Balada Gadis Berjilbab Dengan Pakaian Membungkus Ketat

“Saiki soyo montok e, Joe.”
“Bajigur, bokonge apik tenan!”
“Opo sok dirempon karo bojone sing saiki?”
“Masih dengan style-nya, jilbab dan baju ketat.”
Atau yang baru aja kudengar tadi siang, “Mau aku ketemu *****, tapi kok kethoke saiki cara berpakaiannya rodo medeni, Cah.”

Yo’a, yang di atas itu cuma pembuka. Kalo aku nggak ngobrol sama seorang temenku waktu di lab inovasi siang tadi, mungkin aja tulisan ini nggak bakal pernah ada. Jadi intinya, kalimat di atas itu adalah kalimat yang paling sering kudengar dari anak-anak Ilkomp sejak setahun terakhir ini. Obyeknya apalagi kalo bukan tentang gaya berpakaian seseorang yang dulu pernah akrab sama aku. Biasanya kalo aku nerima komentar semacam di atas, maka aku cuma menjawab, “Wah, mbuh yo. Mbiyen pas karo aku biasa wae, kok. Ra tau nggatekke, Dab” atau dengan nada guyon tapi kepengen aku bakalan ngomong, “Omongi wae, entuk salam seko aku. Bilang, bocahe ta’enteni neng kamar.”

Dan selanjutnya maka komentarku bakal dibalas, “Gayane… Ra kelingan jaman semono,” atau juga, “Rupamu, Joe. Koyo wani-wanio wae.” (Mohon maaf, bagi yang tidak menguasai J2SE, J2ME, JDK, ataupun Javascript, maka tidak bakal mengerti isi dialog di atas.)

Balik ke judul. Ini sebenernya bukan pengen mendiskreditkan seseorang. Sebenernya malah aku sudah prihatin sama hal yang kayak gitu sejak dulu. Tapi ya gimana ya, wajar kan kalo kekritisan seseorang itu baru muncul ketika sesuatu yang (sempat) dimiliki terusik keberadaannya? Alasan lainnya, lama-lama ya aku bosen juga ndengerin komentar-komentar buat seseorang yang sudah nggak ada hubungannya sama aku. Kayaknya memang sudah saatnya aku merilis pendapatku tentang hal ini kepada publik. Alhasil, kalo waktu dulu, ngeliat orang lain yang kayak gitu aku cuma bisa senyum-senyum ngenyek. “Sido ora e?” Begitulah komentarku dalam hati kalo boleh mengutip istilahnya Topik, temen KKN-ku yang kebetulan anaknya Warek UGM.

Jilbab, tapi pakaiannya ketat, celana model hipster (kadang kalo lagi mbungkuk cawetnya sampe keliatan), menonjolkan lekuk-lekuk tubuh yang bisa dibanggakan, kayaknya jadi makin sering aja kuliat di sepanjang keramaian Jogja. Prihatin sekaligus dongkol aja ngeliatnya. Mbak-mbaknya ini sebenernya ngerti esensi dari perintah berjilbab atau enggak, tho?

Aku sering sinis aja kalo ngeliat cewek-cewek yang kayak gitu (dan celakanya aku jadi tambah sering sinis akhir-akhir ini). Dalam pandanganku aku berpikir, “Halah, Mbak… Nek pengen pamer bodi mbok mending ra sah nganggo jilbab, opo sisan wae udo. Mbangane ngisin-ngisini Islam.” Jujur, aku berpendapat kalo hal-hal yang mereka lakukan itu memperkeruh citra agama Islam.

Aku berpendapat lebih baik mereka-mereka yang nggak berjilbab tapi kelakuannya baik. Lebih baik nggak berjilbab daripada berjilbab tapi pamer bodi. Lha piye, menurutku esensi berjilbab itu untuk menjaga pandangan kaum pria, untuk mencegah wanita dilecehkan dan dijadikan obyek seksual kaum pria. Nah, kalo berjilbab tapi pakaiannya tetap ketat dan menonjolkan lekuk-lekuk tubuh yang khusus dipunyai oleh seorang wanita, ya tetap aja jadi obyek seksual!

Aku nggak tau kalo temen-temenku cowok yang lain gimana. Tapi aku sendiri, aku hampir nggak pernah terangsang sama cewek hanya karena masalah rambut (secara kasat mata, jilbab cuma terlihat menutupi rambut dan leher, kan?). Aku jauh lebih sering terangsang kalo ngeliat cewek yang bodinya mbentuk, mencetak bagian-bagian khusus milik wanita sampai menonjol, nggak peduli dia pake jilbab atau enggak, dan aku pikir mungkin aja temen-temen cowokku yang lain juga kayak gitu. Gampangannya, dibanding cewek nggak berjilbab tapi pakaiannya nggak ngepress, aku lebih terangsang sama cewek berjilbab yang pakaiannya ngepress! (Jangan tuduh aku mesum. Aku cuma bicara realita aja.)

Ini permasalahan umat, menurutku. Apa gunanya mereka berjilbab tapi nggak paham tentang esensi dari berjilbab itu sendiri? Bagiku, jauh lebih mulia mereka yang tidak berjilbab dalam masalah ini.

Mungkin ada yang berpendapat cara berpikirku salah. Fine, nggak pa-pa. Aku sendiri pendukung setia kebebasan berpendapat. Karena aku pernah membaca sebuah pendapat tentang Jilbab Hati vs Jilbab Fisik. Di situ ditulis, lebih baik jilbab fisik duluan ketimbang jilbab hati. Penulisnya bilang, jilbab fisik itu lebih mudah, maka dahulukanlah yang mudah, setelah itu baru pikirkan tentang jilbab hati. Karena juga, siapa yang bisa menjamin umur manusia? Takutnya, ketika jilbab hati belum sanggup dipakai dan jilbab fisik juga belum dikenakan, kita terlanjur dipanggil sama Pemilik Nyawa kita. Nah, kalo gitu takutnya dosa kita jadi dobel. Jilbab hati enggak, jilbab fisik juga belum.

Yup, betul! Tapi entar dulu, kita nggak bisa menggeneralisir semua masalah. Bahkan dalam hal apapun kita tetap perlu melihat dari banyak sudut pandang. Masih banyak yang perlu dikaji lebih dalam dari masalah ini. Bukan sekedar mana yang lebih gampang.

Liat dulu apa motivasi seseorang dalam memakai jilbab. Kalo memang motivasinya bener-bener buat memperbaiki diri, bolehlah pake jilbabnya bertahap: fisik dulu, terus lama-lama levelnya makin meningkat sampe ke jilbab hati.

Tapi kalo motivasinya lain, ya nanti dulu. Sedikit cerita aja dalam kasusku ^_^, dulu si ***** jilbabannya juga bisa dibilang biasa-biasa aja. Pakaiannya nggak ngepress. Normal. Bukan gara-gara dia dulu pernah deket sama aku kalo aku bilang dulu caranya dia berjilbab sangat serasi. Tapi lama kelamaan, lhadalhah…, kok bukannya makin baik, malah sekarang jadi suka menonjolkan lekuk-lekuk tubuhnya (dan jujur ta’akui kalo dia dulu kurus, nggak semontok sekarang).

Mungkin normal kalo dia pengen jadi pusat perhatian cowok-cowok sekarang. Aku pun juga gitu, kok. Masih seneng kalo jadi pusat perhatian cewek-cewek. Cuma ya, akhirnya aku mendefinisikan kalo dia nggak paham atas esensi berjilbab itu sendiri. Atau malah aku jadi meragukan motivasinya berjilbab dulu. Lha gimana, lha wong bukannya makin baik malah makin “binal”! Gimana mau menjaga pandangannya cowok-cowok kalo gitu? Yang ada ya dia malah dapet komentar-komentar kayak di atas tadi. Dan aku nggak tau, apakah dia justru bangga dapet komentar-komentar kayak di atas itu?

Nah, inilah dia. Ini Jogja, Dab! Kota pelajar. Karena sebutan kota pelajar itu akhirnya banyak orangtua yang merelakan anaknya merantau ke Jogja buat nuntut ilmu. Di lain pihak, selain menuntut ilmu, si anak kadang-kadang jadi ngerasa lepas dari pengawasan. Berbuat seenaknya. Toh nggak ada yang ngawasin ini. Nggak ada yang cerewet dan nggak ada yang tau kalo dia mau ngapain.

Buat yang dasar agamanya kurang bagus, jadinya sulit membedakan mana yang sebenernya boleh mana yang nggak. Atau boleh jadi malah keenakan terus ketagihan ngelakuin hal yang sebenernya nggak boleh dilakuin. Lha iya, mana ada dosa yang nggak enak?

Sekali lagi ini Jogja, Dab. Aku akuin, kadang-kadang aku masih terlibat dengan dunia malam. Lebih jujur lagi, aku ngelakuin itu pada dasarnya cuma penasaran sama apa yang membuat mereka ketagihan dengan dunia malam, selain nggak pengen dibilang ndesit ^_^

Dan ternyata aku memang bertemu dengan bermacam-macam karakter setelah kenalan dengan mereka-mereka yang lebih dulu terlibat di situ. Yang aku tau, ada yang kalo siang kita bakal nemuin dia berjilbab dan bertatus sebagai mahasiswi tukang nyembuhin orang sealmamater dengan aku, tapi ketika malam jangan heran kalo kita nemuin dia pake rok mini banget dan tanktop di Hugo’s atau TJ’s. Jangan bertambah heran juga kalo dia pernah ngadain private party di rumahnya dengan tamu yang semuanya cowok sedangkan dia cewek satu-satunya. Lagi-lagi jangan heran kalo dia bilang alasannya berjilbab sekedar, “Ya, biar aku nggak dinilai anak nakal aja di kampus.” Atau oknum lain yang pernah hampir berhasil menjebak aku di kamar kosnya (Astaghfirullah!) dengan entengnya bilang sambil senyum-senyum nakal, “(Jilbab) Ini cuma buat nutupin cupang, kok.”

Masih banyak contoh yang lainnya lagi. Dan inilah realita lain dari motivasi seorang cewek untuk berjilbab! Tentang pendapat Jilbab Hati vs Jilbab Fisik tadi, aku nggak tau mana yang harusnya lebih dulu dilakukan dan mana yang lebih mulia. Aku nggak berhak nge-judge seseorang bener atau salah. Biar Tuhanku yang nentuin. Dia lebih tau. Maka kalo aku pribadi disuruh milih mana yang lebih baik, sebagai seorang manusia yang sudah diberi hak prerogatif oleh Tuhan untuk memilih, aku bakal lebih milih cewek nggak berjilbab tapi kelakuannya nggak minus daripada cewek berjilbab tapi dengan entengnya ngajak aku tidur dalam keadaan setengah mabuk.

Yang jelas, sekarang aku sudah cukup tenang dengan seorang gadis berjilbab di dekatku. Dan, Insya Allah, dia benar-benar berjilbab.

199 Tanggapan ke “Balada Gadis Berjilbab Dengan Pakaian Membungkus Ketat”


  1. 1 yoan Agustus 5, 2006 pukul 2:51 am

    ee..yang mo nikah ..selamat yee…

  2. 2 indri hasnur Agustus 6, 2006 pukul 11:19 am

    sip bozzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz

  3. 3 joesatch Agustus 6, 2006 pukul 1:06 pm

    trimakasih…trimakasih…atas dukungan kalian semua. tanpa kalian semua, saya tidak akan pernah berdiri di panggung ini…

  4. 4 Jay_Manizzz Agustus 7, 2006 pukul 4:11 am

    no comment deh

  5. 5 Dino Agustus 10, 2006 pukul 10:01 am

    Joe… biarkan waktu yang bicara, tak dunga awakmu entuk seseorang yang jauh lebih baik, amin…. Btw, teko loh yo neng acara maem maem, koe meh tak kenalke karo konco ku seng semok gelem ra?? hehehehhe…

  6. 6 joesatch Agustus 10, 2006 pukul 1:39 pm

    wahahahaha….thx u din…thx u…

  7. 7 fourida Agustus 23, 2006 pukul 2:56 am

    hi joe.kita blom kenal.
    tapi..ngebaca opini kamu,boleh juga.cuman..klo kita smua -satu-satu-beropini,kebayang dong ruwetnya.
    naa…gmn klo mulai skrg,kita mulai merhatiin n mikir ato nyari cara buat ngelakuin sesuatu biar yg minus itu jadi positif?!apalagi,kamu udah banyak tau plus gampang kenal orang.manfaatin tuh.gak usah mikirin hasil,bakal berubah gak?ato seberapa gede perubahan itu?
    yaa…paling gak,kita gak omdo [omong doang].sayang dongg..ide udah brilian gitu,dianggurin aja.apalagi klo cuma jadi pelengkap obrolan.sayang bgt kan?!
    bikin komunitas[klo yg ini pasti udah jago],ato gabung ma temen2 laen yg punya tujuan sama.
    gud lak,joe,buat apa aja yg kamu lakuin. tapi,moga lebih bermakna.ada yg bilang mo nikah tu..jadi,siap-siap mimpin yak?!

  8. 8 joesatch Agustus 23, 2006 pukul 6:47 am

    to fourida:::
    hehehehe, aku udah ngomong sama anaknya kok, meski cuma lewat sms. trus aku juga udah nitip pesen ke temen deketnya buat jagain dia. ya pokoknya, kayaknya semua yg bisa aku lakuin buat dia udah kulakuin…ya kayaknya sih gitu, hehehehe.
    btw, kamu sapa ya? kekekekekekeke

  9. 9 ar'y Oktober 29, 2006 pukul 12:12 am

    alo … lam knl…blognya bagus..isi tulisannya bagus..tapi kalimatnya kurang baguss…klo orang jawa tauuuu..klo yang lain pingin tau..

  10. 10 joesatch Oktober 29, 2006 pukul 12:54 pm

    belajarlah javascript, huehehehehe…
    bcanda..bcanda…kekekeke…
    gimana ya…kdg2, as a javanese, ada kalimat yg kalo ditulis pake bahasa indonesia malah jadi terkesan kurang kerasa emosinya, kekekeke

  11. 11 rendy Nopember 29, 2006 pukul 12:50 pm

    jujur.. saya salut dengan kejujuran anda. next, kita lakuin yang terbaik deh. karena kita udah tau yang buruk seperti apa. ok?! maju terus broo..

    -surabaya-

  12. 12 joesatch Nopember 29, 2006 pukul 3:13 pm

    trimakasih :) mari kita maju bersama2
    -jokja-

  13. 13 ggg Desember 17, 2006 pukul 4:28 pm

    bajingan kabeh asuuuuuuuu kirik
    dasar bajingan2 penghuni neraka

  14. 14 joesatch Desember 17, 2006 pukul 10:51 pm

    anda beruntung, sobat muda. di blog ini segala macam pisuhan diterima. bahkan anda dipersilahkan dan diharapkan untuk mentranslatenya ke bhs indonesia, supaya memudahkan orang lain untuk memahami artinya, kakakakaka!

  15. 15 choliel Desember 22, 2006 pukul 10:38 pm

    aku rasa pendapatmu benar,mereka semua hanya memberi citra negatif pada islam.dan sangat berbahaya bila ditiru oleh cewek muslim lainnya.

  16. 16 joesatch Desember 23, 2006 pukul 1:09 pm

    dan, pernahkah anda tau ttg gadis berjilbab yang bisa dibayar untuk tidur? saya pernah tau ^_^

  17. 17 MaIDeN Januari 5, 2007 pukul 6:26 am

    jilbab bukan jaminan … jangan dijadikan acuan dalam menilai orang …

    analogi:
    … pernah ketemu cewek ngelonte pake jilbab ? ndak masalah … hal biasa … nggak perlu di permasalahkan jilbabnya. Ngelontenya itu baru masalah …

  18. 18 joesatch Januari 5, 2007 pukul 9:44 am

    pernah. sejujurnya bukan saya, tapi seorang rekan yang memang sukanya maksiat, hahaha. dan dengan bangganya dia cerita sama saya (ceritanya ta’jamin hampir 100% bener. temen dari jaman muda soale. dan nggak ada rahasia lagi diantara kami). nunjukin foto ceweknya pula. memang cakep sih, pake jilbab lagi. sayangnya kok ya lonte :D

  19. 19 kakashi Januari 5, 2007 pukul 11:35 am

    ehm, asik jg liat2 blogny mz joe..
    bagus
    tp kok ya masih ada salah persepsi ttg jilbab.
    coba buka d Al-Ahzab 59, trus liat footnotenya (btw bukannya merintah2 loh…), ada keterangan definisi jilbab d situ, yaitu pakaian yang seperti lorong yg bisa menutupi seluruh aurat wanita (well, redaksionalny mungkin agak beda) or baca tafsir (tp jgn yg kontemporer) atawa baca kamus bahasa arab (inget bukan yg kontemporer, cuz udah bnyak perubahan makna). tafsirnya klo ga salah tafsir jalalain, klo ga salah lho, seingetku. nah jd definisi jilbab itu baju lorong yang mampu menutup aurat wanita, beda ama khimar (kerudung-red). mungkin klo d indonesia jilbab itu malah disebut dg gamis, sedangkan kerudung/khimar disebut jilbab. nah inilah kesalahan persepsi yg banyak terjadi d indonesia. klo mngenai khimar/kerudung itu bisa dibaca d An-Nuur 31, nah di situ disebutkan batas minimal penggunaan khimar, yaitu sampai menutupi dada. klo kurang?? ya dosa.
    klo ga pake jilbab?? ya dosa.
    jd klo khimar and jilbab (inget ya, and/dan bukan atau!!) dipake, maka pandangan pria akan terjaga…
    dan itu memang sebuah kewajiban buat para muslimah.
    oke deh, sori panjang, hehe
    piss yah!!

  20. 20 joesatch Januari 5, 2007 pukul 8:53 pm

    terima kasih atas pencerahannya :)

  21. 21 manusiasuper Januari 13, 2007 pukul 11:01 am

    Dulu, waktu masih “bajingan”
    Saya dan teman2 kuliah pernah taruhan, kita cari pacar berjilbab, siapa yang berhasil membuat pacarnya melolosi jilbabnya paling cepat, dia menang…

    Lebih menang lagi kalo pacarnya sendiri yang inisiatif melepaskan jilbab (dan pakaian)sendiri…

    Untung, saya kalah…

  22. 22 anakkalisekarang Januari 17, 2007 pukul 11:12 pm

    hwehehe..kritis dan ‘nonjok’..
    Joe : “memang cakep sih, pake jilbab lagi. sayangnya kok ya lonte :D”
    JilbabOhay : “yaa gmn ya mas, kalo ndak gini saya gak laku dunk, sayang kan kecantikan saya?”

    susah juga ya..

  23. 23 chie Januari 18, 2007 pukul 1:31 pm

    Saya ngerti j2se japaskrip etc tapi ga ngerti njawa hu3…masa kudu ikut pelatihan lagih -c p d-

  24. 24 joesatch Januari 18, 2007 pukul 5:32 pm

    manusiasuper:::
    ada cerita yang berhasil kah? sebenernya, aku kalo ditanya alasannya kenapa suka cewek berjilbab, kdg2 menjawab ngawur seperti alasan temen2mu, huhuhu: “Lha piye, aku bikin cewek nggak berjilbab jadi pake jilbab itu gampang, tapi yang sebaliknya justru tantangan.” :P
    anakkalisekarang:::
    sangat susah! nggolek wadon apikan angele puol! dan aku pengen menunjukkan bahwa “tuts keyboard lebih tajam daripada pedang” :D
    chie:::
    berarti kamu belum paham esensi dasar java language, chie. di kamus inggris-indonesia, java itu berarti jawa, kan? kekekeke! eh, tapi ngerti inti tulisanku, kan? kalo ada yang nggak dimengerti tanya aja, ntar ta’kasih tau

  25. 25 de King Januari 19, 2007 pukul 7:25 am

    sebenernya ini postingan ‘jaman baheula’ ya?so sorry kalo telat kasih comment…maklum dulu aku g pny duit buat ke warnet
    so aku br kasih comment sekarang mumpung lg dpt gratisan ngénét..
    comment-ku…1000,90909% aku setuju sama kamu joe…
    dulu kala sekitar tahun 2002 aku prnah nulis dgn judul FATAMORGANA JILBAB..
    berhubung jaman dulu aku g kenal dgn teknologi so tulisanku itu cuma tak ‘publikasikan’ lewat teman2..maksutku tak print n tak kasih k tmn2 kuliah gt loh…(ada jg sih media publikasi lain yg tak pk tp rahasia)..
    dan….
    ternyata reaksi orang2 yg baca tulisanku bnyk yg keras…ada yg ngomongin aku aliran sesat lah, ada yg omong justru aku yg g tau makna berjilbab d.el.el
    Ya…sekali lagi beginilah jaman…
    Semua serba aneh (terutma aku dan kamu juga joe)…

  26. 26 chie Januari 19, 2007 pukul 9:03 am

    joe::teuteup aja beda ~~’ btw bisa vb ga??ajarin dung dung -kedip2 nista-

  27. 27 ABe Januari 19, 2007 pukul 2:55 pm

    Lambemu Jo..(pelafalan Jo seperti pada motor, bukan Jo seperti pada Hugo’s) Nek ngene terus yo apiklah :))
    Tetap dakwah lewat tulisan!!!

  28. 28 beratz Januari 22, 2007 pukul 3:47 pm

    dan, pernahkah anda tau ttg gadis berjilbab yang bisa dibayar untuk tidur? saya pernah tau ^_^

    bisa nggak antum buat cerita ke kita-kita
    lam kenal

  29. 29 joesatch Januari 22, 2007 pukul 7:57 pm

    lho ya, yang tidur bukan aku. aku cuma diceritain temenku yang tidur barengan itu tanpa bertanya detail kejadiannya. jadi kalo antum pengen tau bagaimana dahsyatnya geliat dan erangan cewek itu, waduh ana nggak bisa bantu banyak :)

  30. 30 sufehmi Januari 25, 2007 pukul 6:49 am

    LOL :D btw; great blog !

  31. 31 ajab Januari 27, 2007 pukul 5:37 pm

    yah sama aja dab. klo pacar lo berjilbab tu jg ga bener. klo bener2 berjilbab n bener2 banget harusnya ga ngenal pacaran dong….ni

  32. 32 joesatch Januari 27, 2007 pukul 5:44 pm

    kata siapa pacaran itu haram? :D

  33. 33 ARI Januari 28, 2007 pukul 10:58 pm

    Makanya buat apa sih pakai Jilbab segala, emang kita di Timur Tengah yang padang pasir terus banyak debu…..kalau disini salah-salah nanti ketombe, rambut rontok jadi botak luh… Gue sih saranin gak usah pakai Jilbab deh kalau di Indonesia lagian dengan Jilbab tapi kelakuan luh seperti itu malah jadi elu ngejelekin Islam dan suatu hari lu pasti di razia FPI terus digerayangin baru tau rasa luh….

  34. 34 crizosaiii Januari 31, 2007 pukul 9:06 pm

    jilbab ato bukan.. kak cewek juga loh. jadi cuma cewe itu yg berhak nentuin nasibnya sendiri, mo jadi cewe alim ato lonte ya terserah lah yauu.. kita-kita cuma bisa nasehatin.
    hehehe.. :D

  35. 35 life_love Februari 1, 2007 pukul 11:01 am

    nice article! ;)

  36. 36 Ma Februari 7, 2007 pukul 12:12 am

    Kalo alesan ga pake jilbab lantaran ketombe,, menurut gw siih ga ada bedanya sama pake jilbab gar agara nutupin cupang,, bedanya yang cupang itu udah jelek duluan,, yang sama itu satu hal,, “alesan!!”

    bener tuh,ya ng nentuin mau pake jilbab apa ngga kan cewe sendiri sendiri,, wajibnya pake, kalo dia ngga mau, ya mo gimana,, kaya solat,, gitu juga,,

    Lagian definisi jilbab di indonesia tuh kebanyakan bukan jilbab,, karena kalo emang mau dibilang jilbab ya menutupi dada dan ga ngebuka aurat,, kayanya ga terlalu susah ngebedainnya kok,,

    btw,, nice one,,

  37. 37 Miejie_is_kira_lover Februari 7, 2007 pukul 12:28 am

    well..waktu aku OL jam 12 malem mau nyari bahan untuk tugas dosenku, senior ku kirim message:”http://joesatch.wordpress.com/2006/08/05/balada-gadis-berjilbab-dengan-pakaian-membungkus-ketat/”
    “baca deh…”

    Sama sekali nggak ada yang mengejutkan dari tulisan kamu…di seluruh plosok indonesia banyak banget cewe berjilbab dengan penampilan kayak gitu.

    untuk cewe2 sekitar kamu yang berpenampilan kayak gitu saranin
    aja untuk lepas jibabnya kl g bisa nyesuain dengan busana dan prilakunya..kan gampang..
    orang cewe2 di iran, mesir,pakistan(negara islam asli) cuma 60% sekarang yang pake jilbab, so nggak berjilbab emang nggak haram..yang lebih haram kalo g bisa jaga aurat dan prilaku…

    comment na kepanjangan deh…abis blog na ditulis dengan baik n rapi sih..enak di baca..
    well bro.. sukses yah…

    note: aku sendiri br 1 semester pake jilbab :P

  38. 38 kumala Februari 10, 2007 pukul 1:19 pm

    aku rak jilbaban oq. garwoku yo kaji padahal. ning yo men nek aku dosa, mlebu neraka. tak tanggung’e dewe. pokok’e sing wajib2 alhamdulillah iso tak lakoni. nik ono rejeki sitik, yo amal barang.

  39. 39 joesatch Februari 10, 2007 pukul 7:03 pm

    ARI:::
    buat apa pake jilbab????? anda belum tahu, sobat. cewe yang pake jilbab itu justru jauh lebih menantang, kakakakakakaka!
    crizosaiii & Ma:::
    cuma prihatin aja, john… dan sedikit nggak rela aja kalo mantan pacarku “dinikmati” cowo2 lain, kakakakaka…
    walopun sudah mantan, tapi aku kan “pernah” sayang sama dia :P
    life_love:::
    thx u!
    Miejie_is_kira_lover:::
    wew…seniormu siapa sih? jgn2 fans gelapku lagi :D makasih juga buat pujian tulisanku rapi, ya
    kumala:::
    wah, kata pak uztad (mbuh uztad’e valid po ra), garwonipun panjenengen juga bisa keseret dosa, lho. dengan tuduhan dan dakwaan tidak bisa memberikan tuntunan kepada pasangannya :) makanya, aku jadi berpikir nikah itu berat konsekuensinya. karena itulah aku belum memutuskan buat nikah sampe skrg :)

  40. 40 kumala Februari 10, 2007 pukul 8:30 pm

    lha piye.. wong dia udah pernah bilang/jani: “kemanapun dirimu pergi aku akan turut serta”
    trus tak tanya: “lha klo aku ke neraka?”
    jawabnya: “teteup. mantebh!”

    yo wis, piye maneh, om.. speechless saya..

  41. 41 joesatch Februari 11, 2007 pukul 11:08 am

    berbahagialah, mbak, kalo begitu :)

  42. 42 satch_boogie Februari 11, 2007 pukul 11:35 am

    mas joesatch pasti fansnya joe satriani khan? sama dong! boleh minta mp3 nya ngga (You Saved My Life) ? please….(maaf ngga nyambung.

  43. 43 rizmaadlia Februari 12, 2007 pukul 9:01 pm

    ampun bos,, saya baru ngelapor di posting sebelomnya kalo kmaren bikin blog denga nreferensi anda,, hehehe,, iya, ngefans,,! abis ga biasa,,

    keep up the good work,,

  44. 44 abdulsomad Februari 13, 2007 pukul 8:12 am

    joe…
    Keadaan seperti inilah sebenarnya yang saya risaukan, bukan saya menghujat, tapi keprihatinan yang mendalam;
    joe… antum mestinya melihat dengan “bashirah”, bukan melihat dengan mata, tapi dengan penglihatan, tanya pada hatimu, kenapa wanita akhir zaman ini menjadi begini? menjadi demikian rusak nya? ada apa ini joe? gejala apa ini?

  45. 45 Farid Februari 14, 2007 pukul 11:37 am

    mas, bisa ga menggunakan bahasa yang bisa dimengerti oleh semua penduduk indonesia??????

  46. 46 ayOe_imyuTzz Februari 16, 2007 pukul 8:06 pm

    9mna ya maz, problema anak zaman sekarang..
    dosa..dosa.. atas kerudung bawah kok warung..
    amyiT-amYit decH… nauDzuBillah Himin dZaliQ..

  47. 47 joesatch Februari 16, 2007 pukul 10:55 pm

    satch_boogie:::
    wah, ndak ada tu. dah lama ndak hunting mp3, hehehehe
    rizmaadlia:::
    hohoho, blognya wadehel lebih ndak biasa tuh :)
    abdulsomad:::
    gejala mau kiamat, pak uztad :)
    Farid:::
    bisa kok, mas. nah, silahkan ditanya, bagian mana yang kurang jelas? nanti ta’terjemahin.
    ayOe_imyuTzz:::
    mereka2 itu sulit menolak kenikmatan seksual. yah namanya juga manusia. yah namanya juga dosa, ndak ada yang ndak enak, kekekeke :P

  48. 48 Farid Februari 19, 2007 pukul 7:26 pm

    di daerah sekitar saya ada yang lebih parah. berkerudung, tapi kerudungnya dililit keleher, jadi lehernya plus daerah bawah leher dan sekitar dada masih keliatan. Buat manusiasuper : emangnya sekarang lo sudah bukan bajingan lagi?

  49. 49 Mbah Gambleh Februari 20, 2007 pukul 12:16 am

    Top dab. Pilih bojo sing ngati-ati. Sekali salah pilih, menyesal seumur hidup. Eling pitutur e simbah “Yen lagi golek bojo, bukaken matamu ombo-ombo. Yen wis oleh tutupen matamu rapet-rapet.” Maksud e rasah jlalatan meneh.

  50. 50 orido Februari 20, 2007 pukul 8:44 am

    mmm…
    ntar bikin bahan HOTD ttg jilbab aaahhhh…

  51. 51 kakashichi Februari 20, 2007 pukul 9:02 am

    mz jo, kok di komen ada yang bilang jilbab tuh gak wajib or suka-suka si cewek mau pake oato engga.. padahal itu kan wajib… aku udah baca postinganmu yg baru itu, yg ada komen dari mbak aisyah. komennya bagus, sopan lagi.. gak kayak tulisan di blog yang menghujatmu, jujur, tulisan di blog itu amlah bikin sebel..
    berjilbab dan berkerudung sama wajibnya dengan solat. bener kata mbak aisyah, masa sich kita berani nolak hukum Allah.. padahal kita hidup di buminya Allah..
    bener juga kata mas abdulsomad, mestinya kita gak cuman mengkritisi orang-orang yang pake kerudung gaul dan berlaku kacau, tapi kita juga memikirkan bagaimana caranya supaya mereka bisa sadar dan jadi muslimah yang baik..
    bukan hanya mencela (eh, jangan mencela malah, tapi mengingatkan..) tapi mengusahakan solusi supaya mereka jadi sadar. Coba sistem Islam bisa ditegakkan secara kaffah, pasti ga ada yang kayak gini…

  52. 52 maruria Februari 20, 2007 pukul 12:34 pm

    Weits..jadi kesentil juga nih baca entry-mu.
    Jujur jaman kuliah dulu, waktu masih muda, saya juga pake jilbab, tapi masih baju anak muda. Masih ngikutin trend. Baju gaul, ngepres, bedanya cuma berjilbab dan berlengan panjang. Sisanya, sama kaya anak2 non-jilbaber.
    Tapi sekarang, ketika saya sudah bekerja, saya mulai sadar, kalo itu ga bener. Jadi lumayan lah sekarang, baju agak longgar n menutupi pantat, meski masih pake celana panjang, hehehe…

  53. 53 joesatch Februari 21, 2007 pukul 4:56 pm

    Farid:::
    yang kayak gitu di jokja juga banyak lho, mas
    Mbah Gambleh:::
    injih, mbah
    orido:::
    silahken mas. saya tunggu
    kakashichi:::
    kalo masalah komen, itu hak perorangan mereka mau berkomentar apa. saya nggak bisa berbuat banyak. dan saya juga nggak mau melakukan tindakan yang tidak bijaksana dengan menghapus komen2 yang kira2nya tidak sehaluan dengan saya. di blog saya, semua orang boleh nyonthong sebebas-bebasnya. justru dari situ bisa kita kira2 kan sampai di mana kapasitas intelektual dan jalan pikiran seseorang :P
    maruria:::
    alhamdulillah kalo gitu, mbak :)

  54. 54 syamsudin Februari 24, 2007 pukul 8:13 pm

    Wah sakdurunge salam kenal sek yo dab ! aku mo ngomentarin dikit tentang tulisan yang ini.
    […] Pada suatu malam ada pasangan user cowok-cewek masuk ke warnetnya. Cowoknya nggak diceritain secara detail sama Udin, karena dia tahu toh aku nggak bakal tertarik. Tapi yang cewek, Udin bilang, cantik, putih, kelihatannya sedikit berdarah Timur Tengah, dan (celakanya?) jilbaban. Melihat situasi yang agak janggal (ya iyalah, cewek yang interface-nya alim masuk box sama cowok berdua larut malam), Udin mengkode teman-temannya sesama operator buat siap-siap siapa tau ada live-show. […]

    lha soale aku juga sering mlebu warnet karo cewek,tapi cewek kuwi bojoku dab kakakakak..!
    mosok suami istri ra oleh mlebu sak kotak bareng…?

  55. 55 joesatch Februari 25, 2007 pukul 10:10 am

    wah, boleh2 aja kok, mas. ndak ada yang ndak mbolehin kok. tapi ya kalo semisalnya mau sekalian mengumbar syahwat di box, ya siap2 aja jadi tontonan, kekekeke!

  56. 56 honey Februari 27, 2007 pukul 4:21 pm

    hello. im from malaysia. nice to chat with u all. i think this section was interesting.whatever it is our life are not finish in the world but……..just think by u self.see ya.

  57. 57 tanuki_racoon Februari 28, 2007 pukul 11:25 am

    Jujur ja, gw salah satu cew speerti yg ditulis diatas itu. Tapii……. masalahnya disini gw mank belom siap pake jilbab, boleh dibilang masih pengen bandel -bukan bandel macem2, yg ampe gila2an bikin private party atau clubbing, secara gw aja ga suka n ga akan pernah masuk yg namanya tempat gituan-, gw pake jilbab karena mank dikampus itu ngewajib-kan cew pake jilbaba, tau lah dimana! dan lagi gw juga ga mau masuk kampus ini sebenernya, krn itu td takut ma aturan yg gw pikir super ketat n harus pake jilbab. tapi setyelah gw masuk kampus ini gw dah mulai tuh pake jilbab, walaupun masih jilbab racing(buka pke). tapi toh gw cuma berusaha nempatkan diri, gw dah pake jilbab yg nutupin aurat, walaupun gw mank suka pake baju yg aneh2, itu gw lakuin supaya ga bosen, orang2 fakultas gw juga tau gw klo dirumah ga pke jilbab dan mereka ga da yg nuding gw jelek atau apa. gw mulai mikir tyernyata kampus ini torelansi nya tinggi ya. tapi setelah berjalan beberapa bulan gwe sadar ada anak2 lain yg bener2 aneh ya, pake jilbab tapi lehernya keliatan, peke jilbab tapi itu nya ngebentuk banget, pake jilbab tapi jalan rangkulan ma co, pake jilbab tapi ngomongnya kebon binatang, pake jilbaab tapi rok nya gantung, LOCH??????! kok serem ya??? gw nanya ma temen gw apa gw keliatan aneh kayak meraka itu, tp mereka bilang ga, malah mereka suka dengan apa yg gw pakai(sampai senior yg terkenal alimnya pernah nanyain gw siapa, dia bilang “dia siapa c?klo pake baju kok unik ya, enak aja diliatnya”), tapi gw juga jadi mikir sediri apa iya orang lain ga berpikiran jelek ma gw dan tetap nilai gw positif? karena dari luar mungkin gw hampir sama kayak meraka, gw sebenernya masuk golongan mana? secara gw mank pake jilbab dikampus doang itu sbg kewajiban kampus(walau gw tau itu kewajiban agama), tapi toh gw ga kaya mereka, gw terang2an pakai jilbab krn kuliah, n disaat gw berjilbab gw juga brusaha jaga sikap, dan gw mank ga suka bersikap ky ce ga tau aturan sopan santun. tapi kayak nya orang2 diluar sana nganggep klo cew yg pake jilbab yg diiket atau pake bergo(kerudung langsung pakai)itu cuma jilbab fisik aja, gw cuma jadi serba salah aja klo gitu, klo gw berniat beneran pake jilbab pun gw ga mungkin pake jilbab gamis yg bener2 gombrong, krn itu bukan ciri gw. gw mank suka pake baju yg ngebentuk tapi ga ketat, tapi knapa org yg ga tau gw ngira gw sama aja ky mereka (yg pake jilbab cuma nutupin kejelekan) dan sinis nya bilang “ini nih ciri ahwat yg ga bener”, klo gw ga inget gw lg pake jilbab, gw dah gampar tuh cowo2 yg sok tau (maap, ini kebiasaan smu yg tomboy). disini gw bukan mau bela diri, tp cuma mau bilang jangan nilai mereka yg cuma pakai bergo dan jeans itu sbg setan2 berjilbab, mungkin aja mereka lg belajar pakai jilbab, klo seandainya baru belajar udah dicap begitu pasti nya niat pake jilbab batal, krn ternyata mendingn ga pke jlbab dan org tetap menilai baik daripada pake jilbab kesan nya jadi manusia terkutuk yg ga tau apa itu arti jilbab. sorry jadi curhat n maap klo da kata2 yg ga berkenan.. v(o^.^o)v

  58. 58 lambrtz Februari 28, 2007 pukul 12:37 pm

    yang penting kelakuannya. kelakuan bagus, otomatis busana mengikuti

  59. 59 nine Maret 2, 2007 pukul 12:10 pm

    cukup bagus, tapi tidak semuanya yang begitu. Tapi apo yang dikecek-an itu memang banyak nampak kini. kalau ingin mancaliak banyak cewek pakai jilbab, datanglah ka daerah ambo, disiko hampia sadoalahannyo cewek nyo pakai jilbab. Inyo yang sabana-bana bajilbab?? tapi situ alah ado,

  60. 60 agus flores Maret 2, 2007 pukul 3:15 pm

    hey… km yang bermaksud yang ga bener dengan memakai jilbab…jangan coba2 memakai untuk hal2 yang ga benar…. plzzzzz…klo km terketuk maka jangan lakukan hal yang memalukan itu…ungatttt!!!!! menyesal lebih baik dari pada tudak sama sekali tp jangan bilang klo menyesal ga ada artinya,mungkin hidup km akan lebih baik…selamat berjuang SOBAT KU…..

  61. 61 joesatch Maret 2, 2007 pukul 5:14 pm

    honey:::
    halo juga. makasih jauh2 datang dari malaysia. bisa mengerti tulisan saya, kan? hehehehe
    tanuki_racoon:::
    uii ya, mbak? silahkan…silahkan…curhat juga gpp kok. sering2 main ke sini ya :)
    lambrtz:::
    sejujurnya, aku juga setuju dengan “perbaiki dulu kelakuannya”. tapi, mbe, seperti katamu, ayu is ayu. mau kayak gimana, nek dasare ayu yo tetep wae ayu (yeah, meskipun cuma secara fisik, kekeke)
    nine:::
    tentu saja tidak semuanya :) insya allah gadisku, contohnya, wekekekeke!
    agus flores:::
    selamat berjuang juga, mas agus…

  62. 62 ulan Maret 3, 2007 pukul 7:50 pm

    Your comenT iS good….
    I aGree wiTh ‘U !!
    Aq sukA dgN caRa Qm mNyampaikNna….
    moGa aJ paRa gDis brJilbab yG bLom bS jd baeQ eH stLh bCa iNi hTi na jD tRgugah…Amin…..
    kRn aQ juGa waNita bRjilbB…& Insya4JJI aQ makE’ny dR haTi….

  63. 63 MaIDeN Maret 6, 2007 pukul 8:46 am

    Anggap aja jilbab itu salah satu mode berpakaian … Pasti mindset kamu berubah …

    … perempuan berjilbab jadi lonte …
    … perempuan berjilbab jadi ustadz …
    … perempuan berjilbab suka nyabu …
    … perempuan berjilbab suka ke majelis taklim …
    dst …

    Apa yang membedakan mereka ? Jilbabnya ?

  64. 64 joesatch Maret 6, 2007 pukul 10:18 am

    itu dia, mas. mereka2 yang menganggap jilbab cuma sebatas mode pakaian itulah yang kadang2 bikin horny :P

  65. 65 apri Maret 7, 2007 pukul 6:59 am

    misuhmu kuwi bos..marahi nesu..tur ko yo lucu
    greatness!Barca kalah ndez

  66. 66 chielicious Maret 8, 2007 pukul 9:39 am

    Gw merasa koq bejilbab tapi masi suka ngomong kasar ..*maklum bekas penjaga kebon binatang*

    tapi at least gw melakukan itu pada tempatnya..gw ngomong kotor cuma ke temen2 deket gw doank..

    yang gw ga bisa terima ..kenapa klo bejilbab orang jadi beranggapan klo kita lebih rajin ibadah..rajin solat..pinter ngaji..

    kesannya sperti mengkotakkan seseorang hanya karena atribut..

    =3

    -halah gondrong-

  67. 67 masdhenk Maret 10, 2007 pukul 6:30 pm

    wes, ndang nikah ae mas…
    aku yo sebel pol nek onok bocah jilbaban tapi wudo (tapi gak sebel ndelok)…..wekekekekek
    apik mas.. (api meneh yen iso diwoco karo sing bersangkutan..) wekekekeke

  68. 68 samsonasik Maret 10, 2007 pukul 6:48 pm

    jilbab emang bukan jaminan orang itu berkelakuan baik, tapi yang jelas, pakai jilbab itu wajib bagi wanita yang sudah haid, itu yang jelas!

  69. 69 rosi Maret 10, 2007 pukul 11:28 pm

    NGISING KABEH

  70. 70 arul Maret 11, 2007 pukul 5:17 pm

    mereka pakai jilbab tapi belum menggunakan hijab….
    sebenarnya dalam islam itu itulah hijab yang benar2 menutup aurat….

    btw I like ur opinion….
    kadang diskusi2 yang kamu lontarkan sering menjadi bahan diskusi gdn teman2 saya…

  71. 71 arul Maret 11, 2007 pukul 5:32 pm

    anda telah mengekspliotasi wanita nih…dengan menampilkan fotonya untuk diliat…. ..

  72. 72 arul Maret 11, 2007 pukul 5:36 pm

    upz.. comment sebelumnya salah tempat :)

  73. 73 joesatch Maret 11, 2007 pukul 7:35 pm

    masdhenk:::
    bojoku sing saiki yo malah nesu kok, mas. mesakke nek ngantek mantanku moco tenanan, jarene
    samsonasik:::
    ya…ya…saya setubuh, eh setuju
    rosi:::
    ngising? ndak balapan aja, mas valen? :P
    arul:::
    wah, makasih banyak kalo saya jadi inspirasi, mas arul….hehehe, jadi pgn malu :)

  74. 74 tyo Maret 11, 2007 pukul 11:04 pm

    mas aku kagum dgn jiwa pemikaranne sampeyan …sangat dewasa berpandangan luas waduhh aku sampai ga bisa diem…

  75. 75 arul Maret 11, 2007 pukul 11:30 pm

    kapan saya ngomong tulisanmu mengispirasi?? perasaan ga kdeh.. cuman bilang kalo “I like ur opinion… ”
    dan bahasan yang kamu ungkap ini sering jadi bahan perbincangan teman2ku.. gitoh….
    btw… coba cari alasan yang lebih syar’i deh…

  76. 76 bahtiar Maret 13, 2007 pukul 4:18 pm

    kok ga ada gambarnya :(

  77. 77 desti Maret 13, 2007 pukul 6:39 pm

    hmmm…byk jg ya pendapat spt ini.
    pengayaan nih!^_^

  78. 78 ani Maret 14, 2007 pukul 3:03 pm

    kalo kamu laki-laki muslim yang baik dan tau agama, bukan mencela tapi menasehati atau memperbaiki.jangan cuma ngatain, tapi beritau dgn baik2, toh kamu laki-laki malah menjerumuskan wanita berjilbab itu sendiri, kalo ada yang sampai taruhan untuk melepas jilbab cewek. bearti kamu juga setan dong, menggoda orang berjilbab.sampai dia lepas jilbab.

  79. 79 joesatch Maret 14, 2007 pukul 3:14 pm

    tyo:::
    oh ya? hehehehe

    arul:::
    berarti saya cuma salah menarik kesimpulan, dunk. alasan yang lebih syar’i? lebih syar’i bagemana maksudnya? saya pikir islam toh manusiawi, dan tulisan saya menurut saya juga cukup manusiawi

    bahtiar:::
    ada kok. tapi ndak di postingan ini, hehehe

    desti:::
    beginilah dunia, mbak

    ani:::
    saya bukan muslim yang “baik” dan “tau” agama kok, mbak. saya ini bajingan :)

  80. 80 hmm... Maret 15, 2007 pukul 3:16 pm

    saya pke kerudung…tp kadang2 pengen buka kerudung itu…
    6 thn lalu saya dipaksa pake kerudung sm mba2 “Jilbaber” dsini (IPB) hmm..rupanya Hidayah itu blm datang kepadaku juga

  81. 81 desti Maret 15, 2007 pukul 4:31 pm

    @hmm…
    Sebaiknya jangan. Hidayah itu tak datang begitu saja, harus dicari. Kalau merasa belum benar, berusaha jadi benar. “Ilmu” kurang, di-cukup-kan.

    Ah, saiya seperti sudah expert saja….

  82. 82 kakaceria :) Maret 17, 2007 pukul 6:02 am

    eh sopo je Joe …?
    aq ra reti ki..
    wis suwe ra dolan neng kampus ki…

    btw kowe arep dadi ahli per-jilbabpan po ?
    koq topikmu ngeneki terus ?

    *terbang*

  83. 83 lambrtz Maret 18, 2007 pukul 11:54 am

    “saya bukan muslim yang “baik” dan “tau” agama kok, mbak. saya ini bajingan :)”
    tau diri :p

  84. 84 danasatriya Maret 23, 2007 pukul 12:29 pm

    penulisan ala orang jogja banget.. ku add ke blog link ya :arrow:

  85. 85 mulyadi April 5, 2007 pukul 4:38 pm

    Menurut gw pake jilbab atau ga pake jilbab ga ada bedanya,karena orang yang pake jilbab belum tentu dia benar dan mau sma saya, he..he..he..500x

  86. 86 brian April 5, 2007 pukul 4:54 pm

    gak ade makna, bukan muna kalo gua liat cewe pake jilbab ngetat. tapi sayang kepala di tutup tapi mulut yang bawah kok kebuka (saking ngetat nye). jadi lebih baik gak pake jilbab aja lah kasian yang disalahkan adalah agama. padahal yang salah adalah cewe tu.

    palagi gua pernah liat cewe pake jilbab rapih, tapi sayang ketika dia ngedahuluin gua jalan, yang nampak bukan terkesan tapi.

    GUA LIAT CD TU CEWE WARNA HIJAU, ANEH GAK????

  87. 87 brian April 5, 2007 pukul 4:57 pm

    gak ade makna, bukan muna kalo gua liat cewe pake jilbab ngetat. tapi sayang kepala di tutup tapi mulut yang bawah kok kebuka (saking ngetat nye). jadi lebih baik gak pake jilbab aja lah kasian yang disalahkan adalah agama. padahal yang salah adalah cewe tu.

    palagi gua pernah liat cewe pake jilbab rapih, tapi sayang ketika dia ngedahuluin gua jalan, yang nampak bukan terkesan tapi.

    GUA LIAT CD TU CEWE WARNA HIJAU, ANEH GAK????/

  88. 88 PeNnY April 8, 2007 pukul 6:02 am

    setuju…
    bener…
    no comentlah….
    udah banyak banget yang ngasih coment.
    good luck aja bwt joesatch!

  89. 89 Muslimah April 13, 2007 pukul 2:25 pm

    Salam kenal…balognya bagus neh…

  90. 90 astikirna April 19, 2007 pukul 9:03 am

    weh joe…apik tenan joe…matep joe…btw aku kenal ra joe bocahe..hehehe…
    semoga ini bisa menjadi cermin buat ku… :)

    *nyadarklobelummenjilbab’ihati*

  91. 91 Dukun santet April 21, 2007 pukul 8:35 am

    Itu lho mas stiap kli aku melihat cewe berjilbab dengan poninya yg bener2 uhhuii dan tubuh yg semlohkhehkhh di bunkus kain ketat selalu ingin ku membukanya dengan lapang dada ………
    sun_of_mama@yahoo.com

  92. 92 aryo April 21, 2007 pukul 10:59 pm

    mas joe,,, mbok ya ditegur atawa disamperin wedok’an sing ngono iku.. ben nggak tambah ngrusak motone wong akeh…
    oke selamat mencoba mas….

  93. 93 tiyokpras April 24, 2007 pukul 3:26 pm

    Salam kenal Mas joesatch!
    Awalnya saya tahu blog ini malah dari blognya wadehel. Pas baca tanggapan-tanggapan dari artikelnya beliau, salah satunya ada sampeyan. Eeh, jebule yo podo-podo menarik!
    Terlepas dari apa pun pendirian mas, saya salut dengan kecerdasan dan keberanian mas menulis artikel.
    Memang, kenyataan tak selalu seindah yang ktia bayangkan…

    NB: Cewekku juga berjilbab, tapi insyaallah baik-baik! Doain bisa naik ke “level” berikutnya ya!

  94. 94 joesatch April 25, 2007 pukul 12:06 am

    kakaceria:):::
    wis ra sah ngerti. cukuplah menebak2 dalam hati aja. clue-nya udah ada, kok. kakak angkatanmu lah pokok’e :P

    lambrtz:::
    begitulah ;)

    danasatriya:::
    wew, makasih banyak udah mampir

    mulyadi:::
    strateginya dunk, mas… strateginya…

    brian:::
    kalo aku biasanya warna krem. terakhir malah liat yang warna biru ada gambar bonekanya. iiii….lucu deh, pokoknya ;)

    PeNny:::
    saya juga setuju aja kalo gitu :)

    astikirna:::
    bocahe sering dolan neng kosmu kuwi kok jaman mbiyen. nyambangi dino. tebak’o wae, kakakakakaka

    Dukun santet:::
    normal, mas. aku juga punya rasa gitu, kok

    aryo:::
    waduh, kalo berurusan langsung dengan oknum yang jadi objek tulisan saya, sudah bukan wewenang saya lagi, mas aryo

    tiyokpras:::
    sama2 saling mendoakan aja, mas. amin! :)

  95. 95 irul April 25, 2007 pukul 9:19 am

    semau waniata memang membuat tertarik laki-laki. dan sebaliknya . dunia dan seisinya untuk manusia maka dari itu rawat dan pelihara apa yang telah di amanatkan oleh Tuhan.
    “termasuk Wanita” Jaga dia. Karena dia dunai seperti surga dan karna dialah dunai seperti neraka.

  96. 96 mas_Bambunk@yahoo.com April 28, 2007 pukul 12:34 pm

    Gadis Berjilbab belum tentu seorang muslimah yang baik
    Tetapi seorang muslimah yang baik mesti berjilbab

    Semoga kita semua dapat memilih menjadi muslimah yang baik
    karena jika kita hanya memilih berjilbab dan itu bukan karena Allah
    yg terjadi justru kita memperburuk citra islam

  97. 97 co-that Mei 8, 2007 pukul 6:56 pm

    Nice…
    mudah-mudahan tulisan-tulisan kayak gini bikin mereka sadar akan dirinya

    salam persaudaraan

  98. 98 anas Mei 15, 2007 pukul 10:46 pm

    1.

    Gampangannya, dibanding cewek nggak berjilbab tapi pakaiannya nggak ngepress, aku lebih terangsang sama cewek berjilbab yang pakaiannya ngepress! (Jangan tuduh aku mesum. Aku cuma bicara realita aja.)

    Sama. Hal itu realistis.
    2.

    Apa gunanya mereka berjilbab tapi nggak paham tentang esensi dari berjilbab itu sendiri?

    Di sini harusnya Ilmu bertempat. Ilmu adalah awal segala amalan.
    3.

    Bagiku, jauh lebih mulia mereka yang tidak berjilbab dalam masalah ini.

    Klo bisa cari donk yang berjilbab. Jangan kerusakan di sekitar kita mempengaruhi pandangan kita pada segenap kesalahan di sekitar kita yang semestinya juga layak kita kritik.

    4.Salam kenal. baru disini komenku meluap kaya’ gitu.

  99. 99 akoedw Mei 16, 2007 pukul 12:28 pm

    alhamdulillah, ternyata di dunia ini masih ada muslim seperti kamu,
    aku setuju kank, 100% setuju dengan kamu,
    dah pokok’e cakep euy,,, tulisan+pendapat kamu ini,

    apalagi yang ini ”

    Aku sering sinis aja kalo ngeliat cewek-cewek yang kayak gitu (dan celakanya aku jadi tambah sering sinis akhir-akhir ini). Dalam pandanganku aku berpikir, “Halah, Mbak… Nek pengen pamer bodi mbok mending ra sah nganggo jilbab, opo sisan wae udo. Mbangane ngisin-ngisini Islam.” Jujur, aku berpendapat kalo hal-hal yang mereka lakukan itu memperkeruh citra agama Islam.”

    aku salut,,,
    jangan sampe kita tertipu oleh fisik aja

    dah,, makasih yo kank,
    aku bisa makin menyadari keadaan sekarang

  100. 100 fiandigital Mei 24, 2007 pukul 2:18 am

    sip bro, cuman sayang kurang di percantik dengan skirn sut alias gambar hehehe…

  101. 101 saidedwin Mei 24, 2007 pukul 11:53 am

    SEBENERNYA MALES COMMENT SOALNYA UDAH LAMA TAPI MELIHAT DISKUSINYA MENARIK AKU IKUTAN JUGA DEH.
    AKU MAU NGAMBIL KATA DARI MAIA AKHMAD DIA PERNAH DITANYA GINI SAMA WARTAWAN “MBAK KENAPA GA BERJILBAB?” LALU DIA JAWAB BEGINI “AKU MAU JILBABI HATIKU DULU”
    KATA INI TERKESAN BIASA TAPI BANYAK MAKNANYA MENURUTKU SALAH SATUNYA BEGINI KETIKA GA BERJILBAB ATAU BERJILBAB TAPI KETAT ATAU BAHASA NGETRENDNYA BELUM SESUAI SYARIAT AGAMA MAKA SEBAIKNYA BERTINGKAH LAKU SESUAI AKHLAK AGAMA ISLAM ATAU KALO ITUPUN GA BISA SETIDAKNYA JAGA NAMA ISLAM ITU SENDIRI MISALNYA BOLEH NGOMONG KEBUN BINATANG TAPI KETIKA GA MENGENAKAN JILBAB, BOLEH KUMPUL KEBO TAPI SILAKAN DIGUNUNG YANG GA ADA YANG TAU KALO PERLU SAMPAI TUHANPUN GA MELIHAT KARENA KETIKA ANDA MENGENAKAN BUSANA MUSLIMAH ANDA MAU GA MAU ANDA DICAP SEBAGAI MUSLIMAH.
    ANDA SEMAKIN MELARIKAN DIRI DARI TANGGUNG JAWAB DENGAN ALASAN UNTUK MODEPUN PADA AKHIRNYA ANDA TETAP KENA CAP SEBAGAI MUSLIMAH.

  102. 102 chielicious Mei 24, 2007 pukul 12:09 pm

    Hmm masi rame aja ya topik satu ini..

    klo mnurut saya sieh ..gak usah lah di bikin ribet..

    kita udah tau kan bedanya jilbab yang bener2 muslim dan jilbab yang gaul itu kayak apa..intinya jilbab muslim itu yang menutupi dada dan longgar kan..selain itu ya jangan di lihat sebagai jilbab ..tapi lebih ke style nya mereka emang bgitu..semacem pelengkap busana ato penutu kepala ato aksesoris gitu..

    Jadi klo bisa jangan sama ratakan perempuan2 bejilbab itu..klo emang dia mau bejilbab gaul..ya terserah dia donk..apa pula urusan kita? klo dia mau bejilbab bener2 juga terserah dia..itu urusannya mereka sama tuhannya mereka..klo emang bener2 ‘mengganggu’ mata gimana? ya bilang aj ‘duh mba..situ gak enak dilihat deh’..lebih karena menggangu mata..bukan karena menjatuhkan perempuan bejilbab yang bener2 bejilbab..emangnya perempuan2 yang bjilbab muslim itu tersinggung? yang ada juga si jilbab gaul yang malu ngeliat si jilbab muslim..

    sekian

    ah lagi2 hondrong sodara2

  103. 103 chielicious Mei 24, 2007 pukul 12:14 pm

    @saidedwin : klo saya sie gak pernah nge-cap perempuan bejilbab *entah gaul maupun yang bener2 jilbab* itu muslim ato gak nya..para suster di biara pun bisa dibilang pake jilbab ..apa mereka di anggep muslim? enggak kan..itu cuma stereotype mas..stereotype tapi masy sini masi aja menganut hal tersebut..gak gaul kah? bahkan di pelacur2 arab aja pake jilbab ..

    try to think in bigger picture n open minded gitu..biar otaknya gak ndeso..

  104. 104 joesatch Mei 24, 2007 pukul 12:47 pm

    chielicious:::
    wekekekeke…jangan tersinggung lho, mbak. tapi begitulah di dunia nyata endonesa. ce berjilbab mau ga mau harus menanggung beban sebagai penyandang identitas agama. jadi, sebisa meungkin kayaknya memang harus menjaga amanat itu…meskipun aku sebenernya lebih sreg dgn cewe yang ga berjilbab daripada berjilbab tapi kelakuannya kayak yang di postinganku. dan memang, postinganku cuma skdar menyuarakan isi hatiku

  105. 105 Dafi Mei 28, 2007 pukul 9:06 am

    Panceng ngilani tenan cah wedok jaman saiki la wong nganggo jilbal udele ketok po ra tambah bubrah bocah iki ….mbok mending ra’sak jilbabpan trus nganggo singlet wae rak malah isis ora sumuk alias gerah alias kepanasan…yo ra”….gitu lo daripada pakai jilbab tapi merusak mending pakai pakaian biasa tapi tidak norakkkk

  106. 106 Dafi Mei 28, 2007 pukul 9:08 am

    Panceng nggilani tenan cah wedok jaman saiki la wong nganggo jilbab udele ketok po ra tambah bubrah bocah iki ….mbok mending ra’sak jilbabpan trus nganggo singlet wae rak malah isis ora sumuk alias gerah alias kepanasan…yo ra”….gitu lo daripada pakai jilbab tapi merusak mending pakai pakaian biasa tapi tidak norakkkk

  107. 107 saidedwin Mei 29, 2007 pukul 12:18 pm

    chielicious:::
    maaf lho untuk menurutku cara pakai jilbab dengan jilbabnya orang dibiara udah berbeda bgt. ada satu pertanyaan untuk teori pencitraan ini. ketika ada casing komputer didepan orang yang bener bener ga ngerti komputer apa yang dia katakan? tentu dia bilang itu komputer tanpa melihat jeroannya. sekali lagi maaf lho menurutku mbak membuat pembenaran karena mbak pernah slip dikit lalu karena udah terlanjur basah dan merasa pernah bersalah selain itu mungkin karena mbak udah bosen omongan pencitraan karena itu sekalian membuat pembenaran pada diri mbak sendiri walaupun orang lain berkata lain. maaf kalo kata kataku keterlaluan.

  108. 108 saidedwin Mei 29, 2007 pukul 1:49 pm

    satu kata lagi biarlah otaknya ndeso asal masih bisa dekat dengan Allah Azza Wa Jalla

  109. 109 chielicious Mei 31, 2007 pukul 2:56 pm

    @Saidedwin : Was mas Said..maap yah klo tersinggung ama kata2 saya .. saya gak maksud ngatain anda ndeso koq..cuma menurut saya masy luas ini ya bgitu pikirannya kurang terbuka.. saya melakukan pembenaran? hmm.. karena kata2 saya di atas lebih terdengar membela perempuan2 bejilbab asal itu yah? saya gak ngerasa bela siapa2 koq..saya juga gak suka sama mereka2 yang bejilbab asal itu..tapi lebih karena ke-’gak enak’ diliat nya mereka..memang sieh kesannya ‘menodai’ jilbab yag di pake mereka.. tapi klo anda liat si jilbab itu cuma sebagai penutup kepala pasti perasaan anda gak se’gerah’ biasanya .. begituh..yah gak bisa maksa juga sieh si mas nya mo berpendapat apa..saya juga cuma menyuarakan pendapat saya koq

    @Joe: gak kesinggung koq..cuma gak sepaham mweheheh..

    waw lagi2 gondrong ..

  110. 110 ariph Juni 4, 2007 pukul 4:03 pm

    Tuhan tu maha demokrasi,makluqnya d kasih pilihan mo di dunia boleh berbuat semaunya BUebas, nah yang gak boleh d lupain,hidup ini ada akhirya,

    Silahkan kita nikmatin hasil karya kita selama hidup,waktu kita udah MAti

  111. 111 Bee Juni 4, 2007 pukul 9:14 pm

    Keren banget tulisannya. TOP! Aplause buat kamu.

  112. 112 saidedwin Juni 5, 2007 pukul 1:45 am

    chielicious:::

    mbak jangan merasa ngga enak, aku seh memang dari desa kok. tepatnya pajarisuk. kita cuma memandang masalah dengan cara yang berbeda aja kok. aku ga akan marah kalo mereka ngga menggunakan jilbab. dan mereka istilahnya menggunakan nama agama untuk hal hal yang ga bener itu yang salah.
    coba anda bayangin pada suatu hari kalo sampe keluar kata seperti ini” jangan cari cewek berjilbab, karena cewek berjilbab itu rata rata bispak” atau “akh cewek berjilbab atau ngga sama aja” itu ketakutanku.

  113. 113 nyamukbingung Juni 7, 2007 pukul 3:36 pm

    jilbab, bodi montok plus baju mrecet-mrecet

    kadang lebih ‘menantang’ dibandingkan tank-top + rok mini

    *imajinasi liar yang sedang mengembara* :P

  114. 114 chielicious Juni 7, 2007 pukul 4:55 pm

    @SaidEdwin: “akh cewek berjilbab atau ngga sama aja” hu3..ketakutan mas edwin kayaknya emang udah terjadi -_-.. temen2 cowo ku banyak yang bilang gitu..emang sie lebih bertujuan buat nyindir hi3.. tapi emang kadang kenyataannya emang begitu.. maka dari itu..don’t judge a book by it’s cover..n no smoking please *memang gak nyambung ahuahuah*

  115. 115 savikovic Juni 8, 2007 pukul 7:26 pm

    hihihi… menurutku joe, lebih penting jilbab hati. menurutku jilbab hati itu adalah inner beauty seorang perempuan…

    kalo perempuan sudah sukses mengeluarkan inner beauty yang asli (yang asli lho, bukan yang merangsang, palagi pake susuk) ga bakalan deh ada laki2 yang berani menjadikan dia obyek seksual. mau dia pake jilbab kek, celana ketat kek. semua laki2 justru segan ama dia dan hormat….

    btw daku setuju berat ma kamu joe, lebih baik perempuan yang ga bjilbab tapi pakeannya ga ketat, feminim dan cakep…
    daripada bjilbab, pakean ngepress, tomboy dan ga cakep pula… wekekekeke

    jilbab bukan ukuran apa2, buktinya dah jelas kan di postingan? (jujur walo aku tau fenomena ini, aku masih aja terkaget2 ama pengalamanmu)

  116. 116 savikovic Juni 8, 2007 pukul 7:28 pm

    eh eh eh
    bukannya mengesampingkan jilbab fisik lo yah, tapi kalo ngeliat yang terjadi jaman sekarang dan fenomena di postinganmu itu ya menurutku lebih penting jilbab hati (dengan pengertianku kaya di atas)

    lebih baik kalo jilbab hati dibarengi ama jilbab fisik…. serakah yah? yo ben… hehehe

  117. 117 savikovic Juni 8, 2007 pukul 7:37 pm

    lagian Tuhan lebih ngeliat ke hati kita daripada fisik kita….

    fungsi jilbab adalah untuk menutup aurat, aurat ditutupi biar ga merangsang, la kalo jilbab hati bisa bikin ilang rangsangan nya, maka jilbab fisik bisa di nomor duakan (walopun penting juga). jilbab fisik tanpa dibarengi jilbab hati ya jadinya kaya postingan mu itu joe….

    aturan jilbab turun di arab, la kerena orang arab tu ga bisa ngeliat cewe. bawaan nya langsung ngeres aja… hehehe….

    namun esensi nya itu lah yang lebih penting, maksudku ga merangsang. tapi ya kalo mau jilbab2ab kaya orang arab ya monggo2 aja. yang make ya orang lain to….

    tapi susah ya joe, wong kita yang ngeliat…. kekekekek

    asem dadine dowo banget….. sorry dab….

  118. 118 mucklis Juni 8, 2007 pukul 7:40 pm

    kenap cewe berjibblab tuh cm kdok doank

  119. 119 ea_12h34 Juni 11, 2007 pukul 9:31 pm

    yah biar berjilbab dia perempuan jg toh kebutuhan dibalik pakaian apapun jenisnya sama saja. masalahnya adalah bagaimana pembelajaran pemenuhan kebutuhan yang “bijak” bukan benar karena benar sekarang terlalu relatif. tugas orang tua nih katanya mas joe mo nikah hayo bersiap wekekekee
    sebelum nikah mainkan always with u always with me dulu yach
    *masih ngebet ma lagu ini* hehehe

  120. 120 vb4art Juni 20, 2007 pukul 12:57 pm

    Kalo Jilbab yang dimaksud adalah KERUDUNG yang biasa dipake cewek2 jaman ini ya gak usah heran, yang pake pasti gak tau apa itu JILBAB, wajar kalo kemudian Ngelonte, dodol tempik, toket, dan laen…saru lagi…kesimpulannya so simple:

    JILBAB tidak sama dengan KERUDUNG, dan KERUDUNG bukan JILBAB…SELESAI toh…

    KERUDUNG=pakaian modis wanita saat ini, sama seperti celana jeans yang modis, rok yang modis, cuma ini tempatnya di kepala, yah seperti pake Mahkota kali…heeeheh…

    JILBAB=menutup seluruh tubuh, aurat, tidak ketat, tapi longgar,…..dlll….

    waduh jadi kepanjangan….sorry…

  121. 121 jogja_damai Juni 21, 2007 pukul 3:53 pm

    hum….apik kang tulisanmu…
    kudune emang ono sing ngandani cewek2yg pada pake jilbab + pakaian ketat kui …klo bukan kita2 yg menyadarkan, lalu siapa lagi??!!