.

    c) Reja adalah rawak di sekitar garis ufuk.

    d ) Tidak semua titik berada pada garis lurus, malah hanya kira-kira 69% anadaian kenormalan dapat dipenuhi oleh model regresi tersebut.

    e ) Reja adalah rawak di sekitar garis ufuk.

    1. NAMA : HAFIZUL BIN HASSAN

    2. NO. KAD PENGENALAN : 750422-03-5629

    3. NO. AKAUN BANK SIMPANAN NASIONAL GIRO : 03104-29-88432460-4

    4. NO.AKAUN MAYBANK : 153010374427

    5. NOMBOR AKAUN BANK PERTANIAN MALAYSIA : 2-659-012961-7

    6. NO. AHLI AMANAH SAHAM BUMIPUTERA : 125315935

    7. NO. AKAUN LEMBAGA TABUNG HAJI : 05666670

    P/s : Semoga hidup kita semua sentiasa memperolehi kebahagiaan di dunia dan akhirat. Amin Ya Allah…………

  44. 47 joesatch Februari 24, 2007 pukul 1:02 pm

    astaga…si dato’ ini ngapain ya? saya tidak berminat mendalami kalkulus lanjut padahal…

  45. 48 Wid Februari 24, 2007 pukul 2:44 pm

    Keren. Gak bisa komen karena seperti itulah kenyataannya. Bukan kalkulusnya tapi artikelnya.

  46. 49 fauzan.sa Maret 3, 2007 pukul 10:19 am

    Wah, kalo yang ini pendek aja deh. Saya setuju 100% dengan anda.

  47. 50 Hanichi Kudou Maret 5, 2007 pukul 8:17 am

    Gini Kang Mas, ada waktu buat ngisi pengajian Kang..??

    Temanya tentang Thoriqul Iman (Jalan menuju Iman).

    Jangan kuatir Bang, Imam Syafi’i aja di kitab Fiqhul Akbar menjelaskan bahwa kewajiban pertama bagi seorang hamba adalah ma’rifat kepada Rabbnya, dengan apa? Dengan nalar.. ya itu dia.. akal..

    Jangan sampe kita masuk ke lingkaran setan, dengan pertanyaan,
    “Kenapa kmu beriman kepada Allah?”,
    JAwab, “Karena itu dituliskan dalam al-Quran”.
    .
    “Lantas, kenapa kmu beriman kepada al-Quran?”
    JAwab, “YA karena Allah yang nyuruh?”
    .
    Lha.. piye.. iki..

    Weeehh.. aku jd banyak terinspirasi dari tulisan ini, hatur nuhun ya KAng..

  48. 51 rosena gunawan April 1, 2007 pukul 11:19 am

    aku sangat prihatin dengan kondisi islam yang memang benar dengan artikel diatas.wong anak sekarang aja ulangan agmanya nyontek!!!!!!!gimana mau berpikir kritis.untuk hal yang sudah diketahui aja males melajarinya gimana mau maju……aku salut banget ma aljabar dato sri.ngomong ngomong belajar dimana ni…..

  49. 52 yudhipras April 2, 2007 pukul 10:39 pm

    cah jembud !! wakakakkkaka.. ngakak aku mbah moco tulisan mu =)) kekekkeeke


    Tekstual harus ke Cina? Ah, menurut pemikiranku yang ditentang mereka, tidak juga. Cina itu kontekstual. Lagipula, mereka-mereka yang kolot itu juga bandel. Disuruh ke Cina malah nekat ke Mesir dan Timur Tengah, kekeke”

  50. 53 joesatch April 3, 2007 pukul 9:51 am

    heh? saya lebih suka yang polosan kok, malah dibilang je-be-de :P

  51. 54 soerja April 26, 2007 pukul 7:58 pm

    ngene iki wis ora pantes dibahas pas kuliyah

    ngene iki wis dakbbahas karo konco kancaku jaman smp kelas telu lan sma

    (opo brarti bocah biyen diwosone luwih cepet)

    eh le, mbok nggawe program anti roaming otomatis ben boso intelek (java) iki iso dipangertening liyan

    wakakakak

    yen mbahas sing luwih mupangati mbok koyok adinoto.org kae lo… kuwe kuwi rak wong ilkom toh … tanggung jawab moral le, tanggung jawab moral

  52. 55 joesatch April 27, 2007 pukul 10:26 am

    ada alasan terselubung dan sejarah yang kelam pada waktu itu kenapa tiba2 saya menulis postingan ini, kang.

    yup, setuju. seharusnya postingan ini dibahas ketika kita berada di level smp. tapi at the real world, ternyata masih banyak “pakar2 penganjingan” (minjem istilahnya Wadehel) yang jalan pikirannya berada di bawah level smp :D

  53. 56 danasatriya Agustus 23, 2007 pukul 4:58 pm

    sebetulnya mo baca doang, tapi koq gatel pengen komen dan meninggalkan jejaks..

    jadi komenku :

    NO KOMEN!!!
    :mrgreen:

  54. 57 B Ali Agustus 25, 2007 pukul 12:58 am

    Pertanyaan: Apakah Islam agama teroris?
    Jawaban: Tidak ada agama yang mengajarkan umatnya untuk menjadi teroris.

    Tetapi, di dalam Al-Qur’an, ada banyak sekali ayat-ayat yang menggiring umat untuk melakukan hal-hal yang tidak manusiawi, seperti: kekerasan, anarki, poligami dengan 4 istri, anggapan selain muslim adalah orang kafir, dsb. Sikap-sikap tersebut tidak sesuai lagi dengan norma-norma kehidupan masyarakat modern.

    Al-Qur’an dulu diracik waktu jaman tribal, sehingga banyak ayat-ayat yang tidak bisa dimengerti lagi seperti seorang suami diperbolehkan mempunyai istri 4. Dimana mendapatkan angka 4? Kenapa tidak 10, 25 atau bahkan 1000? Dalam hal ini, wanita tidak lagi dianggap sebagai manusia, tapi sebagai benda terhitung dalam satuan, bijian, 2, 3, 4 atau berapa saja. Terus bagaimana sakit hatinya istri yang dimadu (yang selalu lebih tua dan kurang cantik)? Banyak lagi hal-hal yang nonsense seperti ini di Al-Qur’an. Karena semua yang di Al-Qur’an dianggap sebagai kebenaran mutlak (wahyu Tuhan), maka umat muslim hanya menurutinya saja tanpa menggunakan nalar.

    Sedangkan, tidak ada saksi dan bukti untuk memverifikasi dan memfalsifikasi apakah isi Al-Qur’an betul-betul wahyu dari Tuhan atau bukan? Yang dapat dikaji secara obyektif adalah isi atau ajaran yang dikandung Al-Qur’an itu apakah ia sesuai dengan dan mempromosikan nilai-nilai kemanusiaan, seperti cinta kasih, kesetiaan, ketabahan, rajin bekerja, kejujuran, kebaikan hati atau mengajarkan kebencian dan kekerasan?

    Saat ini, banyak pengemuka muslim yang berusaha menafsirkan ayat-ayat Al-Qur’an supaya menjadi lebih manusiawi. Tapi usaha ini sia-sia saja karena ayat-ayat Al-Qur’an itu semuanya sudah explisit sekali. Sehingga tidak bisa ditawar lagi. Disamping itu, pemuka muslim atau siapa saja yang coba-coba memberi tafsiran yang lebih manusiawi tentang Al-Qur’an pasti mendapatkan ancaman terhadap keselamatan fisiknya.

    Pertanyaan atas soal ini, betulkah Tuhan menurunkan wahyu kebencian terhadap sekelompok orang yang memujanya dengan cara berbeda-beda, yang mungkin sama baiknya atau bahkan lebih baik secara spiritual? Bukankah akhirnya ajaran-ajaran kebencian ini menjadi sumber kekerasan sepanjang massa?

  55. 58 aibnu Agustus 28, 2007 pukul 5:34 pm

    Fushilat 26 : (Ucapan kaum kafir) : “Janganlah kamu mendengarkan dengan sungguh-sungguh akan Al’Quran itu dan buatlah kegaduhan terhadapnya supaya kamu dapat mengalahkannya”.
    Luqman 18 : “ Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi menyombongkan diri “.
    Al’Hijr 16 :” Dan Kami telah menghiasi langit itu bagi orang-orang yang memandang “.
    Al’Mulk 5 :” Sesunguhnya Kami telah menghiasi langit yang dekat dengan bintang-bintang “.
    :Al Hajj 5 : ” …dan menumbuhkan berbagai macam tumbuh-tumbuhan yang indah “.
    An Naml 60 : “ …Kami tumbuhkan dengan air itu kebun-kebun yang berpemandangan indah “.
    An Nahl 6 : “ Dan kamu memperoleh pandangan yang indah padanya ( = ternak) , ketika kamu membawanya kembali ke kandang dan ketika kamu melepaskannya ketempat pengggembalaan “.
    At Tagabhun 3 :” …Dia membentuk rupamu dan dibaguskan-Nya rupamu itu…”.
    Qs al’Mukminun 110-111:” Tetapi kamu jadikan mereka (mumin) bahan olok-olokan, sehingga kamu lupa… waktu kamu mentertawakan mereka…sesungguhnya mereka itu orang-orang yg menang”.

  56. 59 Iwan Awaludin Oktober 3, 2007 pukul 1:41 pm

    wah, jadi inget buku struggling to surrender dan even angel ask dari jefrey lang nih. Nyaris sama deh isinya (at least yang edisi bahasa indonesianyah).

  57. 60 Dekisugi Desember 26, 2007 pukul 8:32 pm

    wah, saya malah belum baca buku itu, lho :D

  58. 61 hafizul bin hassan Mei 1, 2008 pukul 10:43 am

    ilmu boleh dipelajari di mana2……………macam mana mahu pergi ke China kalau takde duit dong? mahu belajar tak semestinya berduit si Mas……………..

    Ikhlas dari Tun Hafizul bin Tun Hassan @ Imam besar Sheikh Hafizul bin Imam besar Sheikh Maulana Hassan.

  59. 62 Tun Dr. Hafizul bin Tun Dr. Hassan @ Tuan Imam Besar Sheikh Haji Maulana Hafizul Ibni Sheikh Haji Maulana Hassan Mei 2, 2008 pukul 10:29 am

    NUR HIKMAH NUR KASIH ADINDA

    Fajar indah kesuma jiwa
    Firasat kasih mahkota madani
    Ayu wajahmu kasih adinda
    Kekanda sulami hikmah pekerti
    Agar musytari menjadi saksi
    Realiti sirna sentiasa bersemi
    Nur Hikmah Nur Kasih adinda
    Badai persona serata Gujerat
    Kuntuman, wangian haruman mengelilingi
    Tiada noktah sentiasa abadi
    Biar bayu senja sentiasa mengulit mimpi kita
    Fajar indah bersua kembali
    Citra kasih ke penghujung senja
    Cinta padamu duhai adinda
    Tiada bandingan mahupun gadaian
    Walau selaut intan dan berlian
    Walau selangit limpahan kemewahan
    Namun bagaimana hikmah kasih kekanda
    Tiada dua, tiada tiga
    Kekanda tumpahkan kasih kepada adinda
    Walau dunia terbahagi dua
    Cinta kekanda hanya pada adinda
    Agar abadi menjadi para juri
    Nur Hikmah Nur Kasih Adinda

    Hasil ciptaan : Hafizul bin Hassan
    Telefon : 0129676083 @ 097257371
    Pendidikan : 1. Diploma Perguruan Malaysia
    2. Tahun akhir Bachelor Of Education ( Mathematics ) With Honours.

  60. 63 Tun Dr. Hafizul bin Tun Dr. Hassan @ Tuan Imam Besar Sheikh Haji Maulana Hafizul Ibni Sheikh Haji Maulana Hassan Mei 2, 2008 pukul 10:32 am

    ILHAM YANG TERANG

    Beribu bintang di langit kini kuundang
    Ada kerlipan ada sinar
    Rembulan wajahku nampak dalam kilauan
    Ada senyumanmu di bibiran
    Godaan asmara sulam tanpa benang
    Puncak kasih yang telah kau ilhamkan
    Rembulan mengambang kini senyum riang
    Menyaksikan kasih kita sayang
    Burung berkicau terbang dengan riang
    Tanda kasihmu padaku sayang
    BMW kupandu bawa dengan senang
    Ada kerlipan dalam tenang
    Salju di situ tinggal tanpa kesan
    Luahan hati ku ingin ucapkan
    Keriangan yang ada
    Syukurku pada Tuhan
    Moga ia akan berkekalan
    Beribu bintang yang telah kuundang
    Ada ilham dalam terang
    Begitu kasihku pada dirimu sayang
    Rembulan di sisi kini nampak terang
    Terima kasih daku ucapkan
    Ku ilhammu sayang……………….
    Berjuta kasihmu pada diriku sayang
    Tanpa kelam dan tanpa suram
    Neon yang tinggi
    Tunggu sampai siang
    Lafaz kasih yang kita ucapkan
    Gerimis mengundang
    Basah kita dalam dian
    Hamparan kasih kita dalam ruang
    Asmara kasih moga berpanjangan
    Pudar suram dan pudar kelam
    Kasih yang datang
    Tinggal dalam awan
    Gerimis salju
    Di diri kian

    Lagu dan lirik : Hafizul bin Hassan

    Pendidikan : Bachelor Education of Mathematics with honours

    Telefon : 0129676083 ( TUMPAT )

  61. 64 hafizul Juni 16, 2008 pukul 10:15 pm

    ((( INI BUKAN CERITA PALSU : SEKIRANYA ANDA TIDAK PERCAYA, JANGAN MEMBACANYA. )))

    1. PERTUBUHAN SENI SILAT “PENDEKAR HARIMAU MALAYA”

    SEJARAH PENUBUHAN : MULA DIASASKAN OLEH CIKGU HAFIZUL BIN HASSAN ( KINI PRESIDEN SEPANJANG MASA ) DI SEK. KEB. HENDROP, GUA MUSANG KELANTAN.

    KEAHLIAN: KINI BERJUMLAH 1billion ORANG di dunia.

    MAKLUMAN : PERTUBUHAN SENI SILAT “PENDEKAR HARIMAU MALAYA” KINI INGIN MEMPERLUASKAN DAN MEMPERTURUNKAN ILMUNYA KEPADA SELURUH PELOSOK ANGGOTA MASYARAKAT DI DUNIA

    BAYARAN PENYERTAAN ADALAH : RM 20.00 ( $ D U.S 5.3 ) SEORANG SEBULAN.

    2. MATEMATIK “A”

    – ANDA INGINKAN PENGETAHUAN MATEMATIK ? YANG AKAN MEMBERIKAN KESENANGAN DAN KEBAHAGIAAN DALAM KEHIDUPAN ?

    – YURAN ADALAH SEBANYAK RM 30.00 ( $D U.S 7.9 ) SEORANG SEBULAN.

    SEJARAH-SEJARAH KEPENTINGAN MATEMATIK DUNIA:

    1. RASULULLAH S.A.W MERUPAKAN SEORANG PEDAGANG TERSOHOR PADA ZAMAN BAGINDA.
    2. TOKOH ILMUWAN MATEMATIK ISLAM IAITU AL-KHAWARIZMI, AL-BIRUNI DAN IBNU BATUTA.
    3. SEJARAH MATAWANG DUNIA PUN BERMULA DENGAN MATEMATIK IAITU ANGKA DI SETIAP MATAWANG.
    4. HENDAK MASUK UNIVERSITI/TY, MESTI CREDIT MATEMATIK.
    5. KERAJAAN JUGA MENGGALAKKAN PERKEMBANGAN ILMU MATEMATIK(KIRA-KIRA) DI KALANGAN MASYARAKAT.
    6. BANYAK LAGI KELEBIHAN MATEMATIK, PENDEK KATA SEMUANYA AMAT MEMERLUKAN MATEMATIK.

    BAGAIMANA CARA-CARANYA ?

    KEPADA MEREKA YANG BERMINAT, MEREKA BOLEHLAH MEMASUKKAN WANG KE DALAM SALAH SATU AKAUN BANK SAYA DI BAWAH IAITU SEBANYAK RM 20.00 SEBULAN UNTUK ILMU SILAT DAN RM 30.00 SEBULAN UNTUK ILMU MATEMATIK. ANDA BOLEH MEMILIH SAMAADA UNTUK MEMPELAJARI SATU ILMU ATAU KEDUA-DUANYA TETAPI BAYARANNYA ADALAH SEPERTI YANG DINYATAKAN.

    ANDA AKAN SENTIASA MEMPEROLEHI ILMU-ILMU TERSEBUT SELAGI ANDA MEMASUKKAN DUIT SETIAP BULAN KERANA ANDA AKAN DIAJARI BAIK SECARA GHAIB MAHUPUN SECARA NYATA OLEH KHADAM SAYA YANG BERNAMA MALUKU KHALID ( JIN ISLAM ) YANG TERDAPAT DI SELURUH DUNIA.

    SEKIRANYA PADA BULAN BERIKUTNYA, ANDA TIDAK MEMASUKKAN DUIT, MAKA ILMU ANDA HANYA MEMADAI SETAKAT MANA ANDA MEMASUKKAN DUIT SAHAJA.

    SEKIRANYA ANDA INGINKAN ILMU ANDA BERTERUSAN, MAKA MASUKKANLAH DUIT PADA SETIAP BULAN SECARA BERTERUSAN.

    ANDA BOLEH BERITAHU KAWAN-KAWAN ANDA YANG LAIN TETAPI CARANYA ADALAH SAMA SEPERTI DI ATAS.

    1. NAMA : HAFIZUL BIN HASSAN

    2. NO. KAD PENGENALAN BARU : 750422-03-5629

    3. NO. KAD PENGENALAN LAMA : A 3029090

    4. NO. AKAUN BANK SIMPANAN NASIONAL GIRO : 03104-29-88432460-4

    5. NO.AKAUN MAYBANK : 153010374427

    6. NOMBOR AKAUN BANK PERTANIAN MALAYSIA : 2-659-012961-7

    7. NO. AHLI AMANAH SAHAM BUMIPUTERA : 125315935

    8. NO. AKAUN LEMBAGA TABUNG HAJI : 05666670

    9. ALAMAT : 957, JALAN BESAR, 16200 TUMPAT, KELANTAN.

    10. NO. H/P : 012-9676083.

  62. 65 hafizul Juli 8, 2008 pukul 10:48 pm

    ((( INI BUKAN CERITA PALSU : SEKIRANYA ANDA TIDAK PERCAYA, JANGAN MEMBACANYA. )))

    1. PERTUBUHAN SENI SILAT “PENDEKAR HARIMAU MALAYA”

    SEJARAH PENUBUHAN : MULA DIASASKAN OLEH CIKGU HAFIZUL BIN HASSAN ( KINI PRESIDEN SEPANJANG MASA ) DI SEK. KEB. HENDROP, GUA MUSANG KELANTAN.

    KEAHLIAN: semua manusia di dunia.

    MAKLUMAN : PERTUBUHAN SENI SILAT “PENDEKAR HARIMAU MALAYA” KINI INGIN MEMPERLUASKAN DAN MEMPERTURUNKAN ILMUNYA KEPADA SELURUH PELOSOK ANGGOTA MASYARAKAT DI DUNIA

    BAYARAN PENYERTAAN ADALAH : RM 20.00 ( $ D U.S 5.3 ) SEORANG SEBULAN.

    2. MATEMATIK “A”

    – ANDA INGINKAN PENGETAHUAN MATEMATIK ? YANG AKAN MEMBERIKAN KESENANGAN DAN KEBAHAGIAAN DALAM KEHIDUPAN ?

    – YURAN ADALAH SEBANYAK RM 30.00 ( $D U.S 7.9 ) SEORANG SEBULAN.

    SEJARAH-SEJARAH KEPENTINGAN MATEMATIK DUNIA:

    1. RASULULLAH S.A.W MERUPAKAN SEORANG PEDAGANG TERSOHOR PADA ZAMAN BAGINDA.
    2. TOKOH ILMUWAN MATEMATIK ISLAM IAITU AL-KHAWARIZMI, AL-BIRUNI DAN IBNU BATUTA.
    3. SEJARAH MATAWANG DUNIA PUN BERMULA DENGAN MATEMATIK IAITU ANGKA DI SETIAP MATAWANG.
    4. HENDAK MASUK UNIVERSITI/TY, MESTI CREDIT MATEMATIK.
    5. KERAJAAN JUGA MENGGALAKKAN PERKEMBANGAN ILMU MATEMATIK(KIRA-KIRA) DI KALANGAN MASYARAKAT.
    6. BANYAK LAGI KELEBIHAN MATEMATIK, PENDEK KATA SEMUANYA AMAT MEMERLUKAN MATEMATIK.

    BAGAIMANA CARA-CARANYA ?

    KEPADA MEREKA YANG BERMINAT, MEREKA BOLEHLAH MEMASUKKAN WANG KE DALAM SALAH SATU AKAUN BANK SAYA DI BAWAH IAITU SEBANYAK RM 20.00 SEBULAN UNTUK ILMU SILAT DAN RM 30.00 SEBULAN UNTUK ILMU MATEMATIK. ANDA BOLEH MEMILIH SAMAADA UNTUK MEMPELAJARI SATU ILMU ATAU KEDUA-DUANYA TETAPI BAYARANNYA ADALAH SEPERTI YANG DINYATAKAN.

    ANDA AKAN SENTIASA MEMPEROLEHI ILMU-ILMU TERSEBUT SELAGI ANDA MEMASUKKAN DUIT SETIAP BULAN KERANA ANDA AKAN DIAJARI BAIK SECARA GHAIB MAHUPUN SECARA NYATA OLEH KHADAM SAYA YANG BERNAMA MALUKU KHALID ( JIN ISLAM ) YANG TERDAPAT DI SELURUH DUNIA.

    SEKIRANYA PADA BULAN BERIKUTNYA, ANDA TIDAK MEMASUKKAN DUIT, MAKA ILMU ANDA HANYA MEMADAI SETAKAT MANA ANDA MEMASUKKAN DUIT SAHAJA.

    SEKIRANYA ANDA INGINKAN ILMU ANDA BERTERUSAN, MAKA MASUKKANLAH DUIT PADA SETIAP BULAN SECARA BERTERUSAN.

    ANDA BOLEH BERITAHU KAWAN-KAWAN ANDA YANG LAIN TETAPI CARANYA ADALAH SAMA SEPERTI DI ATAS.

    1. NAMA : HAFIZUL BIN HASSAN

    2. NO. KAD PENGENALAN BARU : 750422-03-5629

    3. NO. KAD PENGENALAN LAMA : A 3029090

    4. NO. AKAUN BANK SIMPANAN NASIONAL GIRO : 03104-29-88432460-4

    5. NO.AKAUN MAYBANK : 153010374427

    6. NOMBOR AKAUN BANK PERTANIAN MALAYSIA : 2-659-012961-7

    7. NO. AHLI AMANAH SAHAM BUMIPUTERA : 125315935

    8. NO. AKAUN LEMBAGA TABUNG HAJI : 05666670

    9. ALAMAT : 957, JALAN BESAR, 16200 TUMPAT, KELANTAN.

    10. NO. H/P : 012-9676083.

  63. 66 hafizul Juli 8, 2008 pukul 10:50 pm

    ((( INI BUKAN CERITA PALSU : SEKIRANYA ANDA TIDAK PERCAYA, JANGAN MEMBACANYA. )))

    1. PERTUBUHAN SENI SILAT “PENDEKAR HARIMAU MALAYA”

    SEJARAH PENUBUHAN : MULA DIASASKAN OLEH CIKGU HAFIZUL BIN HASSAN ( KINI PRESIDEN SEPANJANG MASA ) DI SEK. KEB. HENDROP, GUA MUSANG KELANTAN.

    KEAHLIAN: semua makhluk di dunia.

    MAKLUMAN : PERTUBUHAN SENI SILAT “PENDEKAR HARIMAU MALAYA” KINI INGIN MEMPERLUASKAN DAN MEMPERTURUNKAN ILMUNYA KEPADA SELURUH PELOSOK ANGGOTA MASYARAKAT DI DUNIA

    BAYARAN PENYERTAAN ADALAH : RM 20.00 ( $ D U.S 5.3 ) SEORANG SEBULAN.

    2. MATEMATIK “A”

    – ANDA INGINKAN PENGETAHUAN MATEMATIK ? YANG AKAN MEMBERIKAN KESENANGAN DAN KEBAHAGIAAN DALAM KEHIDUPAN ?

    – YURAN ADALAH SEBANYAK RM 30.00 ( $D U.S 7.9 ) SEORANG SEBULAN.

    SEJARAH-SEJARAH KEPENTINGAN MATEMATIK DUNIA:

    1. RASULULLAH S.A.W MERUPAKAN SEORANG PEDAGANG TERSOHOR PADA ZAMAN BAGINDA.
    2. TOKOH ILMUWAN MATEMATIK ISLAM IAITU AL-KHAWARIZMI, AL-BIRUNI DAN IBNU BATUTA.
    3. SEJARAH MATAWANG DUNIA PUN BERMULA DENGAN MATEMATIK IAITU ANGKA DI SETIAP MATAWANG.
    4. HENDAK MASUK UNIVERSITI/TY, MESTI CREDIT MATEMATIK.
    5. KERAJAAN JUGA MENGGALAKKAN PERKEMBANGAN ILMU MATEMATIK(KIRA-KIRA) DI KALANGAN MASYARAKAT.
    6. BANYAK LAGI KELEBIHAN MATEMATIK, PENDEK KATA SEMUANYA AMAT MEMERLUKAN MATEMATIK.

    BAGAIMANA CARA-CARANYA ?

    KEPADA MEREKA YANG BERMINAT, MEREKA BOLEHLAH MEMASUKKAN WANG KE DALAM SALAH SATU AKAUN BANK SAYA DI BAWAH IAITU SEBANYAK RM 20.00 SEBULAN UNTUK ILMU SILAT DAN RM 30.00 SEBULAN UNTUK ILMU MATEMATIK. ANDA BOLEH MEMILIH SAMAADA UNTUK MEMPELAJARI SATU ILMU ATAU KEDUA-DUANYA TETAPI BAYARANNYA ADALAH SEPERTI YANG DINYATAKAN.

    ANDA AKAN SENTIASA MEMPEROLEHI ILMU-ILMU TERSEBUT SELAGI ANDA MEMASUKKAN DUIT SETIAP BULAN KERANA ANDA AKAN DIAJARI BAIK SECARA GHAIB MAHUPUN SECARA NYATA OLEH KHADAM SAYA YANG BERNAMA MALUKU KHALID ( JIN ISLAM ) YANG TERDAPAT DI SELURUH DUNIA.

    SEKIRANYA PADA BULAN BERIKUTNYA, ANDA TIDAK MEMASUKKAN DUIT, MAKA ILMU ANDA HANYA MEMADAI SETAKAT MANA ANDA MEMASUKKAN DUIT SAHAJA.

    SEKIRANYA ANDA INGINKAN ILMU ANDA BERTERUSAN, MAKA MASUKKANLAH DUIT PADA SETIAP BULAN SECARA BERTERUSAN.

    ANDA BOLEH BERITAHU KAWAN-KAWAN ANDA YANG LAIN TETAPI CARANYA ADALAH SAMA SEPERTI DI ATAS.

    1. NAMA : HAFIZUL BIN HASSAN

    2. NO. KAD PENGENALAN BARU : 750422-03-5629

    3. NO. KAD PENGENALAN LAMA : A 3029090

    4. NO. AKAUN BANK SIMPANAN NASIONAL GIRO : 03104-29-88432460-4

    5. NO.AKAUN MAYBANK : 153010374427

    6. NOMBOR AKAUN BANK PERTANIAN MALAYSIA : 2-659-012961-7

    7. NO. AHLI AMANAH SAHAM BUMIPUTERA : 125315935

    8. NO. AKAUN LEMBAGA TABUNG HAJI : 05666670

    9. ALAMAT : 957, JALAN BESAR, 16200 TUMPAT, KELANTAN.

    10. NO. H/P : 012-9676083.

    11. ACCOUNT BANK SIMPANAN NASIONAL GIRO-I AL-WADIAH’S NUMBER : 03100-41-00010582-3.

  64. 67 hafizul Juli 12, 2008 pukul 10:58 pm

    ((( INI BUKAN CERITA PALSU : SEKIRANYA ANDA TIDAK PERCAYA, JANGAN MEMBACANYA. )))

    1. PERTUBUHAN SENI SILAT “PENDEKAR HARIMAU MALAYA”

    SEJARAH PENUBUHAN : MULA DIASASKAN OLEH CIKGU HAFIZUL BIN HASSAN ( KINI PRESIDEN BUAT SELAMA-LAMANYA ) DI SEK. KEB. HENDROP, GUA MUSANG KELANTAN.

    KEAHLIAN: SEMUA MANUSIA DI DUNIA.

    MAKLUMAN : PERTUBUHAN SENI SILAT “PENDEKAR HARIMAU MALAYA” KINI INGIN MEMPERLUASKAN DAN MEMPERTURUNKAN ILMUNYA KEPADA SELURUH PELOSOK ANGGOTA MASYARAKAT DI DUNIA

    BAYARAN PENYERTAAN ADALAH : RM 20.00 ( $ D U.S 5.3 ) SEORANG SEBULAN.

    2. MATEMATIK “A”

    – ANDA INGINKAN PENGETAHUAN MATEMATIK ? YANG AKAN MEMBERIKAN KESENANGAN DAN KEBAHAGIAAN DALAM KEHIDUPAN ?

    – YURAN ADALAH SEBANYAK RM 30.00 ( $D U.S 7.9 ) SEORANG SEBULAN.

    SEJARAH-SEJARAH KEPENTINGAN MATEMATIK DUNIA:

    1. RASULULLAH S.A.W MERUPAKAN SEORANG PEDAGANG TERSOHOR PADA ZAMAN BAGINDA.
    2. TOKOH ILMUWAN MATEMATIK ISLAM IAITU AL-KHAWARIZMI, AL-BIRUNI DAN IBNU BATUTA.
    3. SEJARAH MATAWANG DUNIA PUN BERMULA DENGAN MATEMATIK IAITU ANGKA DI SETIAP MATAWANG.
    4. HENDAK MASUK UNIVERSITI/TY, MESTI CREDIT MATEMATIK.
    5. KERAJAAN JUGA MENGGALAKKAN PERKEMBANGAN ILMU MATEMATIK(KIRA-KIRA) DI KALANGAN MASYARAKAT.
    6. BANYAK LAGI KELEBIHAN MATEMATIK, PENDEK KATA SEMUANYA AMAT MEMERLUKAN MATEMATIK.

    BAGAIMANA CARA-CARANYA ?

    KEPADA MEREKA YANG BERMINAT, MEREKA BOLEHLAH MEMASUKKAN WANG KE DALAM SALAH SATU AKAUN BANK SAYA DI BAWAH IAITU SEBANYAK RM 20.00 SEBULAN UNTUK ILMU SILAT DAN RM 30.00 SEBULAN UNTUK ILMU MATEMATIK. ANDA BOLEH MEMILIH SAMAADA UNTUK MEMPELAJARI SATU ILMU ATAU KEDUA-DUANYA TETAPI BAYARANNYA ADALAH SEPERTI YANG DINYATAKAN.

    ANDA AKAN SENTIASA MEMPEROLEHI ILMU-ILMU TERSEBUT SELAGI ANDA MEMASUKKAN DUIT SETIAP BULAN KERANA ANDA AKAN DIAJARI BAIK SECARA GHAIB MAHUPUN SECARA NYATA OLEH KHADAM SAYA YANG BERNAMA MALUKU KHALID ( JIN ISLAM ) YANG TERDAPAT DI SELURUH DUNIA.

    SEKIRANYA PADA BULAN BERIKUTNYA, ANDA TIDAK MEMASUKKAN DUIT, MAKA ILMU ANDA HANYA MEMADAI SETAKAT MANA ANDA MEMASUKKAN DUIT SAHAJA.

    SEKIRANYA ANDA INGINKAN ILMU ANDA BERTERUSAN, MAKA MASUKKANLAH DUIT PADA SETIAP BULAN SECARA BERTERUSAN.

    ANDA BOLEH BERITAHU KAWAN-KAWAN ANDA YANG LAIN TETAPI CARANYA ADALAH SAMA SEPERTI DI ATAS.

    1. NAMA : HAFIZUL BIN HASSAN

    2. NO. KAD PENGENALAN BARU : 750422-03-5629

    3. NO. KAD PENGENALAN LAMA : A 3029090

    4. NO. AKAUN BANK SIMPANAN NASIONAL GIRO : 03104-29-88432460-4

    5. NO.AKAUN MAYBANK : 153010374427

    6. NOMBOR AKAUN BANK PERTANIAN MALAYSIA : 2-659-012961-7

    7. NO. AHLI AMANAH SAHAM BUMIPUTERA : 125315935

    8. NO. AKAUN LEMBAGA TABUNG HAJI : 05666670

    9. ALAMAT : 957, JALAN BESAR, 16200 TUMPAT, KELANTAN.

    10. NO. H/P : 012-9676083.

    11. ACCOUNT BANK SIMPANAN NASIONAL GIRO-I AL-WADIAH’S NUMBER : 03100-41-00010582-3.

  65. 68 hafizul Juli 12, 2008 pukul 11:00 pm

    ((( INI BUKAN CERITA PALSU : SEKIRANYA ANDA TIDAK PERCAYA, JANGAN MEMBACANYA. )))

    1. PERTUBUHAN SENI SILAT “PENDEKAR HARIMAU MALAYA”

    SEJARAH PENUBUHAN : MULA DIASASKAN OLEH CIKGU HAFIZUL BIN HASSAN ( KINI PRESIDEN @ PRESIDENT BUAT SELAMA-LAMANYA ) DI SEK. KEB. HENDROP, GUA MUSANG KELANTAN.

    KEAHLIAN: SEMUA MANUSIA DI DUNIA.

    MAKLUMAN : PERTUBUHAN SENI SILAT “PENDEKAR HARIMAU MALAYA” KINI INGIN MEMPERLUASKAN DAN MEMPERTURUNKAN ILMUNYA KEPADA SELURUH PELOSOK ANGGOTA MASYARAKAT DI DUNIA

    BAYARAN PENYERTAAN ADALAH : RM 20.00 ( $ D U.S 5.3 ) SEORANG SEBULAN.

    2. MATEMATIK “A”

    – ANDA INGINKAN PENGETAHUAN MATEMATIK ? YANG AKAN MEMBERIKAN KESENANGAN DAN KEBAHAGIAAN DALAM KEHIDUPAN ?

    – YURAN ADALAH SEBANYAK RM 30.00 ( $D U.S 7.9 ) SEORANG SEBULAN.

    SEJARAH-SEJARAH KEPENTINGAN MATEMATIK DUNIA:

    1. RASULULLAH S.A.W MERUPAKAN SEORANG PEDAGANG TERSOHOR PADA ZAMAN BAGINDA.
    2. TOKOH ILMUWAN MATEMATIK ISLAM IAITU AL-KHAWARIZMI, AL-BIRUNI DAN IBNU BATUTA.
    3. SEJARAH MATAWANG DUNIA PUN BERMULA DENGAN MATEMATIK IAITU ANGKA DI SETIAP MATAWANG.
    4. HENDAK MASUK UNIVERSITI/TY, MESTI CREDIT MATEMATIK.
    5. KERAJAAN JUGA MENGGALAKKAN PERKEMBANGAN ILMU MATEMATIK(KIRA-KIRA) DI KALANGAN MASYARAKAT.
    6. BANYAK LAGI KELEBIHAN MATEMATIK, PENDEK KATA SEMUANYA AMAT MEMERLUKAN MATEMATIK.

    BAGAIMANA CARA-CARANYA ?

    KEPADA MEREKA YANG BERMINAT, MEREKA BOLEHLAH MEMASUKKAN WANG KE DALAM SALAH SATU AKAUN BANK SAYA DI BAWAH IAITU SEBANYAK RM 20.00 SEBULAN UNTUK ILMU SILAT DAN RM 30.00 SEBULAN UNTUK ILMU MATEMATIK. ANDA BOLEH MEMILIH SAMAADA UNTUK MEMPELAJARI SATU ILMU ATAU KEDUA-DUANYA TETAPI BAYARANNYA ADALAH SEPERTI YANG DINYATAKAN.

    ANDA AKAN SENTIASA MEMPEROLEHI ILMU-ILMU TERSEBUT SELAGI ANDA MEMASUKKAN DUIT SETIAP BULAN KERANA ANDA AKAN DIAJARI BAIK SECARA GHAIB MAHUPUN SECARA NYATA OLEH KHADAM SAYA YANG BERNAMA MALUKU KHALID ( JIN ISLAM ) YANG TERDAPAT DI SELURUH DUNIA.

    SEKIRANYA PADA BULAN BERIKUTNYA, ANDA TIDAK MEMASUKKAN DUIT, MAKA ILMU ANDA HANYA MEMADAI SETAKAT MANA ANDA MEMASUKKAN DUIT SAHAJA.

    SEKIRANYA ANDA INGINKAN ILMU ANDA BERTERUSAN, MAKA MASUKKANLAH DUIT PADA SETIAP BULAN SECARA BERTERUSAN.

    ANDA BOLEH BERITAHU KAWAN-KAWAN ANDA YANG LAIN TETAPI CARANYA ADALAH SAMA SEPERTI DI ATAS.

    1. NAMA : HAFIZUL BIN HASSAN

    2. NO. KAD PENGENALAN BARU : 750422-03-5629

    3. NO. KAD PENGENALAN LAMA : A 3029090

    4. NO. AKAUN BANK SIMPANAN NASIONAL GIRO : 03104-29-88432460-4

    5. NO.AKAUN MAYBANK : 153010374427

    6. NOMBOR AKAUN BANK PERTANIAN MALAYSIA : 2-659-012961-7

    7. NO. AHLI AMANAH SAHAM BUMIPUTERA : 125315935

    8. NO. AKAUN LEMBAGA TABUNG HAJI : 05666670

    9. ALAMAT : 957, JALAN BESAR, 16200 TUMPAT, KELANTAN.

    10. NO. H/P : 012-9676083.

    11. ACCOUNT BANK SIMPANAN NASIONAL GIRO-I AL-WADIAH’S NUMBER : 03100-41-00010582-3.

  66. 71 hafizul September 8, 2008 pukul 10:24 pm

    Islam – Selamat

    Islam hebat Islam Perkasa

  67. 72 hafizul September 12, 2008 pukul 11:46 pm

    semoga islam sentiasa mekar di dunia Allah S.W.T ini

  68. 73 hafizul September 13, 2008 pukul 10:32 pm

    OPEN UNIVERSITY MALAYSIA.

    NAMA: HAFIZUL B HASSAN

    NO.MATRIKULASI: 750422035629001
    NO.KP/ID: 750422035629 PROGRAM: SARJANA MUDA PENDIDIKAN (MATEMATIK) DENGAN KEPUJIAN

    KEWARGANEGARAAN: MALAYSIAN

    PENGKHUSUSAN: Tiada Pilihan

    AMBILAN: JANUARI 2005

    KOD TAJUK KURSUS JAM KREDIT GRED MATA GRED JUMLAH MATA GRED PURATA NILAI GRED

    SEMESTER JANUARI 2005
    OUMH1103 LEARNING SKILLS FOR OPEN AND DISTANCE LEARNERS 3 B- 2.67 8.01
    OUMH1203 ENGLISH FOR WRITTEN COMMUNICATION 3 C 2.00 6.00
    SBMA1103 PREPARATORY MATHEMATICS 3 A 4.00 12.00
    JUMLAH 9 26.01 2.89
    KREDIT KIRA KUMULATIF 9 MATA GRED KUMULATIF: 26.01
    KREDIT DAPAT KUMULATIF 9 PNGK 2.89

    SEMESTER MEI 2005
    OUMH1303 ENGLISH FOR ORAL COMMUNICATION 3 C+ 2.33 6.99
    OUMM3203 PROFESSIONAL ETHICS 3 A 4.00 12.00
    JUMLAH 6 18.99 3.17
    KREDIT KIRA KUMULATIF 15 MATA GRED KUMULATIF: 45.00
    KREDIT DAPAT KUMULATIF 15 PNGK 3.00

    SEMESTER SEPTEMBER 2005
    HBEF2103 PSIKOLOGI PENDIDIKAN 3 A 4.00 12.00
    SBMA1203 ALGEBRA, FUNCTION AND GEOMETRY 3 B- 2.67 8.01
    SBST1103 INTRODUCTION TO STATISTICS 3 A 4.00 12.00
    JUMLAH 9 32.01 3.56
    KREDIT KIRA KUMULATIF 24 MATA GRED KUMULATIF: 77.01
    KREDIT DAPAT KUMULATIF 24 PNGK 3.21

    SEMESTER JANUARI 2006
    HBEF2203 BIMBINGAN DAN KAUNSELING 3 B 3.00 9.00
    SBMA1303 TRIGONOMETRY AND CALCULUS 3 A 4.00 12.00
    SBST2103 SAMPLING DISTRIBUTION AND HYPOTHESIS TESTING 3 C+ 2.33 6.99
    JUMLAH 9 27.99 3.11
    KREDIT KIRA KUMULATIF 33 MATA GRED KUMULATIF: 105.00
    KREDIT DAPAT KUMULATIF 33 PNGK 3.18

    SEMESTER MEI 2006
    OUMH2103 ENGLISH FOR SCIENCE AND TECHNICAL PURPOSES 3 C+ 2.33 6.99
    OUMM2103 ENTREPRENEURSHIP 3 B+ 3.33 9.99
    JUMLAH 6 16.98 2.83
    KREDIT KIRA KUMULATIF 39 MATA GRED KUMULATIF: 121.98
    KREDIT DAPAT KUMULATIF 39 PNGK 3.13

    SEMESTER SEPTEMBER 2006
    SBEM2103 CURRICULUM PLANNING IN MATHEMATICS EDUCATION 3 C+ 2.33 6.99
    SBMA2203 DIFFERENTIAL CALCULUS 3 B 3.00 9.00
    SBST3103 INTRODUCTORY DATA ANALYSIS 3 A- 3.67 11.01
    JUMLAH 9 27.00 3.00
    KREDIT KIRA KUMULATIF 48 MATA GRED KUMULATIF: 148.98
    KREDIT DAPAT KUMULATIF 48 PNGK 3.10

    SEMESTER JANUARI 2007
    HBEF3103 PRINSIP TEKNOLOGI PENGAJARAN 3 B- 2.67 8.01
    SBMA3103 INTEGRAL CALCULUS 3 A 4.00 12.00
    SBMA3203 INTRODUCTORY LINEAR ALGEBRA 3 B 3.00 9.00
    JUMLAH 9 29.01 3.22
    KREDIT KIRA KUMULATIF 57 MATA GRED KUMULATIF: 177.99
    KREDIT DAPAT KUMULATIF 57 PNGK 3.12

    SEMESTER MEI 2007
    SBEM3103 DIAGNOSIS AND PROBLEM SOLVING IN MATHEMATICS 3 A- 3.67 11.01
    SBEM3303 METHODOLOGY IN TEACHING MATHEMATICS 3 A 4.00 12.00
    JUMLAH 6 23.01 3.84
    KREDIT KIRA KUMULATIF 63 MATA GRED KUMULATIF: 201.00
    KREDIT DAPAT KUMULATIF 63 PNGK 3.19

    SEMESTER SEPTEMBER 2007
    SBEM3203 REMEDIAL IN TEACHING AND LEARNING MATHEMATICS 3 B 3.00 9.00
    SBMA3303 INTRODUCTORY MATHEMATICAL METHODS 3 B 3.00 9.00
    SBMA4103 ADVANCED LINEAR ALGEBRA 3 A 4.00 12.00
    JUMLAH 9 30.00 3.33
    KREDIT KIRA KUMULATIF 72 MATA GRED KUMULATIF: 231.00
    KREDIT DAPAT KUMULATIF 72 PNGK 3.21

    SEMESTER JANUARI 2008
    HBEF4106-1 KAJIAN BERASASKAN SEKOLAH – BHG 1 6 IP 0.00 0.00
    SBMA4203 KAEDAH MATEMATIK LANJUTAN 3 B+ 3.33 9.99
    SBMP4203 LINEAR PROGRAMMING 3 B 3.00 9.00
    JUMLAH 12 18.99 3.17
    KREDIT KIRA KUMULATIF 78 MATA GRED KUMULATIF: 249.99
    KREDIT DAPAT KUMULATIF 78 PNGK 3.21

    PEMINDAHAN KREDIT
    KOD TAJUK KURSUS JAM KREDIT CATATAN
    HBEF1103 SOSIOLOGI DAN FALSAFAH PENDIDIKAN DI MALAYSIA 3
    HBEF1203 PENDIDIKAN JASMANI & SUKAN 3
    HBEF1303 PENDIDIKAN KOKURIKULUM 3
    LANH1103 BAHASA KEBANGSAAN A 3
    LANH1303 PENGAJIAN MALAYSIA 3
    LANH1403 PENDIDIKAN ISLAM 3
    JUMLAH 18
    KREDIT DAPAT KUMULATIF 102

    Pelajar ini telah menduduki MALAYSIAN UNIVERSITY ENGLISH TEST (MUET) yang dikendalikan oleh Majlis Peperiksaan Malaysia dan mendapat Tahap Pencapaian Band 2.

    Sila Klik untuk melihat nota kepada transkrip separa.

    Pelajar ini telah menduduki MALAYSIAN UNIVERSITY ENGLISH TEST (MUET) yang dikendalikan oleh Majlis Peperiksaan Malaysia dan mendapat Tahap Pencapaian Band 2.

  69. 74 hafizul September 25, 2008 pukul 10:47 pm

    RAHMAT TUHANKU
    Ya Allah Tuhan empunya sekelian alam
    Hanya padamu daku bersujud
    Memohon petunjuk ke jalan yang benar
    Semoga hari-hari yang dilalui penuh dengan kebahagiaan
    Ya Allah Ya Rabbi
    Hamba bermohon perkenan Rahmat dari-Mu
    Semoga keluarga hamba diberi kurniaan
    Lindungilah kedua ibu bapa hamba sekeluarga
    Dari mala petaka di dunia
    Dari syaitan durjana
    Ya Allah Yang Maha Pengasih
    Andai hari ini daku Berjaya
    Memiliki harta seluas lautan
    Memiliki pangkat setinggi awan
    Daku penuh kesyukuran
    Berterima kasih kepada diri-Mu
    Duhai Allah yang amat daku cintai
    Ya Allah sungguh tinggi rahmat dan kasih sayang dari-Mu
    Setiap detik daku memuji dan memuja kalimah suci-Mu Allah
    Semoga kurniaan rahmat-Mu ini
    Sentiasa berkekalan di dunia dan akhirat.

    EDUCATION : DIPLOMA PERGURUAN MALAYSIA ( MPSAH ) [ MT/KT ]
    LAST YEAR : BACHELOR OF EDUCATION ( MATHEMATICS ) WITH HONOURS.
    ABOUT ME

    1. NAME : HAFIZUL BIN HASSAN

    2. NEW IDENTITY CARD’S NUMBER : 750422-03-5629

    3. OLD IDENTITY CARD’S NUMBER : A 3029090

    4. ACCOUNT BANK SIMPANAN NASIONAL GIRO’S NUMBER : 03104 – 29 – 88432460 – 4.

    5. ACCOUNT MAYBANK’S NUMBER : 153010374427

    6. ADDRESS : 530, JALAN TANJUNG KUALA, 16200 TUMPAT, KELANTAN, WEST MALAYSIAN.

    7. EMAIL : hafizul1@yahoo.com AND hafizul1@oum.edu.my

    8. NUMBER HANDPHONE : 012-9676083

    9. NUMBER TELEPHONE HOME : 09-7257521

  70. 75 hafizul Januari 24, 2009 pukul 11:06 pm

    The^Wangs sentiasa bersama………………….

  71. 76 Hafizul bin Hassan Agustus 1, 2010 pukul 9:06 pm

    My account CIMB ISLAMIC number is : 03010005143201.

  72. 77 Jabon Agustus 2, 2010 pukul 6:15 pm

    by jabon
    yang penting sebagai umat beragama kita harus saling menghormati antara agama lain …

  73. 78 Hafizul bin Hassan April 4, 2011 pukul 7:33 pm

    NATE BEROK, HAI-O NATE CHES, FREE NAK, UNTUNG TAKDOK.

    PENAPIS AIR BIO AURA MENJAMIN KESEMPURNAAN HIDUP KAMI SEKELUARGA. BERMINAT MAHU MENJADI USAHAWAN HAI-O, HUBUNGI 0129676083, 097257521 dan 0199755762. ( CIKGU HAFIZUL BIN HASSAN ) TG. KUALA, TUMPAT, KELANTAN, MALAYSIA. My member code is : [ 524860 ]. Anda mahukan maklumat lanjut layari http://www.hai-omarketing.com/

  74. 79 Hafizul bin Hassan April 9, 2011 pukul 9:04 pm

    Kalau aku ada wang Ringgit Malaysia 5000 000 000.00
    Pertama sekali sujud syukurku pada Allah S.W.T
    Tak perlu fikir fasal kerja
    Isteriku kubawa menunaikan umrah bersama anak-anakku

    Aku akan bina masjid berharga RM 1 000 000.00 sedeqahkan kepada penduduk-penduduk kampungku
    Agar mereka kuat beribadat
    Jauhkan celaka banyakkan bahagia
    Murid-murid miskin aku beri bantuan seorang RM 1000.00
    Kalau ada 1000 orang, dah jadi RM 1 000 000.00
    Aku bina pula rumah anak-anak yatim berharga RM 500 000.00
    Baki RM 500 000.00 aku beri pada mereka
    Supaya mereka belajar pandai-pandai dan hidup dengan penuh gembira
    RM 2500 000 000.00 aku simpan dalam ASB
    Cukup setahun aku akan dapat lebih kurangnya RM 6000.00 x 2500 = RM 15 000 000.00
    RM 15 000 000.00 adalah bonus yang akan aku terima tiap-tiap bulan buat belanja sekeluarga
    Rumahku cukuplah berharga RM 1 000 000.00
    Nak beristeri lagi satu?
    Terasa juga nak yang jelita-jelita
    Tapi itu urusan Yang Maha Berkuasa
    Aku terima sahaja
    Itu pun Kalau Kalaulah
    Kalau aku ada wang Ringgit Malaysia 5000 000 000.00

  75. 80 Hafizul bin Hassan April 9, 2011 pukul 9:08 pm

    Guru besar dan penolong kanan tdbir yang tak bagus
    Assalamualaikum w.b.t,

    Saya memohon agar pihak yang lebih atas lebih berhati-hati terhadap tingkah laku guru besar dan PK1 di sekolah. Ini adalah kerana apabila guru-guru telah berjaya menjalankan tugasnya dengan sempurna, maka sekiranya guru-guru tersebut “tidak sebulu dengannya”, maka seolah-olah usaha guru-guru tadi semacam sia-sia sahaja. Apa tidaknya penilaian prestasi guru-guru terletak di tangan dua orang ini. Pernah berlaku kepada seorang ‘hamba Allah guru’ yang penuh kejujuran dan kebijaksanaan mendidik dan membangunkan sekolah, tetapi terpaksa membuat rayuan untuk kenaikan pangkatnya secara time based ke DGA 32 setelah memenuhi segala kriteria yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pelajaran Malaysia. Guru besar dan PK1 macam ni seolah-olah berlagak dia lebih terror dari pihak kementerian. Nauzubillah. Kasihan saya melihat nasib hamba Allah yang telahpun berjaya memperolehi ijazah tadi yang terpaksa menunggu tunggakan kenaikan pangkat yang berjumlah RM 500.00 x 7 = RM 3500.00 secara lebih kurangnya.

    Kita tentu terfikir kerja penat-penat prestasi orang lain buat sewenang. Yang sebulu dapat hebat walaupun duduk rehat, tak masuk akal langsung kan? kasihan saya kepada pelajar-pelajar sekolah yang sepatutnya belajar supaya berjaya di dalam kehidupan baik di dunia mahupun akhirat. Disebabkan takut kepada ‘pengurusan yang salah urus tadi’, buat dok aje. Seolah-olahnya kalau seseorang peniaga itu menjalankan perniagaannya tetapi hasilnya kena serah sikit kepada orang-orang yang langsung tiada kaitan dengan urusannya. Tak bolehlah.

    Seandainya kita berpangkat besar sekalipun, kalau nak tolong waris-waris biarlah kena pada tempatnya dan memenuhi kriteria-kriteria yang ditetapkan oleh Kementerian. Ini tidak dah dapat cikgu yang bagus, bukannya nak bersyukur dan berterima kasih kerana telah mengharumkan nama sekolah di samping turut naik namanya juga, malah dibuli serta tidak diberi prestasi cemerlang sehingga terpaksa membuat rayuan. Nasib baik Allah menolong guru yang dianiaya tadi dan tembelang gb dan pk1 dan mungkin beberapa yang lain lagi telah pecah kerana guru tersebut telah membantu pelajar bukan sahaja di sekolah beliau malah seluruh dunia dengan menghasilkan pengajaran-pengajaran yang amat-amat dinantikan oleh semua pelajar di dunia melalui saluran media elektronik iaitu laman blog serta facebook.

    Saya paparkan kisah benar ini supaya tidak berlaku lagi perkara yang tidak sepatutnya berlaku. Seandainya saya berdiam diri, maka rasa macam bersalah pula kerana yang benar harus ditegakkan dan yang salah harus diberi hukuman supaya kejadian yang buruk tidak berulang. Buang yang keruh ambil yang jernih. Jalankanlah tanggung jawab kita semua dengan jujur serta berpandukan kepada cahaya kebenaran tanpa mengira latar belakang seseorang. Wasalam.

    ” Malaysia makmur Malaysia sejahtera melalui pendidikan harmoni “

  76. 81 Hafizul bin Hassan April 9, 2011 pukul 9:13 pm

    Patuk ke tak patuk.
    Patuk ke gaji seorang perdana menteri malaysia sama besar dengan gaji saya sebagai seorang guru ? memang tak patuk. Patuk ke isteri saya lebih dari empat orang? memang tak patuk. Patuk ke seluruh manusia di dunia ini menjadi hamba abdi saya? memang tak patuk.

  77. 82 Hafizul bin Hassan November 22, 2011 pukul 9:19 pm

    Cikgu Kito Cafe
    Cikgu Kito Cafe…Lebih dari Yang lain…3…2…1

  78. 83 Neno Januari 3, 2014 pukul 9:10 pm

    Sya setuju untuk hal ini. Karena dlam islam menuntut ilmu penting. Kta juga disuruh untuk berfikir, dapat info tapi hrus ttap disaring jgn ditelan mentah-mentah

  79. 84 nano Januari 30, 2014 pukul 3:57 am

    Islam memang gak logis,ajarannya dokma tidak disertai fakta.


  1. 1 Sebagaian Umat Islam Merepotkan! « Akhmad Murtajib (Id) Lacak balik pada Januari 25, 2007 pukul 5:14 pm
  2. 2 Bagian Terbaik Dari Keberanian Adalah Kebijaksanaan « Generasi Biru Lacak balik pada Maret 27, 2007 pukul 9:06 am
  3. 3 Yang Menghambat Kemajuan Umat Islam! « Parking Area Lacak balik pada Juni 6, 2007 pukul 9:38 pm
  4. 4 Beginikah Cerminan Umat Terbaik? « Generasi Biru Lacak balik pada Agustus 15, 2007 pukul 10:35 am
  5. 5 Semua Agama Sebangun Tapi Tidak KONGRUEN: Ngobrol agama dengan sedikit tinjauan matematika « manusia biasa Lacak balik pada Agustus 20, 2007 pukul 7:28 am
  6. 6 Slank Satu « Generasi Biru Lacak balik pada Agustus 23, 2007 pukul 2:13 am
  7. 7 B Ali, Mau Anda Apa Sih? « Amd Lacak balik pada Agustus 25, 2007 pukul 3:24 am
  8. 8 Saya Resah « All That I Can’t Leave Behind Lacak balik pada Oktober 18, 2009 pukul 1:54 pm
  9. 9 B Ali, Mau Anda Apa Sih? « A Sort of Homecoming Lacak balik pada Februari 18, 2010 pukul 6:54 pm
  10. 10 Berbagai Cara Culas Menulis Untuk Kemaslahatan Umat « Aa! Ooo! Aaa! Lacak balik pada Januari 25, 2013 pukul 10:44 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Menyesatkan...

  • 902,859 manusia

Am I A Rockstar?


Anindito Baskoro "Joe" Satrianto. Mahasiswa keren yang lagi belajar jadi bajingan. Menggauli Corel, Adobe, dan Macromedia lebih banyak ketimbang PHP, MySQL, atau VB.Net. Tingkat akhir, dan sedang bingung menyusun skripsi. Waktunya dihabiskan di kantin kampus dan Lab Omah TI, serta sekretariat Himakom UGM sambil ngecengin gadis-gadisnya. Ngganteng, pinter, tapi banyak utang.

Add to Technorati Favorites

RSS E-Books Bajakan? Oho!

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Tanggalan

Januari 2007
S S R K J S M
« Des   Feb »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Astaga! Padahal Keren…

Bundel

Penghuni Jogja Terbaik

Bali Blogger Community

Indonesian Muslim Blogger

Bloggers' Rights at EFF

KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 49 pengikut lainnya.